Mawar campuran
Mawar campuran

Makna dan Arti Bunga Mawar Menurut Warnanya

Posted on

Mawar merupakan suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama yang dihasilkan tanaman ini. Bunga mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak berduri atau tanaman memanjat. Tinggi bunga mawar biasanya mencapai 2 hingga 5 meter. Meskipun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Sebagian besar spesies dari bunga mawar ini adalah memiliki daun dengan panjang antara 5 – 15 cm dengan dua – dua berlawanan (pinnate). Mawar memiliki daun majemuk dengan tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi – tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Meskipun bunga mawar berduri, bunga mawar tetap memikat hati siapa pun yang melihatnya, karena pesona dan keindahan, serta daya tarik kuat yang dimilikinya.

Arti Warna Pada Bunga Mawar

Memberikan bunga mawar pada saat Valentine Day ataupun di saat ulang tahun, pasti menjadi sebuah pemikiran yang cemerlang dan tentu bisa membuat penerimanya merasa berbunga – bunga. Tapi, apakah kalian tahu kalau arti bunga mawar untuk setiap warna itu berbeda – beda? Kita pasti tidak mau kan memberikan bunga mawar yang tidak cocok dengan apa tujuan kita. Untuk menambah pengetahuan mengenai arti yang dimiliki oleh setiap warna bunga mawar, baca yuk artikel di bawah ini? Berikut inilah beberapa penjelasannya!

1. Bunga Mawar Merah

Bunga Mawar Merah
Bunga Mawar Merah
  • Bunga Mawar Merah Sebagai Simbol Cinta

Arti dari bunga mawar merah adalah sebuah simbol universitas dari romantisme, gairah, dan hal yang paling penting adalah cinta sejati. Mawar merah biasanya paling sering digunakan sebagai ungkapan yang kuat akan cinta, terutama pada acara – acara khusus seperti hari Valentine. Bunga ini juga sangat sering digunakan pada momen – momen yang spesial, seperti anniversary atau hari ulang tahun. Sejak abad ke-18, arti bunga mawar merah sudah diidentikkan dengan bunga yang romantis. Sampai saat ini pun, arti bunga mawar tetap menjadi bunga yang menjadi sebuah simbol rahasia penuh arti antara sepasang kekasih.

  • Bunga Mawar Merah Sebagai Simbol Keinginan

Dari zaman dahulu, bunga mawar merah bukan hanya dikenal sebagai lambang cinta, tapi juga dijadikan sebagai lambang kesetiaan juga. Tapi, ditelusuri dari periode primitif, warna merah juga dikenal sebagai simbol emosi. Warna merah menyimbolkan penyempurnaan, keinginan, dan gairah terdalam. Oleh karena itu, mawar merah dapat melambangkan keinginan seseorang.

  • Bunga Mawar Merah Dalam Pernikahan

Menurut mitologi Yunani dan Romawi, bunga mawar merah sangat terkait dengan dewi cinta. Karena hal tersebut, di peradaban awal, bunga mawar merah berfungsi sebagai bunga untuk acara pernikahan. Selain dekorasi pesta yang dihiasi dengan warna merah bunga mawar, pakaian pernikahan tradisional juga terlihat sangat cantik dengan bunga mawar tersebut. Bunga mawar merah yang diberikan atau diterima dalam acara pernikahan menunjukkan bahwa cinta masih terus tumbuh dan setiap hari menjadi semakin kuat. Bahkan, cinta itu akan terus hidup sepanjang masa. Lebih tepatnya, bunga marah adalah simbol dari pernikahan yang dipenuhi dengan rasa cinta dan gairah.
Selain menjadi simbol cinta, bunga mawar merah juga dapat digunakan untuk merayakan keberhasilan seseorang, mengirimkan pesan alamat, dan melambangkan kekuatan.

2. Bunga Mawar putih

mawar
Bunga Mawar Putih

Makna Warna Putih

Menurut ilmu psikologi, warna putih bisa memberikan efek ketenangan, dan bahkan bisa mengurangi rasa sakit. Itulah sebabnya, kenapa warna putih sangat sering dijumpai di rumah sakit, apalagi warna ini juga bisa memberikan kesan bersih dan steril yang pastinya sangat dibutuhkan di lingkungan kesehatan.

Selain arti makna yang sudah dijelaskan di ata, warna putih juga melambangkan kesucian dan kemurnian.

Arti Bunga Mawar Putih

  • Bunga Mawar Putih Melambangkan Cinta Sejati dan Keharmonisan

Warna putih melambangkan kesucian, dan bunga mawar membawa aura romantisme. Maka, jika kedua makna tersebut digabungkan bisa menjadi arti bahwa bunga mawar putih merupakan simbol cinta sejati yang harmonis. Karena inilah, banyak sekali orang memilih bunga mawar putih sebagai penghias acara akad pernikahan yang sakral.

  • Bunga Mawar Putih Sebagai Kebebasan dan Persahabatan
  • Bunga Mawar Putih Sebagai Perpisahan dan Penghormatan

Orang biasanya menggunakan bunga mawar putih untuk diberikan pada saat pemakaman orang tercinta, seperti mantan kekasih, sahabat, keluarga, teman, dan sebagainya. Karangan bunga mawar putih juga sangat sering digunakan pada saat upacara pemakaman pahlawan negara sebagai lambang penghormatan terakhirnya.

3. Bunga Mawar Merah Muda/Pink

Bunga Mawar Merah Muda/Pink
Bunga Mawar Merah Muda/Pink

Bunga mawar merah muda atau pink ini merupakan salah satu bunga mawar favorit, karena memiliki warna yang menggemaskan, indah, menggoda, dan mampu membuat siapa pun yang menerimya tersipu malu. Bunga mawar merah muda atau pink melambangkan penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang, dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat.

Jika anda mendapatkan bunga mawar dari si dia, berarti si dia memiliki perasaan yang masih sebatas kagum, belum menjadi perasaan cinta yang mendalam. Tapi anda jangan kecewa, bisa saja tanda bahwa memang si dia menyukai dan mulai mengagumimu, atur saja strategi cintanya.

4. Bunga Mawar Kuning

Bunga
Bunga Mawar Kuning

Di zaman Victoria, bunga mawar kuning melambangkan rasa cemburu dan perselingkuhan. Tapi, seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi berubah maknanya. Di zaman modern, bunga mawar kuning digunakan untuk menyampaikan pesan emosional dengan unsur persahabatan. Warna kuning sering dikaitkan dengan matahari yang dikenal kehangatannya. Bunga mawar kuning memancarkan kehangatan, kasih sayang, dan kegembiraan. Jika anda ingin menunjukkan rasa sayang pada seseorang yang anda sayangi, berikanlah bunga mawar kuning untuknya.

Penampilan yang cerah dari bunga mawar kuning membawa senyum untuk semua orang. Bunga mawar kuning melambangkan hati yang tulus dan sebuah persahabatan. Pemberi bunga mawar kuning menjamin, jika dia memberikan kasih sayang dengan tulus dari dalam hatinya. Sebuah simbol ideal dari persahabatan sejati, bunga mawar kuning juga mengungkapkan suka cita dan kegembiraan tanpa intonasi yang negatif sedikit pun. Selain itu, cinta platonis juga diekspresikan melalui bunga mawar kuning ini.

5. Bunga Mawar Biru

Bunga Mawar Biru
Bunga Mawar Biru
  • Bunga Mawar Biru Melambangkan Sebuah Simbol Kerahasiaan

Bunga mawar biru memiliki sebuah misteri tersendiri karena mereka tidak seharusnya ada! Kenyataan bahwa penampilan mereka menentang alam membuat mereka terlihat misterius. Misterius ini di karenakan bahwa bunga mawar biru ini tidak seharusnya ada.

  • Bunga Mawar Sebagai Simbol Dari Hal yang Tidak Mungkin

Begitu banyak bunga mawar yang tumbuh di alam, tapi tidak ada satu pun bunga mawar biru yang tumbuh alami di alam. Bunga mawar biru yang indah dan misterius membuat beberapa orang mencari bunga tersebut. Hal ini jauh dari kenyataan, karena secara alami, mawar tidak memiliki varian genetik biru. Bunga mawar biru melambangkan sesuatu yang mustahil untuk di capai, sesuatu yang tak terjangkau yang hanya akan tetap menjadi mimpi yang yang tidak pernah bisa terealisasi. Ketika jatuh cinta, bunga mawar biru bisa membawa sebuah harapan bagi orang yang sedang jatuh cinta yang tidak mungkin atau tak terbalas. Hal itu dapat menandakan seseorang menunggu harapan untuk sebuah keajaiban.

  • Bunga Mawar Biru Merupakan Simbol Untuk Peluang dan Kemungkinan

Bunga mawar biru juga menandakan sebuah awal yang baru. Kegembiraan yang tak terbayangkan dari awal sebuah usah baru sering diungkapkan dengan bunga mawar biru. Bunga mawar biru dapat mewakili harapan dan keyakinan untuk melangkah hati – hati dalam situasi baru yang masih belum diketahui.

6. Bunga Mawar Peach

Bunga Mawar Peach
Bunga Mawar Peach

Bunga mawar peach ini melambangkan sebuah keanggunan, keabadian, kesungguhan, persahabatan, pertemanan, persaudaraan, kekaguman, dan penghargaan kepada seseorang. Bunga mawar peach ini lebih banyak diartikan sebuah lambang untuk mengungkapkan perasaan pertemanan kita pada teman atau sahabat kita, karena warna peach merupakan warna yang melambangkan kehangatan dari suatu ikatan yang sudah dijalinnya.

7. Bunga Mawar Oranye

Bunga Mawar Oranye
Bunga Mawar Oranye

Bunga mawar oranye sangat indah untuk dipandang, karena bunga ini sangat menawan dan cantik. Bunga mawar oranye dapat menyampaikan banyak sekali makna. Salah satu arti bunga mawar oranye adalah daya tarik (pesona) yang sangat kuat. Ketika anda benar – benar suka kepada seseorang karena pesonanya, maka berikan saja bunga mawar oranye untuknya. Bunga mawar oranye juga membangkitkan energi dan dapat menunjukkan antusiasme, keinginan, dan kegembiraan. Memberikan bunga mawar oranye kepada seseorang dapat meambangkan cinta anda yang penuh gairah dan berbagai keceriaan antara hubungan anda dengan pasangan anda.

Warna bunga mawar oranye yang seperti jeruk, cahaya matahari terbenam, dan api, bunga mawar oranye memiliki intensitas gairah untuk mengucapkan terima kasih, ucapan selamat, atau aku mencintaimu. Keindahan dan kecerahan bunga mawar oranye benar – benar mendebarkan hati. Serta bunga mawar oranye ini memiliki arti semangat untuk seseorang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa pemberi bunga mawar oranye ini ingin mengenal penerima bunga lebih dekat lagi. Bunga mawar oranye juga menunjukkan kebanggaan. Saat anda merasa terhormat untuk berhubungan dengan seseorang dan percaya bahwa orang itu layak untuk di puji, maka berikanlah bunga mawar oranye untuknya, bunga mawar oranye akan mengatakan “saya sangat bangga padamu”.

8. Bunga Mawar Ungu

Bunga Mawar Ungu
Bunga Mawar Ungu

Bunga mawar ungu atau sering disebut lavender rose identik dengan kehidupan bangsawan yang sangat erat dengan kemewahan. Di zaman dahulu, mawar ini digunakan sebagai simbol untuk menghormati kaum bangsawan di negeri Barat. Ada juga yang mengatakan sebagai cinta pada pandangan pertama. Segala perasaan kekaguman, keingintahuan, dan misterius diwakili oleh warna yang cantik ini, jadi sangat cocok jika diberikan pada seseorang yang membuat kita tertarik, tapi anda belum berani mengungkapkan perasaan padanya.

9. Bunga Mawar Hijau

Bunga Mawar Hijau
Bunga Mawar Hijau

Arti bunga mawar hijau adalah sebuah keharmonisan, kesuburan, dan kesejahteraan. Warna hijau juga sebuah indikasi dari perdamaian serta ketenangan. Bunga mawar hijau juga dapat diartikan sebagai sebuah harapan bahwa kehidupan yang baru nanti lebih sejahtera ataupun harapan untuk kesehatan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

10. Bunga Mawar Hitam

Bunga Mawar Hitam
Bunga Mawar Hitam
  • Kematian dan Berkabung

Hitam merupakan warna yang selalu di kaitkan dengan kematian dan sisi gelap dari sifat manusia. Arti konvensional bunga mawar hitam adalah kematian dan berkabung atas kematian.

  • Kebangkitan

Kematian bukanlah satu – satunya arti yang melekat pada bunga mawar hitam. Bunga mawar hitam juga mempunyai arti yang positif. Bunga mawar hitam bisa berarti sebuah awal yang baru dan kelahiran kembali.

  • Tragedi Percintaan

Bunga mawar hitam sangat jarang sekali diberikan kepada orang yang dicintai, karena bunga mawar hitam melambangkan sebuah cinta yang tragis. Bunga mawar hitam berarti akhir dari sesuatu.

  • Kesetiaan

Untuk beberapa orang, bunga mawar hitam memang mewakili cinta yang tragis, tapi bagi sebagian orang bunga mawar hitam melambangkan sebuah kesetiaan dan cinta yang suci.

  • Dendam dan Kebencian

Bunga mawar hitam juga merupakan simbol kebencian dan balas dendam. Ketika diberikan pada seorang musuh, berarti itu mewakili perasaan dendamnya.

  • Perlawanan dan Keberanian

Perlawanan, keberanian, dan kekuatan, merupakan arti lain yang melekat pada bunga mawar hitam.

 

 

 

 

 

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply