tebing
tebing

Tebing Batu yang Ada Di Indonesia

Posted on

Seorang teraveler sejati sepertinya tidak akan pernah kehabisan ide untuk mengunjungi tempat-tempat yang baru, siapa sangka tebing-tebing yang dulu menjadi penambangan tapi sekarang menjadi tempat wisata. Manusia memang kreatif, salah satu sisi positifnya yaitu penduduk ikut kebagian rezeki dari para wisatawan, berikut tebing batu yang ada di indonesia:

Brown Cayon

1.Brown Cayon

Tebing batu yang ada di indonesia yang lagi kekinian yaitu tebing batu brown cayon,brown cayon ini disebut-sebut memiliki pemandangan yang sangat mirip dengan grand brown cayon di amerika. Brown cayon ini bertempat di semarang jawa tengah, sepanjang perjalanan menuju brown cayon, anda harus menhadapi debu-debu yang berterbangan anda akan juga berpapasan dengan truk-truk yang mengangkut bahan material. Tak aneh karena brown cayon ini adalah tempat penambangan yang masih aktif, di brown cayon ini anda dapat menikmati pemandangan indah tebing-tebing yang menjulang tinggi dalam berbagai bentuk yang unik, kalau mau berkunjung kesini anda harus membawa masker karena debu-debu disini sangat banyak.

Memasuki area ini harus cukup waspada lantaran masih beroprasinya tambang banyak hilir mudik truk pengangkut tanah dan alat berat, biasanya pengunjung akan mengambil foto dari sebelah timur area dengan menghadap dua bukit kembar yang menjulang, rute menuju brown cayon bisa dimasuki dari berbagai arah yang paling populer dari arah simpang lima, menuju ke pedurungan pertigaan polres semarang timur terus lurus ke arah mranggen atau arah purwodadi, ada pertigaan belok kanan menuju stasiun TVRI jawa tengah, puncag gading. Jalan menuju stasiun TVRI menanjak lalu belok kiri ikuti jalan perumahan dan akan ketemu jalan Raya Batur Sari belok ke kanan, lurus dan sampai lokasi. Dari arah timur (Purwodadi), setelah melewati bekas pasar Mranggen, ada perempatan, ambil arah ke kiri (Jalan Raya Batur Sari) lurus terus ikuti jalan, sampai terakhir masuk desa Dongko dan akan tiba di lokasi.

Borwn cayon akan sangat indah jika dikunjungi pagi atau sore hari, tak ada retribusi resmi cukup membayar Rp.3.500 yang dikelola oleh warga sekitar. Jadi tunggu apalagi, nikamati eksotiknya tebing dan palung di Brown Canyon Semarang. dimungkinkan akan selalu bertambah bukit, tebing dan palung karena aktivitas penambangan masih berlangsung, begitu juga sebaliknya bisa jadi bukit dengan tebing indah bisa seketika hilang juga.

Tebing Breksi
Tebing Breksi

2.Tebing Breksi

Awalnya, tebing breksi hanyalah tebing tingginya kira-kira 30 meter yang menjadi tempat penambangan batu-batu alam, namun belakangan tebing breksi menjadi tebing yang lagi hits di indonesia, dari tebing breksi memiliki nama lengkap telatar seneng taman tebing breksi ini terus menjadi tempat wisata sejak akhir tahun 2014, selain menawarkan keindahan panorama tebing yang eksotis, selain eksotis tebing breksi juga menawarkan panorama indah candi prambanan, candi sojiwan, dan candi barong yang berlatar gunung merapi, untuk bisa melihat pemandangan candi, anda harus naik dulu ke tebing breksi, tebing breksi berlokasi di pedukuhan lengkong, groyokan, sambierjo, prambanan, 1 km dari candi ijo.Larangan pemda ini muncul, setelah sejumlah peneliti melakukan kajian. Hasilnya, batuan kapur breksi disana ternyata adalah endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Maka, kawasan ini masuk dalam cagar budaya dan harus dilestarikan. Sama halnya dengan keberadaan Gunung Api Purba Nglanggeran, Candi Ijo, Situs Ratu Boko dan sebagainya, tebing breksi yang ada di prambanan ini pemandangannya sangat bagus untuk digunakan foto.

 Tebing Kapur Pantai Melasti
Tebing Kapur Pantai Melasti

3. Tebing Kapur Pantai Melasti

Tebing kapur pantai melasti terletak didesa ungasan, bali selatan,tebing kapur ini dapat anda jumpai dalam menuju pantai melasti, tebing-tebing yang menjulas tinggi 100-150 meter ini menghiasi jalanan beraspal dan berkrlok-kelok menuju pantai melasti. Sungguh menjadi keindahan tersendiri, tebing-tebing kapur yang tampak indah ini adalah hasil dari proses pengerukan bukit kapur, dari atas tebing pula anda dapat melihat pemandangan pantai melasti. Pastikan tebing ini menjadi tempat favorit yang pernah anda kunjungi, dan jangan sampai anda tidak puas dengan pemandangan tebing ini.

 Tebing Kapur Pantai Melasti
Tebing Kapur Pantai Melasti

4. Tebing Kapur Pantai Pandawa

Tebing batu yang ada di bali yang sudah menjadi obyek wisata di bali adalah tebing kapur yang ada di pantai pandawa, tebing kapur yang menjulang tinggi ini seolah menjadi benteng untuk menyembunyikan keberadaan pantai pandawa, namun itu dulu, sekrang pantai pandawa sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di bali, salah satu hal yang membedakan bukit kapur di pantai pandawa dengan bukit kapur lainnya adalah, bukit kapur di pantai pandawa ini dilubangi lalu ditempati oleh patung-patung pandawa, tebing kapur pantai pandawa berada di desa kutuh, kuta selatan, berlokasi diantara kawasan nusa dua dan uluwatu. Ayo buruan ke tebing kapur pantai pandawa pasti anda ketagihan untuk berkunjung ke tebing kapur pantai pandawa, pemandangannya yang sangat bagus dan eksotis untuk digunakan foto-foto, pasti hasilnya akan bagus.

Bukit Kapur Jaddih
Bukit Kapur Jaddih

5. Bukit Kapur Jaddih

Selain bukit kapur arosbaya, madura juga punya bukit kapur jaddih, bukit kapur jaddih terletak di desa jaddih, sekitar 10 km dari pusat kota kabupaten bangkalan, madura, jawa timur, di bukit kapur jaddih, anda dapat menikmati pemandangan eksotis tebing-tebing kapur putih berukuran raksasa di area yang sangat luas, ada juga goa-goa kecil sisa penambangan. Namun, wisatawan tidak boleh masuk kedalam goa-goa kecil itu karena dapat runtuh sewaktu-waktu, bukit kapur jaddih ini termasuk tebing batu di indonesia yang masih tempat penambangan yang masih aktif, anda akan melihat para pekerja tambang yang lalu-lalang dengan kendaraan pengangkut material dan alat-alat berat, selain harus berhati-hati saat berkunjung kebukit kapur jaddih jangan lupa untuk memakai topi dan kacamata hitam karena panasnya terik banget. Sebenarnya, daya tarik utama dari kawasan bukit jaddih yang ada di madura ini adalah panorama alam sekitarnya fotogenik, dengan suasana dan cuaca yang mendukung, kalian yang berkunjung ketempat ini pastilah berkesempatan untuk mendapatkan foto yang sangat bagus.

Perlu dicatat juga, meski tempat ini bagus dan layak untuk dijadikan tempat obyek wisata namun masih banyak penambangan batu kapur yang masih aktif. Sehingga para pekerja penambang kapur didekat bukit jaddih masih banyak terlihat. Selain itu, sebaiknya kalian memanfaatkan GPS atau peta untuk menemukan lokasi Bukit Jaddih di Madura ini karena petunjuk untuk menuju ke tempat ini masih terhitung kurang. Setelah sampai di puncak bukit anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah. Dari atas bukit ini juga anda bisa puas melihat keindahan kota Bangkalan. Anda juga tidak perlu lagi merasa kepanasan ketika berada di puncak bukit karena udaranya lebih sejuk serta dingin. Sederet pepohonan dan rumput hijau terhampar luas menambah keindahan bukit di bagian atas. Setelah puas menikmati kawasan bukit kapur, anda bisa turun ke bawah untuk mencoba. Kolam renang ini masih alami, airnya berasal dari sumber mata air sekitar yang sungguh menyegarkan. Rasa panas dan kering selama berada di atas bukit seketika menghilang ketika anda mencoba berenang di kolam renang yang masih berada satu kawasan dengan wisata bukit kapur jaddih ini.

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply