Waspada Riya dan Ujub salah satu Penyakit Hati
Waspada Riya dan Ujub salah satu Penyakit Hati

Jaga Hatimu Dari Penyakit Hati!

Posted on

Apa saja sih penyakit hati itu? Apakah kita juga terserang penyakit hati? Ayo kita cari tau bersama tentang penyakit hati. Penyakit hati adalah hal hal yang membuat hati tidak dapat memfungsikan dirinya untuk melakukan hal hal yang baik. Penyakit hati lebih berbahaya dari pada penyakit jasad, karena penyakit hati akan menjadi penghalang untuk masuk surga. Penyakit hati sangatlah berbahaya melebihi penyakit jasad, seseorang yang hatinya sudah terserang penyakit  hati, maka dia akan sulit untuk bersyukur dengan apa yang dia miliki saat ini. Ada 5 hal yang termasuk kedalam kategori penyakit hati. Apakah anda penasaran, apa saja yang menjadi penyakit hati?. Berikut adalah macam macam penyakit hati:

  • Sombong

Merasa dia adalah yang terbaik dari yang lain, itulah yang disebut dengan sombong. Sifat ini biasanya dimiliki oleh orang yang memiliki kelebihan, mungkin dia memiliki pangkat yang tinggi atau dia memiliki rupa yang cantik atu tampan.

Karena kelebihan yang dia miliki sampai lupa untuk bersyukur, itulah yang menyebabkan rasa sombong muncul. Untuk menghindari sifat ini dengan cara mensyukuri apa yang sedang anda miliki. Kembalikan semua pada Allah, berfikirlah bahwa semua itu adalah milik Allah, pemberian Allah, dan pasti akan kembali pada Allah.

  • Iri dan Dengki

Selalu merasa SMOS. Apa itu SMOS? SMOS adalah Sedih Melihat Orang Senang / Senang Melihat Orang Sedih. Sifat ini muncul karena dia selalu melihat orang yang diatasnya dan juga kurang bersyukur dengan apa yang telah diberikan padanya.

Untuk terhindar dari sifat ini adalah  dengan cara ikut senang saat orang lain mendapat nikmat. Selalu berfikirlah bahwa pasti jika kita ikut senang pasti Allah juga akan memberikan nikmat pada kita.

  • Riya’ (pamer)

Beribadah hanya ingin dipuji orang lain itulah yang di sebut riya’ atu pamer. Orang yang terkena penyakit ini dia akan memperlihatkan amalan yang dia lakukan. Dia beramal hanya ingin dilihat orang lain dan hanya ingin dipuji. Hati-hati dengan sifat ini, niat itu mudah dibolak balikan seperti telapak tangan yang dibalik. Jadi jika kita beramal dan sadar bahwa niat kita sudah berubah segeralah ingat pada Allah dan minta ampunan pada Allah.

  • Ujub (kagum pada diri sendiri)

Penyakit ini muncul karena dia merasa  memiliki kelebihan, dia lupa bahwa masih ada yang lebih dari dirinya. Diatas langit masih ada langit, jangan sampai kita meras pol sendiri. Kesempurnaan itu miliknya Allah.

  • Pelit

Penyakit ini muncul karena terlalu cinta dengan harta dunia. Dia akan berfikir “Ini hartaku, untuk apa aku memberikan pada orang lain,kan aku mendapatkannya susah”. Dia lupa bahwa semua miliknya adalah pemberian dari Allah. Ingatlah bahwa  harta itu tidak akan dibawa mati. Jadi Investasikan hartamu untuk bekal di akhirat.

Jangan sampai kita terkena kelima penyakit diatas, semoga kita tetap di jaga dan dilindungi oleh Allah dari penyakit hati tersebut.

Sekian semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • hati hati sifat riya
  • penyakit hati sombong
  • wallpaper tentang penyakit hati riya
Gravatar Image

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply