Ular

Hewan – Hewan Aneh di Dunia

Posted on

Di luar sana masih banyak jenis hewan yang bentuknya sangat aneh. Mau tahu? Baca yuk artikel di bawah ini.

1. Ikan Pacu.

Ikan Pacu

Ikan dengan bentuk yang menyeramkan ini banyak ditemukan di Amerika Selatan. Yang sangat menakutkan dari hewan ini adalah giginya yang mirip dengan gigi manusia.

2. Hiu Berjumpai

Hiu Berjumpai

Sampai abad ke-19 para peneliti berpikir hewan ini sudah mati bersama dengan dinosaurus. Ternyata itu semua tidak benar, ada beberapa nelayan yang pernah menangkap dan menemukannya dan juga ditemukannya beberapa bangkai hiu berjumpai.

Hiu ini sekilas sangat mirip dengan belut, memiliki tubuh yang memanjang. Bentuk kepala dari hiu berjumpai adalah segitiga dengan tubuh abu – abu panjang. Hiu ini tidak memiliki sirip punggung besar, berbeda dengan spesies hiu yang lainnya.

3.  Ichthyophis Kohtaoensis

Ichthyophis Kohtaoensis1

Ichthyophis Kohtaoensis merupakan hewan amfibi langka yang asli Kamboja, Laos, dan Thailand. Makhluk ini memiliki tubuh seperti ular panjang dengan ekor yang runcing.

Hewan reptil ini memiliki tubuh abu – abu gelap dengan perut kuning. Yang membuat  hewan ini terlihat unik adalah fakta bahwa dia memiliki dua otot yang mengontrol rahang.

4. Olm

Olm1

Olm merupakan hewan amfibi yang berasal dari Eropa, khususnya dapat ditemukan di daerah Italia. Ciri – ciri makhluk ini adalah memiliki tubuh panjang yang berwarna putih, dengan 4 kaki kecil. Terlihat seperti mirip dengan ular kecil.

Kadal ini hidup di gua – gua bawah tanah. Makhluk ini memiliki mata yang tidak bisa berkembang dan hewan ini tidak bisa melihat atau buta. Walaupun Olm tidak bisa melihat, bukan berarti dia tidak bisa berbuat apa – apa. Olm mengkompensasi kekurangan penglihatan dengan indra pendengaran dan penciuman yang sangat luar biasa.

5. Dugong

Dugong

Dugong merupakan hewan laut besar yang mirip dengan Manatee. Dugong dapat ditemukan di perairan utara Australia dan ke dalam wilayah Indo-Pasifik. Hewan mamalia ini memiliki ciri – ciri tubuh yang panjang dengan warna abu – abu serta dayung seperti sirip ke arah kepala.

Ekor hewan ini sangat mirip dengan ekor lumba – lumba. Dugong juga memiliki ciri – ciri mulut yang keluar di samping dan berada dalam posisi yang lebih berbalik ke bawah, sehingga mudah untuk memakan rumput di kehidupan vegetatif dasar laut.

6. Paus Narwhal

Paus

Ikan paus ini hidup di Laut Arktik. Hewan ini sangat dikenal dengan bentuk tanduknya yang panjang. Paus Narwhal ini bisa mencapai ukuran badan lebih dari 5 kali lipat orang dewasa.

7. Oarfish

Oarfish juga dikenal sebagai ikan pita. Hewan ini adalah salah satu hewan terbesar di laut. Beberapa dari mereka ada yang tumbuh sampai dengan 50 meter. Karena ukurannya, banyak orang yang percaya bahwa cerita rakyat tentang naga laut dan cerita makhluk laut mitologi lainnya berasal dari penampakan hewan ini. Tapi anda jangan khawatir, biasanya hewan ini tinggal pada kedalaman 3.000 meter, dan hewan ini sangat jarang muncul.

8. Viper Bush

Viper Bush

Ular aneh ini dapat ditemukan di  Takamanda Forest Reserve, Kamerun. Sisiknya yang aneh dapat memberikan hewan ini kemampuan untuk berbaur dengan lingkungannya, sehingga tersembunyi dari predator atau dari mangsanya yang akan dia tangkap. Gigitan hewan ini sangat mematikan.

9. Blobfish, Ikan Berwajah Murung

Ikan berwajah murung

Hewan ini berasal dari Australia, tapi terdapat juga di Tasmania. Hewan ini seperti agar – agar, memiliki densitas sedikit lebih kecil dari air. Hewan ini hampir punah karena penangkapan yang dilakukan manusia di bagian laut dalam. Ikan ini memakan bahan – bahan organik yang lewat di depannya dan mengeluarkan sedikit energi untuk berenang.

10. Ular Buta

Ular buta

Ular ini banyak ditemukan di sepanjang sungai Amazon, Brasil. Kebanyakan orang menyangka kalau hewan ini adalah belut. Tapi kalau dilihat dari anatomi tubuhnya, hewan ini termasuk jenis ular.

11. Ikan Parrot Biru

Ikan biru

Ikan ini berwarna biru laut. Hewan aneh tapi menakjubkan ini dianggap lezat di banyak bagian dunia. Di Polinesia, disajikan mentah dan pernah dianggap sebagai “royal food”, hanya dimakan oleh Raja. Beberapa spesies Parrot Fish dapat menyelubungi diri dalam kepompong transparan (yang terbuat dari organ di kepala meraka). Tujuannya untuk menyembunyikan bau mereka dari predator dan, jelas, hewan ini terlihat seperti hewan di kartun Pixar.

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply