Bahaya Gadget Untuk Anak
Bahaya Gadget Untuk Anak

Intip Yuk, Bahaya Gadget Bagi Anak

Posted on

Memang pada akhir akhir ini anak kecil sudah mahir dalam memainkan gadget, bahkan ada juga orang tua yang sudah membelikan anaknya gadget dengan banyak alasan, padahal anaknya masih kecil, belum waktunya untuk mengenal seperti itu. Masih banyak mainan yang dapat dimainkan anak-anak agar dia tidak rewel, tetapi ada aja orang tua yang memberi gadget dengan alasan lebih praktis. Sebaiknya orang tua juga mendampingi anaknya ketika dia sedang sibuk bermain game dalam gadget, jangan sampai dia lupa waktu belajar karena keenakan main gadget. Berikut dampak gadget pada anak :

  1. Menyebabkan kecanduan

Bahaya sekali, jika anak anda kecanduan dengan gadget disaat belum datang waktu yang pas. Karena, anak-anak belum mempunyai prinsip dalam hidupnya, jika dia sudah nyaman bermain dia akan terus bermain sampai dia capek dan tertidur. Selain itu, juga berdampak terhadap kepribadian sang anak, dia cenderung tertutup dengan orang-orang disekitrnya karena dunianya sudah teralihkan.

  1. Bahaya radiasi

Paparan radiasi dari gadget dalam menimbulkan radiasi yang berbahaya untuk manusia, apalagi bagi anak-anak itu akan mempengaruhi perkembangan otak anak anda.

  1. Menghambat perkembangan

Jika sudah kecanduan dengan gadget, anak anda akan sulit berkembang, dibandingkan dengan teman-temannya yang belum kecanduan dia akan terlihat lebih lambat, karena dia sudah malas bergerak jika sudah menghadap gadget.

  1. Penyakit mental

Depresi dan autis bisa saja menghinggapi anak anda, jika anda tidak mengontrol anak anda dalam menggunakan gadget.

  1. Gangguan tidur

Inilah dampak jika anda memberikan gadget pada anak anda dimalam hari, dia akan lebih nyaman bermain game daripada tidur. Dan nanti keesokan harinya dia akan malas bangun.

  1. Obesitas

Obesitas akan terjadi jika anda kecanduan bermain gadget, dia akan malas bergerak, sehingga lemak akan menumpuk dalam tubuh anak anda.

  1. Pengaruh tayangan

Terkadang jika sudah memegang gadget, ide ide baru akan muncul dalam diri anak anda, awalnya dia hanya mencoba membuka konten online yang seharusnya tidak dia buka. Maka dari itu, anda harus mendampingi anak anda ketika dia bermain gadget.

Untuk mencegah dampak gadget diatas, kuncinya adalah anda. Jika anda dapat membatasi penggunaan gadget dan anda mampu mendampingi anak anda ketika bermain gadget, semuanya tidak akan terjadi pada anak anda.

Gravatar Image

Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply