Byam
Byam

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Bayam

Posted on
Bayam
Bayam

Pernahkah kalian melihat kartun Popeye di televisi? Popeye sangat gemar sekali makan bayam, dan setelah makan bayam Popeye berubah menjadi sangat kuat dan tidak terkalahkan. Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya.

Nama latin dari bayam adalah Amaranthus spp, dan bayam juga termasuk dalam kategori keluarga Amaratohideae. Di Indonesia, terdapat 2 jenis bayam, yaitu bayam yang berdaun hijau dan bayam yang berdaun merah. Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Sangat mudah sekali lho menemukan tumbuhan bayam, bisa ditemukan di kebun atau di pasar – pasar dengan harga yang murah. Bayam juga mengandung kandungan gizi yang sangat tinggi.

Kandungan Nutrisi pada Bayam

Selain mengandung serat, bayam juga sangat kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakarotan per hari. Betakaroten adalah vitamin A, ditambah vitamin C akan membuat bayam bersifat antioksidan yang sangat baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng.

Kandungan gizi dalam 100 gram bayam

  • Energi 36 kal
  • Protein 3,5 g
  • Lemak 0,5 g
  • Karbohidrat 6,5 g
  • Serat 0,8 g
  • Kalsium 267 mg
  • Fosfor 67 mg
  • Zat Besi 3,9 mg
  • Vitamin A 6.090 IU
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 80 mg
  • Air 86,9 g
  • Niasin
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Natrium
  • Magnesium
  • Kalium

Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan

Selain bayam mudah ditemukan, harga bayam juga termasuk murah. Karena kandungan nutrisi yang banyak, bayam dijadikan sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di sini saya akan menjelaskan beberapa manfaat bayam untuk kesehatan tubuh :

 

Kadar Gula Darah

Kandungan serat yang ada pada bayam membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.

Mencegah Kanker

Bayam mampu mencegah sambil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) “nyangkut” di dinding usus, karena bayam mengandung serat. Klorofil yang terdapat pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah yang terdapat pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan, yang mampu mencegah penyakit kanker.

Mencegah Kelelahan

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, bayam juga dapat mencegah rasa lelah tubuh akibat terlalu banyak bekerja atau setelah sakit. Megkonsumsi bayam dapat meningkatkan jumlah energi, zat besinya membantu meningkatkan produksi oksigen yang ada di dalam tubuh.

Pertumbuhan

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan anak – anak dan remaja. Selain itu, sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang rawan terkena anemia. Bayam mengandung kalori lebih banyak, tapi tetap rendah lemak dan bebas dari kolestrol.

Mengurangi Berat Badan

Bayam dapat memberikan rasa kenyang di lambung, karena bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberi rasa kenyang di lambung. Bayam sangat cocok jika dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan program diet.

Sumber Anti Oksidan

Di dalam bayam terkandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten, mangan, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai anti oksidan kuat. Mencegah terjadinya osteoporosis, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Luteinnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, resiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%.

Mengatasi Anemia

Bayam mengandung zat besi yang tidak perlu dikhawatirkan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandungan zat besinya 2 kali lipat lebih banyak dari sayuran lainnya. Cocok sekali jika dikonsumsi oleh orang yang menderita anemia karena kekurangan zat besi dalam tubuh.

Mengobati Gusi Berdarah

Pendarahan pada gusi bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi bayam dengan wortel dengan cara dibuat jus untuk cara mengatasinya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam bayam terdapat vitamin A yang sangat tinggi, dan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis, mengatasi timbulnya jerawat, prosiasis hingga keriput.

Anti – Inflamasi

Bayam memiliki sifat alkalinitas yang sangat tinggi. Sayuran ini merupakan pilihan yang sangat sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid dan osteoarthritis.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Bayam merupakan sayur yang mempunyai sumber folat yang sangat baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya resiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Mencegah Osteoporosis

Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutuhan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini sangat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga, dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.

Cocok Untuk Menstruasi

Setiap wanita pasti akan mengalami menstruasi. Menstruasi adalah hal alami yang terjadi pada seorang wanita. Dengan terbuangnya kotoran, tubuh akan menjadi lebih sehat. Menstruasi membutuhkan banyak mineral dan itu bisa kita dapatkan dengan mudah dari sayuran bayam. Dengan adanya mineral, menstruasi terjaga dan tubuh tidak akan merasa lemas, karena di sisi lain bayam pun juga dapat dijadikan sebagai sumber energi untuk tubuh.

Bagus Untuk Ibu Hamil

Nutrisi sangat dibutukan oleh ibu yang sedang hamil. Ibu hamil juga tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Maka solusi yang sangat alternatif adalah bayam, karena di dalam bayam terkandung nutrisi yang disebut asam folat. Asam folat berfungsi untuk penguatan janin dan hal ini bisa didapatkan di bayam terutama jenis bayam merah.

Memperkuat Usus

Usus adalah organ vital yang berfungsi untuk mengolah makanan yang dikonsumsi. Jika kita mengkonsumsi makanan yang salah, maka usus bisa saja terluka atau rusak. Bayam bisa membantu untuk memperkuat kerja usus sehingga usus semakin baik dan terlindungi. Zat besi di bayam bisa melindungi organ utama ini.

Meningkatkan Memori

Di dalam bayam terkandung vitamin dan zat penting. Sayur bayam ini bisa meningkatkan memori otak. Apalagi vitamin K yang terdapat pada bayam. Asupan ini bisa juga kita dapatkan dari makanan tempe atau tahu. Meningkatkan memori otak juga sangat baik untuk orang dewasa yang sudah usia lanjut dan mudah sekali pikun. Bayam bisa dikonsumsi untuk orang dewasa secara rutin.

 

Inilah Beberapa Bahaya Bayam yang harus diWaspadai

Walaupun bayam mempunyai banyak sekali manfaat, tapi bayam juga memiliki kekurangan atau dapat menimbulkan bahaya dalam kondisi tertentu.

  • Bayam dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang.
  • Bayam adalah salah satu makanan yang terkadang mengandung pestisida, jadi sangat penting untuk makan bayam organik, jika ada.
  • Di dalam bayam terdapat kandungan oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium. Orang yang memiliki masalah dengan ginjal atau kandung empedu harus berhati – hati jika ingin mengkonsumsi bayam.
  • Bayam juga dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid.

Demikian beberapa manfaat bayam dan bahayanya. Semoga bermanfaat.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply