Logo Pasukan Elit yang Dimiliki Indonesia

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara yang masih membutuhkan proses untuk mensejahterakan rakyatnya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia sebenarnya adalah negara yang kuat, yang mampu melindungi rakyatnya dari berbagai ancaman. Indonesia saat ini sangatlah berbeda dengan yang sebelumnya, sekarang Indonesia telah memiliki pasukan-pasukan elit yang kemampuannya melebihi pasukan-pasukan elit dari negara-negara lain.

Dan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa pasukan-pasukan elit yang dimiliki Indonesia yang diakui oleh negara lain.

Pasukan Khusus atau pasukan operasi khusus merupakan satuan militer yang dibuat dan dilatih agar dapat melaksanakan misi perang non-konvensional, anti-teroris, aksi langsung, pengintaian, dan pertahanan luar negeri. Pasukan Elit berbeda dengan pasukan khusus namun memiliki tugas yang hampir sama. Pasukan elit atau pasukan khusus terdiri dari kelompok kecil namun sangat terlatih, yang diberikan persenjataan khusus, bekerja secara mandiri, seperti siluman karena identitasnya sangat dirahasiakan, dan menyelesaikan misi secara cepat, dan dengan bekerja sama yang sangat kuat. Karena saking hebatnya satuan elit kita ada yang mendapat tugas untuk melatih satuan militer luar negeri.

Untuk dapat masuk dan menjadi anggota dari pasukan elit sangatlah sulit, dan biasanya pelatihan untuk masuk menjadi anggota itu lebih dari dua tahun. Karena kebanyakan misi yang dijalankan adlah misi rahasia dan sangat tertutup membuat para calon anggota pasukan harus melewati proses pengujian yang sangat berat, yang tingkat kegagalannya sangat tinggi, dan sangat beresiko tentunya.

Karena sedikitnya info tentang pasukan elit ini membuat orang beranggapan bahwa pasukan elit ini sangatlah misterius, dan para anggota pasukan elit ini biasa menyebut diri mereka sebagai “Profesional Sunyi”. Hasil dari misi mereka mungkin ada yang dapat kita rasakan namun siapakah mereka sangatlah menjadi pertanyaan.

1. Denjaka TNI AL

Detasemen Jala Mangkara atau yang biasa disingkat Denjaka, merupakan sebuah detasemen pasukan khusus TNI yang menempati kedudukan tertinggi dalam jajaran Korps Marinir dan TNI AL. Dibentuk berdasarkan instruksi dari Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir pada tanggal 13 november 1984. Merupakan gabungan antara personel Taifib Korps Marinir TNI-AL dan personel Kopaska.

Semua aktivitas dari Denjaka sangatlah rahasia dan jarang sekali dipublikasikan. Pasukan Denjaka dituntut harus memiliki kesiapan operasional, kecepatan, mobilitas, kerahasiaan, dan pendidikan yang tinggi. Karena medan yang harus dihadapi berupa lingkungan laut maka pasukan Denjaka dituntut juga harus memiliki ketrampilan mendekati sasaran dari laut dan bawah laut atau vertikal dari udara.

Kemampuan yang dimiliki Denjaka tidak hanya hebat dalam bertempur namun Denjaka juga berfungsi sebagai satuan intelijen tempur yang handal.

2. Paskhas TNI-AU

Pasukan Khas TNI Angkatan Udara atau biasa disebut Paskhas (Baret Jingga),meruakan satuan khusus milik TNI-AU yang berkemampuan di 3 matra. Namun dalam misinya Paskhas lebih ditujukan untuk menguasai dan menjaga pangkalan udara dari musuh. Sejak perang era kemerdekaan Paskhas sudah ada, dan pasukan elit udara ini sudah mengemban berbagai misi. Hingga saat ini Paskhas diperkuat oleh 7.332 anggota yang dilengkapi dengan berbagai persenjataan.

Terjun payung merupakan hal yang harus dikuasai oleh anggota, yang nantinya akan berguna ketika hendak menyerang atau menguasai pangkalan udara musuh.

3.  Kostrad Tontaipur

Tontaipur merupakan singkatan dari Peleton Intai Tempur. Diresmikan pada 4 agustus 2001. Misi yang diemban oleh Tontaipur adalah misi pengintaian jarak jauh ke wilayah musuh dan mengahancurkan sasaran-sasaran penting. Operasi pertama yang dilakukan oleh Tontaipur adalah operasi penumpasan GAM.

4.  Kopaska TNI-AL

Dibentuk pada tanggal 31 Maret 1962 yang memiliki tugas awal untuk melaksanakan operasi khusus, mendukung operasi amfibi, penanggulangan perompakan dan terorisme di atas ataupun di bawah air kini memiliki kemampuan yang sangat meningkat dari sebelumnya, yang membuat kopaska di akaui oleh negara lain.

5.  Kopassus TNI-AD

Komando Pasukan Khusus yang biasa disingkat Kopassus adalah bagian dari pertahanan pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang dapat bergerak cepat dan lincah di setiap medan, dapat menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Pasukan ini lebih dikenal dengan pasukan baret merah karena selalu mengenakan baret merah di kepalanya.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply