jumlah danau di indonesia
jumlah danau di indonesia

Jumlah Danau Di Indonesia

Posted on

Jumlah Danau Di Indonesia

Di Indonesia memiliki ribuan danau. Danau adalah cekungan besar yang membentuk seperti kawah pada permukaan bumi yang di genangi dengan air, baik air tawar maupun yang lainnya, dan di sekeliling tepi danau tersebut di kelilingi berupa daratan. Menurut data Kementrian Lingkungan Hidup, pada 13 agustus 2009 di perkirakan bahwa di Indonesia memiliki danau berjumlah 840 danau besar dan 735 danau kecil. Dari banyak danau tersebut, sebagian di gunakan sebagai persediaan air untuk masyarakat, perikanan, PLTA, dan juga di jadikan sebagai tempat wisata.

Berikut Beberapa Tempat Danau Di Indonesia

danau di indonesia
danau di indonesia

Danau Toba (Sumatera Utara), Danau Ranau (Lampung, Sumatera Selatan), Danau Singkarak Sumatera Barat) Danau Towut (Sulawesi Selatan), Danau Matan (Sulawesi Selatan), Danau Maninjau (Sumatera Barat), Danau Poso (Sulawesi Tengah) Danau Tempe (Sulawesi Selatan), Danau paniai (Papua).

Danau – Danau Di Indonesia

danau di indonesia
danau di indonesia

1.Danau Toba

Danau Toba adalah salah satu danau terbesar dan juga terluas di Indonesia, bahkan merupakan danau vulkanik terbesar di Dunia. Danau ini memiliki panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman mencapai 505 m. Selain danau ini memiliki ukuran yang sangat besar, namun danau ini juga memiliki keindahan alamnya yang sangat menarik, danau ini juga terletak di tengah pulau Somosir.

2.Danau Ranau

Danau Ranau merupakan contoh danau vulkanik yang terletak di Lampung dan Sumatera selatan, yang juga bisa di katakana danau terbesar setelah danau toba di Indonesia berdasarkan jumlah volume airnya. Danau ini memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, kedalaman di perkirakan mencapai 229 m.

3.Danau Singkarak

Danau ini terbentuk akibat proses tektonik, yang terjadi karena sebuah amblesan yang di sebabkan oleh aktivitas pergerakan sesar Sumatera. Danau ini memiliki panjang 21 km, lebar 7 km, kedalaman bisa mencapai 268 m. dan tepi dari cekungan danau ini di kelilingi oleh material vulkanik dari letusan gunung api yang berada di sekitar danau tersebut. Namun sejatinya danau ini terbentuk karenan terjadinya proses tektonik.

4.Danau Towuti

Danau ini adalah dalnau yang terbentuk akibat proses aktivitasb tektonik. Danau ini juga di katakana danau terluas kedua di Indonesia karena memiliki luas mencapai 561 km dan memiliki kedalaman 203 m.

5.Danau Matano

Danau Matano terletak di Kab.Luwu Timur (Sulawesi Selatan). Danau ini merupakan danau paling dalam di Indonesia karena memiliki kedalaman hingga 590 meter dan memiliki luas 164 km. Selain itu, danau ini juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang sangat terjaga dengan baik.

6.Danau Maninjau

Danau Maninjau juga merupaka danau yang terbentuk akibat proses aktivitas tektonik, danau ini terletak di Sumatera Barat. Danau ini memiliki panjang 16 km, lebar 7 km, dan luas 99,5 km, memiliki kedalaman hingga 165 meter.

7.Danau Poso

Danau Poso adalah danau yang terbentuk juga akibat proses tektonik, danau ini terletak di Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas 323 km, juga memiliki kedalaman mencapai 450 meter.

8.Danau Tempe

Danau ini terletak di Kab.Wajo (Sulawesi Selatan). Danau ini memiliki luas 350 km, dan menjadi danau terluas kedua di Sulawesi. Namun kini kedalaman Danau Tempe semakin berkurang karena akibat sendimentasi, kini kedalaman Danau Tempe menjadi 5 meter, hal ini mengakibatkan air yang dapat di tamping oleh danau ini semakin berkurang.

9.Danau Paniai

Danau Paniai terbentuk akibat dari proses tektonik. Danau ini memilioki luas 195 km dan kedalaman hingga 50 meter.

Leave a Reply