periferal komputer
periferal komputer

Mengenal Apa Itu Periferal Komputer

Posted on

Mengenal Apa Itu Periferal Komputer

Peripheral komputer merupakan hardware tambahan yang terhubung menggunakan kabel maupun nirkabel yang dapat membantu dalam pekerjaan. Peripheral tersebut adalah perangkat tambahan yang belum ada di dalam casing pada komputer, dan peripheral tersebut dapat di bagi dua, yaitu peripheral utama dan peripheral tambahan atau pendukung.

• Peripheral utama adalah perangkat yang wajib ada dalam komputer itu sediri, misalnya Mouse, Monitor, dan Keyboard.

• Peripheral pendukung adalah perangkat tambahan yang dapat membantu dalam pekerjaan, misalnya Printer, Scanner, Modem, dan masih banyak lagi.

Jenis – Jenis Periferal (Input) :

1.Mouse

mouse
mouse

Mouse merupakan perangkat keras yang berbentuk seperti tikus, dan bertugas untuk mengendalikan kursor di layar dengan cara menggerakan Mouse sesuai kebutuhan anda.

2.Keyboard

keyboard
keyboard

Keybord adalah hardware yang wajib harus ada dalam sebuah komputer, karena keyboard merupakan peripheral yang cukup penting untuk memberikan perintah input dalam mengoperasikan komputer. Keyboard digunakan untuk menginput huruf atau karakter yang akan anda masukan dalam monitor komputer tersebut.

3.Scanner

scanner
scanner

Hardware ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital. Scanner dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

• Plat Bed Scanner, merupakan scanner yang sering di gunakan dalam membantu menyelesaikan perkerjaan kator, seperti memindai dokumen atau file penting yang berupa data analog.

• Handheld Scanner, biasanya scanner jenis ini banyak di gunakan di pusat perbelanjaan yang berfungsi untuk memindai barkot dan menunjukan harga barang.

4.Joy Stick

joystick
joystick

Fungsi dari Joy Stick sendiri adalah sebagai alat untuk memasukan perintah yang biasanya di gunakan pada saat bermain game pada komputer agar lebih mudah.

5.Web Cam

webcam
webcam

Peripheral ini biasanya di kenal dengan nama Digital Camera. Web Cam di gunakan untuk memasukan input berupa gambar , selain itu juga bisa di gunakan untuk berbicara secara langsung dan bertatap muka dengan orang lain melalui monitor komputer dan untuk melakukannya user harus terhubung ke koneksi internet terlebih dahulu.

Jenis – Jenis Periferal (Output) :

1.Monitor

monitor
monitor

Peripheral ini berfungsi untuk menampilkan data digital yang sedang diproses dan kemudian di tampilkan ke pengguna komputer tersebut.

2.Printer

printer
printer

Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dari data digital menjadi ke data analog. Printer memiliki beberapa jenis antara lain :

• Printer Dot Matrix, printer jenis ini menggunakan jarum sebagai media percetakannya yang di hentakan pada pita sehingga membentuk titik – titik yang rapi sesuai data yang di cetak.

• Printer Inkjet, adalah printer yang sering di gunakan pada umumnya pada toko foto copy, yang menggunakan tinta sebagai media pencetaknya.

• Printer Laser Jet, printer ini menggunakan media tinta bubuk yang kemudia di panaskan menggunakan laser. Ada banyak jenis printer, namun yang paling cepat dalam proses pencetakannya adalah printer jenis Laser Jet.

3.Speaker

speaker
speaker

Sepeaker merupakan peripheral yang berfungsi sebagai pengeras suara, yang biasanya di gunakan pengguna pada saat memutar music ataupun menonton video agar suaranya semakin keras.

Leave a Reply