Mengetahui Tentang Jenis-Jenis Awan

Posted on

Awan adalah kumpulan tetesan air atau kristal yang terletak di atmosfer yang disebabkan akibat pengembunan atau pemadatan uap air yang terdapat didalam udara setelah melewati keadaan titik jenuh, awan merupakan asal usulnya hujan namun hal tersebut juga bisa tergantung musim.

Sebelum kami menjelaskan tentang jenis-jenis awan lebih baiknya kita mengetahuei terlebih dahulu bagimana proses pembentukan awan, awan terbentuk dari air yang menguap kemudian uap itu menjadi titik-titik air dari titik-titik air tersebut akan terbentuk awan. setelah awan sudah terbentuk maka akan dilanjutkan dengan proses turunnya hujan, asapun prosesnya dengan cara berikut:

  • Apabila awan sudah terbentuk titik air dalam awan akan menjadi semakin besar dan awan tersebut beratnya akan bertambah, dan perlahan-lahan daya tarikan bumi akan menarik kebawah maka terjadilah hujan.

Dan awan juga memilki berbagai bentuk, hal tersebut disebabkan karena terdapat bemacam-macam hal hingga membuat awan menjadi berbagai bentuk. Namun seandainya titik air ini bertemu dengan udara panas air tersebut akan menguap maka lenyaplah awan tersebut inilah yang menyebabkan awan tidak menjadi hujan.

Berikut ini adalah berbagai jenis awan:

Awan Kelomposk Udara Naik

Kelompok awan ini terletak antara 500-1500 meter adapun jenis awan udr nik sebgi berikut:

1.Awan Kumulo Nimbus(Cu-Ni)

Awan kumulo nimbus adalah awan yang menerunkan hujan dengan kilat guntur, biasanya awan sirostratus berada diatas awan kumulonimbus biasanya hal ini terjadi pada waktu angin ribut.

Ciri-ciri awan kumulo nimbus:

  • Ketinggian awan kumulo nimbus sekitar 2000-16000 meter.
  • Awan ini berwarna putih tu gelap dan biasanya menimbulkan hujan dengan kilat.
  • Awan ini berhubungan dengan hujn deras, badai, dan petir.

2.Awan Kumulus(Cu)

Awan kumulus adalah awan tebal dengan puncak-puncak yang tinggi, awan ini terbentuk ketika siang hari karena pada saat itu udara naik, jika berhadapan dengan matahari maka awan tersebut terlihat terang dan jika terkena sinar hanya sebelah saja maka awan itu afkan berwarna kelabu.

Ciri-ciri awan kumulus sebagai berikut:

  • Ketinggian awan tersebut sekitar 1000 meter dan lebarnya 1 Km
  • Awan ini merupakan awan tebal dengan puncak yang tinggi, awan ini berbentuk garis besar yang tajam dan dasar yang datar.

Kelompok Awan Rendah

Awan ini terletak pada ketinggian kurang dari 3 Km, adapun awan kelompok awan rendah sebagai berikut:

3.Awan Nimbo Stratus(Ni-St)

Awan nimbo stratus merupakan awan bentuknya tidk menentu, pinggirnya tidak beraturan dan berwarna putih kegelapan tapi penyebarannya cukup luas, awan ini yang menimbulkan hujan gerimis.

Ciri-ciri awan nimbo stratus adalah sebagai berikut:

  • Awan ini berwarna putih gelap dan penyebarannya  dilangrit cukup luas.
  • Ketinggiannya antar 600-3000 meter.
  • Kalau di Indonesia awan ini hanya menimbulkan gerimis.
  • Bentuknya sering berubah-ubah dengan pinggir yang tidak rata.

4.Awan Stratus(St)

Awan stratus merupakan awan rendah dan luas dengan tinggi dibawah 200 meter, lapisan melebar berlapis-lapis seperti kabut, Awan startus dan kabut sebenarnya tidak ada bedanya.

Adapun ciri-ciri awan stratus sebagai berikut:

  • Lapisannnya melebar seperti kabut dan menipis
  • Awan ini cukup rendah dan sangat luas ketinggian awan stratus dibawah 2000 meter.

5.Awan Strato Kumulus (St-Cu)

Awan strato kumulus adalah awan yang berbentuk bola dan memiliki lapisan tipis yang sering menutupi langit sehingga tampak seperti gelombang lautan, awan ini termasuk jenis awan yang tidak menimbulkan hujan

Ciri-ciri awan strato Kumulus:

  • Awan ini berwarna kelabu/putih yang terjadi ketika waktu petang dan senja apabila atmosfer dalam keadaan stabil
  • Ketinggiannya berada dibawah 2000 meter
  • Lapisan awan ini tipis dan tidak menghasilkan hujan
  • Awan ini terlihat seperti bola-bola yang sering menutupi langit, sehingga tampak seperti gelombang.
Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply