Mainan Anak-Layangan

Mainan Anak, yang Menemani Masa Kecil Kalian

Posted on

Selamat pagi semuanya, Kali ini kami akan membagikan beberapa kenangan kalian di masa lalu yang mungkin akan membuat  kalian teringat kembali masa kecil kalian yang penuh dengan canda dan tawa. Masa kecil yang ada hanya bermain dengan mainan seadanya yang terkadang kita mampu membuatnya sendiri dengan benda-benda yang bisa kita temukan di sekitar kita. Jika kalian ingat ketika kita masih SD dulu, mungkin kita hanya mendapat uang jajan paling banyak Rp 2000, tapi dengan uang itu kita bisa membeli mainan-mainan yang sangat menghibur untuk kita. Dan apakah kalian masih ingat dengan mainan kalian ketika masih SD dulu, yang kita anggap mungkin itu nggak sebanding dengan mainan-mainan canggih yang ada pad zaman modern ini.

Dan kali ini kami akan berbagi pada kalian mengenai  beberapa mainan anak yang mungkin pernah hadir di masa lalu kalian atau bahkan itu menjadi suatu kesan yang membahagiakan dari masa lalu kalian. Meskipun kita merasa mainan yang pernah kita mainkan itu kuno, namun ketika kita memainkannya bersama teman-teman kita itu menjadi sesuatu yang sangat membahagiakan. Dan bagi kalian yang ingin bernostalgia mengenai masa SD kalian mungkin kalian bisa membuat mainan-mainan ini lagi dan memainkannya dengan teman kalian. Dan berikut adalah beberapa mainan yang pernah ada dan pernah menghiasi masa lalu kita semua di era 2000-an :

1. Gelang Pegas

Mainan anak-Gelang Pegas

Masih ingatkah kalian dengan mainan yag satu ini? Ya, ini adalah sebuah gelang warna-warni yang biasa kita kenakan sebagai gelang. Biasanya mainan ini dikenakan oleh cewek, karena memang warnanya yang beraneka ragam dan kebanyakan anak laki-laki akan malu untuk mengenakannya. Sehingga mainan ini lebih populer di kalangan anak perempuan saja. Namun sekarang sangat sulit sekali untuk menemukan penjual mainan ini, untuk mainan anak kecil sangatlah menarik dan tidak berbahaya.

2. Gasing Blade

Mainan Anak-Gasing Blade

Ada yang pernah memainkannya? Mainan anak yang terkenal setelah kemunculan anime Beyblade ini memang sangatlah menarik. Dan pasti kalian pernah memainkannya bukan? Hampir semua anak-anak SD pada mas itu memiliki mainan satu ini. Biasanya kita akan mengadukannya dengan beyblade lain milik teman kita, hingga mendapatkan juara. Dan saking populernya mainan ini kita akan memodifikasinya hingga menjadi beyblade yang terbaik. Dan mungkin ada sebagian dari kita yang masih mengkoleksinya dan menyimpannya sebagai kenangan kita di masa kecil kita.

3. Baling-baling

Mainan Anak-Baling-Baling

Ada yang tidak mengetahui mainan satu ini? Ya, ini adalah mainan anak yang masih bisa kita temui hingga sekarang, meskipun cukup susah. Mainan yang menyerupai bling-baling ini memang dapat terbang ke atas jika memutarnya dengan tangan kita. Dan saat kita bermain ini dengan teman-teman kita biasanya kita akan bersaing, mana baling-baling yang paling lama terbang itulah pemenangnya. Namun sekarang sangat sulit menemui anak kecil yang mau bermain mainan ini lagi, karena sudah banyak dari mereka yang memiliki HP sendiri dan terdapat berbagai macam game-game yang mereka rasa dapat menghibur mereka.

4. Gigi Drakula

Mainan Anak-Gigi Palsu Drakula

Haha,,kalian masih ingat mainan anak yang satu ini, bagi anak laki-laki biasanya mereka akan menggunakan gigi palsu ini untuk menakut-nakuti anak-anak perempuan di kelas mereka. Meskipun kelihatnnya biasa saja bagi kami ini adalah mainan yang sangat berkesan. Banyak sekali aktivitas yang kita lakukan bersama teman-teman kita di rumah ataupun di sekolah dengan menggunakan mainan ini. Biasanya anak-anak kecil yang ada di rumah akan ketakutan ketika mengenakan gigi palsu ini di hadapan mereka. Namun sekarang sudah tidak ada lagi anak SD atau anak kecil yang mau membeli gigi drakula ini karena mereka merasa jijik, padahal mereka belum tau betapa asiknya mainan ini.

5. Gamebot Air

Mainan Anak-Gamebot air

Mainan anak yang satu ini memang bikin kita greget ingin terus mencobanya, karena kita harus memasukan semua cincin yang berada dalam wadah kecil yang berisi air dengan menekan dua tombol yang ada di bawahnya. Tombol kanan untuk memberikan tekanan pada air yang berada di sisi bawah kanan mainan, dan begitu juga sebaliknya. Mainan ini juga tersedia dalam bermacam-macam bentuk seperti ikan, kotak, kapal selam, dan masih banyak lagi. Dan meskipun kelihatan membosankan, ketika kita sudah memainkannya kita juga bisa lupa dengan waktu, karena kita akan terus dibuat gregetan karena tidak bisa memasukan semua cincinnya.

6. Lilin yang Bisa Dibentuk Apa Saja

Mainan Anak-Plastisin

Kalian pasti pernah memainkan lilin elastis yang satu ini bukan? Plastisin namanya. Saat Kalian masih SD Pasti kalian pernah membelinya. Lalu kalian akan membentuknya menjadi berbagai macam bentuk yang unik seperti bunga, mobil, tank, dan bahkan seperti hewan ataupun rumah. Saat Kelas SD pernah ada tugas dari bapak guru untuk membuat plastisin dari tepung terigu dan sedikit minyak lalu dilumuri dengan pewarna makanan agar nampak indah. Dan meski kalian harus membeli mainan ini namun kalian pasti merasa bahagia bisa memainkannya. Namun sekarang sudah jarang kita menemukan anak kecil yang memiliki mainan ini.

7. Tamia

Mainan Anak-Tamia

Ada yang masih menyimpan mobil balap ini? Haha, mungkin kita seumuran. Ini adalah mainan anak yang muncul setelah adanya anime tentang perlombaan balap tamia. Mainan satu ini memang sangat popular pada masanya dulu. Hampir semua anak memiliki mainan ini. Dan terkadang kita akan mengadukan tamia kita dengan milik teman kita. Tapi sebelum itu kita sudah memodifikasinya terlebih dahulu. Ada yang mengganti dinamonya ada yang memberikan tambahan geer pada mesin rodanya, dan ada juga yang menambahi piringan kecil di setiap sudut tamia agar ketika tamianya berbelok pada lintasan tidak akan menabrak tembok pembatas tapi justru akan menambah kecepatan tamianya. Dan pada masa itu kita akan mengorbankan uang jajan kita hanya untuk memodifikasi tamia milik kita agar menjadi yang terbaik.

8. Kelereng

Mainan Anak-Kelereng

Haha,,jadi pengen ketawa kalo inget masa ini, ini adalah salah satu mainan yang sangat dikangenin bagi kaum cowok, bukan karena kita bisa beli kelereng.  Akan tetapi pada masa itu kita hanya mempunyai lima butir kelereng lalu kita bermain bersama teman-teman kita di lapangan. Dan setelah selesai bermain kita bisa membawa pulang hingga dua puluh butir kelereng. Dan dalam seminggu kita bisa memiliki hingga dua toples kelereng dengan model dan ukuran yang berbeda-beda. Namun terkadang jika kita tidak sedang hoki kita bisa kehilangan banyak kelereng kita. Betapa senangnya masa itu, pulang ke rumah dengan membawa dua toples kelereng hasil kemenangan kita bermain kelereng.

9. Layangan

Mainan Anak-Layangan

Bermain layang-layang adalah hobi kalian ketika masih SD, bukan? Setelah pulang sekolah makan, dan istirahat sebentar. Setelah solat ashar di lapangan sudah banyak anak-anak SD berlari kesana kemari untuk menerbangkan layangan mereka. Tak peduli kondisi yang masih panas mereka tetap berlari hingga layang-layang mereka terbang di angkasa. Dan setelah layangannya terbang kita bersantai di bawah pohon sambil melihat layangan kita. Terkadang ada teman yang mengajak beradu kekuatan benang layangan kita. Itu hal yang paling menyenangkan jika ada salah satu layangan yang benangnya putus maka kita akan berlari mengejar layangan tersebut entah sampai mana. Dan pada akhirnya yang kita ambil hanyalah benangnya saja. Semoga saja sampai sekarang masih banyak anak yang mau menerbangkan layangan.

10. Monopoli

Mainan Anak-Monopoli

Udah jarang anak SD yang mau memainkan ini di rumah mereka, mungkin mereka akan memainkan game ini di HP mereka. Huh, nggak asik. Mainan yang mengajarkan kita untuk membeli sesuatu mengorbankan sesuatu dan kewajiban membayar pajak ini sudah jarang dimainkan dan telah tergantikan dengan mainan yang lebih canggih yang tersedia di HP mereka. Memang sih, ini hanya mainan sederhana seperti ular tangga yang hanya terbuat dari kertas, namun ini akan sangat berkesan nanti ketika kalian sudah dewasa dan melihat permainan ini lagi pasti kalian berkeinginan untuk memainkannya lagi namun tidak memiliki teman bermain.

11. Yo-yo Mainan anak-anak Se-Dunia, Namun gimana dengan yo-yo yang terbuat dari kayu?

Mainan Anak-Yo-yo Kayu

Kalian masih inget dengan mainan yang satu ini? Meskipun hanya terbuat dari kayu yang dililiti dengan benang yang biasa digunakan untuk bangunan rumah. Meski hanya terbuat dari kayu berbeda dengan yo-yo milik orang-orang kaya, namun yo-yo ini sangatlah berkesan bagi anak-anak desa seperti kami. Dan meski dulunya hanya terbuat dari kayu, sekarang ada yo-yo yang terbuat dari plastic dan di kedua sisinya dihiasi lampu warna-warni yang cantik. Dan sekarang sudah ada beberapa perlombaan yo-yo. Coba aja bergabung dengan perkumpulan para pemain yo-yo professional lainnya. Jadi apakah kalian masih mau memainkan mainan yang satu ini? Untuk mengingat-ingat masa lalu kalian yang bahagia dulu.

12. Gelembung Balon

Mainan Anak-Gelembung Balon

Dugulung di ujung sedotan lalu dikulum dan di tiup. Setelah menjadi balon yang besar kalian akan melemparkannya ke udara. Dan jika ada yang berlubang kalian akan menambalnya dengan menggunakan bibir kita. Dan ketika kalian sudah bosan kalian akan memecahkan gelembung tersebut di muka kalian. Sebenarnya yang membuat kita ketagihan untuk membeli mainan ini adalah nomor undian yang berada di belakang kertas besar untuk wadah bungkus gelembung ini. Jika kita beruntung kita bisa mendapatkan berbagai macam hadiah seperti pistol, peluit, mobil-mobilan dan lain-lain. Namun sekarang sangat sulit sekali menemukan penjual gelembung yang satu ini. Mungkin karena tidak ada anak yang mau membeli gelembung ini, jadi penjualnya takut merugi dan mengganti mainan ini dengan mainan lain.

13. Gangsing Kayu, Bukan Beyblad

Mainan Anak-Gangsing kayu

Ini adalah salah satu mainan tradisional yang bisa kalian temukan di pasar-pasar tradisional atau pasar tempat membeli oleh-oleh. Meski hanya terbuat dari kayu mainan ini bisa membuat kita merasa bangga dengan mainan kita, jika kita bisa mengalahkan gangsing milik teman kita yang lain. Dan terkadang kita akan menambahkan tali yang digunakan sebagai pelontarnya agar bisa berputar lebih kencang dan bisa menghancurkan gangsing milik teman kita.

Nah, mungkin cukup itu saja yang bisa kami bagikan mengenai mainan anak jadul yang menjadi suatu kenangan yang tak terlupakan bersama teman-teman kita. Saat hari libur kalian dulu hanya pergi ke kebun dekat rumah kalian bersama teman kalian dan bermain bersama hingga sore, bukannya mengisi liburan dengan pergi bersama teman perempuan kalian hingga larut malam.

Semoga postingan ini bisa mengingatkan kalian mengenai masa lalu kalian yang penuh dengan canda dan tawa. Hanya ada kebahagiaan bersama teman-teman kalian, dan satu hal yang kalian takuti hanyalah ketika ibu kita menyuruh kita pulang karena belum makan ataupun sholat. Dan bapak kita yang akan memarahi kita karena kelakuan konyol kita saat masih SD.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply