Kenali Dan Pelajari Tentang Robert Owen Bapak Koperasi Dunia

Posted on

Siapa sih sebenarnya Robert owen itu, dia adalah putra dari pembuat pelana dan pandai besi, ia di lahirkan di Newtown, Powys Mentgomeryshire, Wales pada tanggal 14  Mei 1771 ia adalah anak keenam ayahnya memiliki bisnis kecil yaitu penjual besi. Owen hampir menerima semua pendidikan sekolahnya yang berakhir pada usia sepuluh, Robert menikah dengan Caroline Dale dan mempunyai 7 anak.

Robert memulai bisnis tekstil setelah dia mencoba berbagai pekerjaan seperti berdagang kain, menjadi manager perusahaan air minum dan bekerja di rumah pengolahan kain. Gerakan koperasi di mulai di Eropa pada abad ke-19 Robert di anggap sebagai bapak koperasi, pemikirannya tentang sosialisme ia tuangkan dalam buku yang berjudul “A New View Of Society an Essay on the Formation Of Human Character” dalam buku itu dia menuliskan tentang lingkungan sosial berpengaruh pada pembentukkan karakter manusia, dia berusaha mencari cara untuk mensejahterakan pekerjanya, dan di bukunya juga membahas tentang pendidikan yang di mana kejahatan- kejahatan ada karena keadaan bukan karena moral. Oleh karena itu pendidikan sangat penting pada saat itu untuk pembentukkan manusia yang lebih rasional yang mempunyai kebiasaan teratur, sabar dan rajin. Sejak ia memiliki pabrik di New Lanark iamelakukan perbaikan dalam usahanya dengan cara mengurangi jam kerja dan stop mempekerjakan anak di bawah 10 tahun. Dan di tempat itu juga ia baru menyadari bahwa kemiskinan ada di mana-mana, yang membuat dia bergerak dengan melakukan pembangunan-pembangunan rumah buruh, memperhatikan pendidikan dan keluarga buruh, dan membuka toko di mana mereka bisa membeli barang dengan harga yang lebih murah serta membentuk  komunitas dan serikat kerja dan di tempat ini juga Owen memberikan gagasan-gagasan tentang pentingnya kesejahteraan dan pendidikan, ia lebih mengedepankan bekerja sama dari pada berkompetisi, ia memiliki ide untuk membentuk desa co-operasi dimana mereka akan keluar dari kemiskinan dengan menumbuhkan makanan mereka sendiri, membuat pakaian sendiri, hingga pada akhirnya bisa membentuk pemerintah sendiri.

Karier Robert Owen yang bermanfaat bagi masyarakat adalah:

1.Mendirikan Komunitas-Komunitas

Robert mulai mendirikan komunitas-komunitas atau perkampungan komunitas yang di sebut owenite yang didirikan di beberapa tempat di Eropa dan Amerika Serikat, seperti New Harmony dan Brook Farm serta koperasi teladan kemudian menyokong beberapa organisasi baru yang muncul di Inggris.

2.Perbaikan Ekonomi Di Berbagai Lapisan Masyarakat

Awalnya ia mengajarkan pentingnya perbaikan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat dan menyelesaikan berbagai masalah yang timbul di antara kaum kapitalis dan buruh. Dengan cara melalui berbagai kebijakan yang dapat mengendalikan timbulnya kesenjangan ekonomi dan kecemburuan sosial.

3.Perkembangan Pendidikan di Dunia

Menurut Owen pendidikan sangat penting, yang mana pada zaman itu nasib anak-anak yang masih di bawah umur yang harus bekerja 14-16 jam per hari membuat Owen merasa prihatin.

Pandangan Owen tentang dunia pendidikan adalah tentang pembentukan moral dan pengembangannya. Anak-anak oleh Owen diibaratkan plastik yang mudah untuk di bentuk, yang berbudi luhur dan cerdas jika di beri pendidikan yang tepat, yang di mulai dari masa kanak-kanak mereka akan membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baik dan akan membasmi atau menghilangkan berbagai kejahatan-kejahatan serta akan menyempurnakan masyarakat di mana pun mereka berada.

4.Pencetus Gerakan Koperasi

Karena Robert Owen lah bisa terbentuk koperasi yang mana Owen di yakini bisa menempatkan pekerja di lingkungan yang baik, pendidikan yang baik untuk diri mereka sendiri dan anak-anak mereka. Ia adalah pelaku bisnis yang sangat sukses dan memberikan banyak laba untuk kariawannya dan di pabrik kapas New Lanark, Skotlandia inilah koperasi pertama di buka dan juga mendapat keberhasilan. Ide  desa Co-operasi yang mengedepankan tentang para pekerja yang menyeret dirinya keluar dari kemiskinan dan menumbuhkan makanan sendiri, serta membuat pakain mereka sendiri dan akhirnya membuat pemerintahan sendiri, yang membuat Robert Owen mendapat gelar bapak Koperasi dunia.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply