peternakan ikan lele
peternakan ikan lele

Tips Budidaya Ikan Lele 2 Bulan Langsung Panen

Posted on
ikan lele
ikan lele

Semakin banyaknya penjual pecel lele dimana-mana kota maupun desa pengembang biakan ikan lele ini merupakan prospek yang sangat menggiurkan, ukuran ikan lele untuk sekali makan sangat mudah untuk di perjual belikan.

Saking banyaknya peminat lele bisa di katakan penjual di pasar ataupun penjual pecel lele tidak akan menolak jika kita menjualkan lele yang kita budidayakan, bagi kalian yang pengen budidaya ikan lele mari melihat cara membudidayakan ikan lele 2 bulan langsung panen.

Teknik Mudah Cara Ternak Ikan Lele

Secara teknis inicara ternak ikan lele itu terbilang mudah tidak akan ribet dan juga pembesaran ikan lele tergolong cepat dan praktis, jika kalian merasa bingung sekarang tidak usah bingung.

Kalau pengen memulai usaha ternak ikan lele kalian bisa melakukannya dengan berbagai media atau tempat pembesarannya, seperti halnya dengan membuat kolam terpal untuk tempat ikan lele tidak harus bagus yang penting bisa terjaga kebersihannya.

Meskipun saat ini pembudidaya ikan lele atau usaha ternak lele itu banyak yang melakukannya, tapi kebutuhan lele di seluruh penjuru Indonesia terus dan terus meningkat setiap harinya jadi kalian yang ingin memulai usaha ini tidak perlu khawatir untuk memasarkan ikan lele yang kalian ternak.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang peluang usaha membudidayakan ikan lele dengan menggunakan media kolam terpal secara cepat dan efisien dengan target selama 2 bulan, berikut ini langkah-langkah membudidayakan ikan lele dengan metode pembesaran :

Tahapan Penting Ternak Ikan lele yang Perlu di Perhatikan

kolam terpal untuk budidaya ikan lele
kolam terpal untuk budidaya ikan lele
  • Persiapan Awal
  1. Kalian harus memperhatikan lokasinya terlebih dahulu, lokasi yang di gunakan untuk pembesaran ikan lele ini harus mempunyai sumber air yang tidak tercemar limbah industri maupun limbah rumah tangga.
  2. Yang selanjutnya kalian membuatlah kolam terpal untuk ikan lele yang ukurannya 3 x 5 x 1 m atau juga sesuai kondisi  yang ada, Jumlah kolam terpal yang harus kalian buat yaitu berjumlah 24 karena untuk mencapai target panen 2 bulan sekali.
  3. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan untuk budidaya ikan lele seperti ember, tes kit kualitas air, serta seser.
  4. Alirilah kolam terpal dengan air kurang lebih setinggi 80 cm.
  5. Sediakan benih lele yang berukuran 8 sampi 10 cm kemudian masukkan kedalam kolam terpal yang tadi sebanyak 100 sampai 200 ekor/m³.
  • Antisipasi Awal

Tentunya ternak ikan lele harus  tepat, dalam ternak ikan lele harus bisa mempertimbangkan resiko ataupun ancaman yang bisa menghambat usaha budidaya ikan lele ini. Nah ini nih antisipasi awal yang harus kalian lakukan agar hasil budidaya ikan lele bisa berhasil dan maksimal.

Sering sekali benih yang baru di tebar mati semuanya, karena apa? Hal ini di sebabkan oleh bau terpal yang menyengat sehingga baunya itu bisa meracuni benih yang baru di sebar itu. Agar tidak terjadi seperti itu kalian harus menghilangkan bau terpal yang menyengat itu dengan cara mencuci terpal itu sampai benar-benar tidak ada baunya sama sekali atau bisa mendiamkan terpal itu terendam air selama kurang lebih 2 minggu lalu kuras kolam terpal itu dan aliri air lagi.

Cara ternak ikan lele yang tepat itu harus juga harus memperhitungkan pengeluaran untuk biaya pakan, serta cara pemberian pakan yang efektif untuk ikan lele. Sering kali kebutuhan pakan pada ikan lele tidak terkendali sehingga membuat pengeluaran membengkak.

Jika kalian memberikan ikan lele pakan dengan bangkai binatang maka pertumbuhan ikan lele menjadi tidak merata dan akhirnya ukurannya berbeda-beda.

Penggantian air secara langsung membuat ikan lele stres dan mabuk yang bisa membuat ikan lele mati, untuk ini caranya yaitu mengganti air kolam dengan sedikit demi sedikit.

  • Strategi Dalam Pemeliharaan Ikan Lele
budidaya ikan lele
budidaya ikan lele
  1. Cara awal dalam budidaya ikan lele sebelum menyebar benih itu supaya mendiamkan kolam terpal yang sudah di cuci lalu di isi air 3/4 kolam, berikan daun pepaya atau daun ketapang selama 3 sampai 4 hari setelah itu buanglah air dalam kolam terpal dan isi kembali untuk persiapan menebar benih ikan lele.
  2. Tambahkan probiotik kedalam air kolam sesuai dengan dosisnya atau melalui pakan, cara ternak ikan lele dengan menggunakan probiotik ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi pakan, mempercepat pertumbuhan benihnya, serta juga menurunkan tingkat kematian ikan lele.
  3. Berikan pakan ikan lele dengan pelet kandungan proteinnya 30 – 32 % sebanyak 3 – 4 % dari berat ikan lele pemberian makan ikan lele 3 kali dalam sehari. Pemberian pakan ini di lakukan sedikit demi sedikit dengan intensitas yang juga harus terukur, pemberian makan yang berlebih pada ikan lele akan menyebabkan buncit bahkan bisa pecah karena sifat ikan lele itu yang sangat rakus.
  4. Pemanenan ikan lele dapat di lakukan 2 bulan setelah benih lele di tebar di kolam terpal.

Sebenarnya dengan sistem ternak lele seperti ini bisa kalian lakukan sendiri tentu saja jika kalian mempunyai waktu luang, itu untuk mengurangi biaya produksi yang di gunakan untuk membiayai tenaga kerja yang kita pekerjakan.

Dan juga langkah lainnya untuk mengurangi biaya kalian bisa memanfaatkan limbah rumah tangga seperti sisa sayuran untuk mengurangi pembiayaan pakan lele yang besar, demikianlah bisnis yang saya rekomendasikan yang bisa kalian lakukan sendiri yaitu budidaya ikan lele 2 bulan panen.

Dengan cara ini kalian bisa mendapatkan keuntungan yang banyak, dan tidak perlu susah mencari pekerja untuk membantu kalian tapi jika membutuhkan pekerja juga bisa untuk membantu budidaya ikan lele.

Semoga bermanfaat.

 

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply