akibat gempa bumi
akibat gempa bumi

Akibat Terjadi Gempa Bumi

Posted on

Akibat gempa bumi

Gempa gumi termasuk bencana alam,gempa bumi adalah peristiwa alam pelepasan energy dari dalam bumi yang menyebabkan bergeseran lempeng bumi. Ledakan nuklir, pergerakan geomorfologi , aktivitas gunung berapi,aktivitas tektonik akibat pergeseran lempeng dan itu penyebab pelepasan energy dari dalam bumi, tapi pada dasarnya gempa bumi di akibatkan oleh pergerakan lempeng bumi.

akibat gempa bumi
akibat gempa bumi

Dan tahukah anda gempa bumi tuh tidak bisa kita prediksi jadinya kita harus selalu waspada akan datangnya gempa bumi,dan bagi Negara yang terlewati garis katulistiwa seperti Indonesia kemungkinan besar akan sering terjadi gempa bumi, jadi kita harus selalu waspada. Bagi anda yang daerahnya sering terjadi gempa bumi sebaiknya lakukanlah simulasi biar anda menjumpai gempa bumi sewaktu waktu anda akan siap. Dan berikut saya akan member tahu akibat terjadinya gempa bumi seperti:

Akibat gempa bumi

Akibat terjadinya gempa pasti banyak kerusakan kerusakan yang merugikan manusia  akibat terjadinya gempa bumi antara lain:

  1. Terjadinya Tsunami

akibat gempa bumi
akibat gempa bumi

Gempa tektonik  yang biasanya menyebabkan terjadinya Tsunami,karena adanya arus konvesi yang terjadi di dalam bumi yang mengakibatkan pergerakan lempeng yang terpusat di dasar lauan.namun terjadinya tsunami juga tergantung besar kecilnya kekuatan gempa yang terjadi di daerah laut tersebut.jika gempa terjadi di daerah laut atau pantai dengan kekuatan 6,7 sklaliter ke atas kemungkinan akan terjadi tsunami.biasanya kalau akan terjad tsunami ada tandanya seperti air laut suruut secara drastis.jadi berhati hatilah yang daerahnya sering terjadi gempa dan berada di psisir pantai.

  1. Terangkatnya Mineral Ke Permukan Bumi

Karena proses tektonik yaitu pergerakan sesar atau lempeng bumi.dengan sesar naik dapat mengakibatkan terangkatnya mineral mineral yang ada di lapisan bumi ke permukaan bumi, tetapi hanya lapisan yang mengandung mineral dan  karena sesar tersebut memotong lapisan mineral tersebut.

  1. Terjadinya tanah longsor

Endogen atau tenaga yang berasal dari dalam bumi dapat menyebabkan getaran dan guncangan tanah.getaran tanah ini menyebabkan masa batuan dan tanah  dan akhirnya lapisan tanah dan batuan yang di atasnya akan longsor.

  1. Hancurnya Bangunan-Bangunan

Bagi bangunan yang berada di atas permukaan bumi bahkan di bawah tanah dapat rusak dan hancur akibat  getaran yang tejadi akibat gempa bumi.namun besar kecilnya kerusakan juga di tentukan kuat tidaknya bangunan tersebut dan kekutan  gempa serta tidaknya bangunan dengan titik gempa.getaran gempa bumi yang menyebabkan goyangnya lapisan permukaan dapat mengakibatkan tidak kokoh bangunan bangunan rumah rumah bahkan dapat menjadikan runtuh dan hancur rata dengan tanah.

  1. Terjadinya banjir

Jika di daerah yang terjadi gempa tedapa sebuah danau atau waduk tidak menutup kemngkinan di daerah tersebut akan terjadi banjir. Karna saat terjadi gempa permukaan bumi akan goyang dan mengakibatkan air waduk atau danau akan keluar dengan sekala yang besar dan dapat memenuhi sungai yang ada di bawahnya dan mengakinatkan banjir.

  1. Korban Jiwa

Saat terjadi gempa akan ada banyak korban jiwa karena tertimpa bangunan,terseret gelombang penyakit dan terinfeksi wabah penyakit.

  1. Wabah penyakit

Setelah terjadi gempa bumi dengan sekala besar pasti akan terjadi kerusakan kerusakan bangunan fasilitas dan rumah tentunya kalau kita akan mencari air bersih pun sulit dan kebersihan lingkungan akan sangt buruk hal ini akan rawan terinfeksi penyakit dan virus seperti:  tbc, demam, flu, sesak nafas, diare bahkan demam berdarah.

  1. Kerusakan lingkungan

Gempa bumi akan menyebabkan terjadinya kerusakan kerusakan fasilitas, rumah ,bangunan, dan lingkungan,  jika gempa terjadi di dasar laut pasti aka nada terumbu terumbu karang yang rusak, dan erosi srta abrasi. Jika gempa terjadi di tanah pasti nya akan terjadi longsor pohon tumbang.

Berikut  akibat akibat yang terjadi setelah gempa bumi, jadi anda ahrus waspada akan terjadinya gempa bumi karena gempa bumi tidak bisa terprediksi dan datangnya sewaktu waktu, sekian dari saya semoga bermanfaat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply