tumbuhan langka
tumbuhan langka

10 Tumbuhan Langka yang Terancam Punah

Posted on

Indonesia terkenal dengan tanahnya yaang subur, berbagai macam tanaman tumbuh subur disini. Dan banyak tanaman yang langka atau sulit sekali di temui sehingga harus di lindungi.

Bunga Bangkai

Bunga bangkai
Bunga bangkai

Bunga bangkai ini mempunyai ciri khas yang unik, yaitu dapat mengeluarkan bau busuk seperti bangkai. Bau busuk tersebut sebenarnya untuk mengundang kumbang-kumbang menghinggap untuk membantu proses penyerbukan. Bunga ini tumbuh tinggi dan menjulang keatas hingga mencapai 4 meter. Ketika mekar bagian dalamnya berwarna putih krem sedangkan mahkotanya berwarna merah tua. Bunga ini hanya mekar selama 7 hari kemudian mati atau tumbuh kembali.

Rafflesia Arnoldii

raflesia_arnoldi
raflesia_arnoldi

Rafflesia Arnoldii tumbuh kesamping bukan meninggi keatas seperti bunga bangkai. Ketika bunga ini mekar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengn berat 10 kilogram. Tumbuhan ini hidupnya meumpang pada tumbuhan lain. Saat ini populasi bunga ini menyusut karena habitatnya yang semakin sempit, karena adanya ahli fungsi hutan yang menjadi area pertanian. Penanaman bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis sumatera. Penanaman bunga rafflesia ini di dasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Rafflesia sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga. Tumuhan ini tumbuh di dalam batang liana dari genus tetrastigma. Rafflesia Arnoldii tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis sendiri.

Cendana

cendana
cendana

Cendana merupakan salah satu pohon yang mempunyai banyak kegunaan di indonesia. Kayu dari cendana dapat dijadikan sebagai pembuatan parfum, aroma terapi, rempah-rempah dan lain-lain. Harum dari kayu ini bisa bertahan sampai ratusan tahun. Kaarena berbagai manfaat tersebut, tidak salah jika pohon ini sagat terkenal di indonesia. Sayangnya pohon ini bukan pohon yang mudah di budidayakan, karena sudah terancam punah. Pada awalnya kecambah cendana tumbuh menumpang pada tumbuhan lain, sehingga tidak dapat tumbuh sendiri. Maka dari itu pohon cendana saat ini sudah mulai berkurang populasinya.

Damar

Damar
Damar

Pohon damar ini memiliki batang yang tingginya bisa mencapai 60 meter, pohon ini tumbuh di berbagai daerah di indonesia dengan berbagai sebutan. Selain kayunya, pohon ini juga bisa di manfaatkan getahnya. Getah dari pohon damar ini dapat di gunakan sebagai bahan pembuatan kopal. Kopal merupaha salah satu bahan dasar cairan pelapis kertas dan juga lak atau vernis. Damar di gunakan dalm makanan, sebagai pembuat keruh atau pembuat mengkilap. Kristal damar juga di larutkan dalam molten malam parafin untuk membuat batik, guna mencegah malam meretak ketika di lukiskan pada sutra atau rayon. Ada dua jenis lain dari damar, selain getah damar yaitu: Mata kucing merupakan resin kristalin, biasanya dalam bentuk bola-bola bulat dan batu berbentuk kelereng, damar berwarna keruh yang di kumpulkan dari tanah.

Kantong Semar

kantong semar
kantong semar

Kantong semar ini adalah tanaman yang sangat unik, dia bisa memangsa serangga yang ada di dekatnya seperti lalat, lebah dan lainnya. Tumbuhan ini sudah cukup langka sehingga harus di budidayakan agar tidak cepat punah. Kantong semar ini baru bisa meangsa serangga ketika sudah dewasa, dia akan membuka kantungnya agar ada serangga yang masuk kedalamnya. Jika sudah ada serangga yang masuk, maka kantungnya akan segera tertutup dan mulai mencerna makanannya.

Ulin

Ulin
Ulin

Pohon ulin ini sering juga di debut sebagai buian atau kayu besi merupakan tumbuhan khas kalimantan. Pohon ini mampu mnghasilkan kayu yang sangat kuat sehingga banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan seperti rumah, jembatan, kapal laut an sebagainya. Pihon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 36 meter dengan diameter batang sebesar 96 cm. Pohon ini banyak tersebar banyak di kalimantan dan sumatra. Syangnya pohon ini sulit di kembangbiakan sehingga pohon ini sudah terancam punah. Proses pemuliaan alami di hutan bekas tebangan umumnya kurang berjallan dengan baik. Perkecambahan biji ulin membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan dengan persentase keberhasilan relatif rendah.

Anggrek Tebu

anggrek-tebu
anggrek-tebu

Anggrek tebu ini merupakan keluarga anggrek yang paling besar dan yang paling berat, anggrek ini dapat memiliki berat hampir 1 ton dan panjang mulai hingga 3 meter. Karena ukurannya yang sangat besar, anggrek ini sering di sebut sebagai anggrek raksasa. Bunga ini memiliki warna kuning dengan kombinasi titik-titik coklat, merah dan merah kehitaman. Bunga ini sangat unik, meskipun batangnya sudah di potong tetapi bungnya masih bisa bertahan hingga 2 bulan. Bunga anggrek tebu ini sangat langka sehingga termasuk kedalam tumbuhan yang di lindungi. nggrek tebu sering di sebut sebagai anggrek macan. Ciri utama anggrek tebu adalah ukurannya yang sangat besar. Keunikan dan langkanya tanaman anggrek terbesar dan terberat ini membuat anggrek tebu menjadi salah satu anggrek yang dilindungi di indonesia.

Tengkawang

tengkawang
tengkawang

Tengkawang ini merupakan tumbuhan khas kalimantan yang banyak manfaatkan minyaknya. Pohon ini terdiri dari 12 jenis yang mana di antaranya sudah terancam punah. Minyak tengkawang dihasilkan dari biji-biji yang berjatuhan, biji itu kemudian di jemur dan di salai sampai kering, kemudian diolah menjadi minyak. Biji tengkawang ini merupaka makanan bergizi bagi babi hutan dan binatang liaar lainnya. Minyak tengkawang ini bisa di gunakan sebagai penyedap masakan dan obat-obatan tradisional. Tengkawang tidak selalu berbuah tiap tahun. Ada waktu-waktu tertentu untuk tumbuh. Meskipun beberapa jenisnya telah ditanam penduduk, sebagian banyak produksi datang dari tumbuhan liar di hutan-hutan alam.

Daun Payung

daun payung
daun payung

Dun payung atau di sebut juga sebagai daun sang dan salo merupakan tumbuhan yang banyak hidup di daerah sumatra. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah johannestijsmania altifrons, yang di ambil dari nama penemunnya yaitu profesor tijsman. Tumbuhan ini memiliki daun yang sangat lebar besar dan kuat sekali. Pada jaman dahulu tumbuhan ini sering di gunakan sebagai atap rumah-rumah, karena fungsinya tersebut. Kemudian ini sering di sebut daun payung. Tnaman ini di temukan di daerah Aras Napal dekat dengan tamannasional gunung leuser. Daun raksasa ini termasuk kedalam jenis tanaman palem. Dun payung ini adalah tanaman yang tumbuh tunggal. Nama dari daun raksasa ini diambil dari ukuran daun tersebut yang sangat besar. Pnjang dari daun raksasa ini antara 3 sampai 6 meter dengan lebar 1 meter.

Edelweiss Jawa

edelweiss jawa
edelweiss jawa

Edelweiss jawa merupakan bunga yang saat ini sudah makin kritis keberadaannya. Bunga ini banyak hidup di pegunungan di jawa. Bahkan bunga ini yang pertama kali tumbuh setelah erupsi gunung berapi. Bunga ini tetap terlihat segar walaupun sudah di petik dari tangkainya. Hal ini membuat para pendaki mengambil bunga ini sebagai kenang-kenangan. Populasi bunga ini sudah menurun drastis dan juga di ancam punah. Bunga ini biasanya mulai bermekaran pada bulan april hingga agustus. Bunga ini dapat hidup hingga 100 tahunan dengan tinggi batang hingga 8 meter. Lebih dari 300 seraga yang hinggap dan menghisap madunya.

 

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply