Aneka Jajanan Anak SD

Posted on

Selamat pagi semua, di pagi yang cerah ini kami akan memberikan kalian sebuah kenangan masa lalu kita ketika masih SD. Kalian masih ingat nggak dengan makanan atau jajanan-jajanan yang biasa kalian beli dulu saat masih SD.

Jajanan yang murah dan memang memiliki rasa yang enak. Namun sayang sebagian dari jajanan ini sekarang sudah tidak dijual lagi karena ada berita yang mengatakan ada bahan berbahaya dalam makanan tersebut. Dan kami berharap setelah kalian membaca postingan ini kalian mungkin dapat berbagi kisah kalian menikmati makanan yang dulu pernah menemani kita di saat masih sekolah dasar.

Berikut ini kami akan sajikan aneka jajanan anak SD yang pernah ada dan mungkin masih bertahan hingga sekarang :

1. Permen Gulali

Permen gulali gulali gulali dek!

Kalian masih inget dengan jajanan yang satu ini nggak? Rasanya manis-manis bikin ketagihan. Gulali di sekolahku dulu ada yang warna coklat bening gitu. Harganya juga murah, malahan penjual gulalinya tidak mematok harga tapi biasanya anak-anak membeli mulai dari Rp 500 keatas. Juga bentuk gulali ada 2, ada yang lembek dan ada juga yang tidak lembek dan bisa dibentuk-bentuk menjadi bermacam-macam karakter.

Gulali yang cair biasanya diberi taburan meses atau susu cair jadi rasanya lebih enak. Dan yang masih bikin kepikiran itu penjualnya saat membuat permen gulali menjadi bentuk-bentuk lain itu da cucui tangan atau tidak ya? Tapi biarlah itu semua sudah berlalu kini hanya menjadi sebuah kenangan masa lalu yang nggak akan pernah terlupakan.

2. Es Potong

Saat siang hari di sekolah atau di rumah ada suara tung,tung,tung! Lalu saat kalian keluar dari rumah atau gerbang seklah kalian melihat abang dengan motor dan gerobak kecil di belakangnya.
Kalian pasti pernah mencicipi es potong kan? memang es ini enak banget. Nggak kalah sama es krim yang ada di toko-toko.

Mungkin alasan di beri nama es potong karena di dalam gerobak abangnya es ini panjang-pnjang terus karena akan sulit untuk menghabiskan dan memakannya jadi sama abangnya es ini dipotong-potong. Dan juga harga es ini sangat murah berkisar mulai Rp 500. Es potong ada dalam beberapa rasa ada yang coklat, susu, strawberi, melon, dan kacang ijo. Dan terkadang ada penjual es potong yang akan melumuri es yang kita beli dengan coklat cair. Behh,, mantep deh rasanya.

Dan jajanan kaya gini yang bikin kita ketagihan. Dan sampai sekarang masih ada orang yang berjualan es ini, terkadang saat papasan di jalan langsung beli es ini, nggak tanggung-tanggung langsung beli yang panjang dan masukan ke kulkas.

3. Ager-Ager

Memangsih jika hanya agar-agar kita bisa minta ibu kita untuk membuatkannya, tapi entah kenapa jika kita membelinya di sekolah itu akan terasa lebih nikmat. Biasnya agar-agar yang ada di sekolahan itu memakai wadah dan akan diberi susu di atasnya.

Namun ada banyak variasi dari agar-agar jajanan sekolahan ini. Di sekolahku dulu ada yang berbentuk bulat lalu diberi susu dan memakannya menggunakan tusuk gigi, hah enak sekali. Dan sekarang ada yang berbentuk seperti es krim memnggunakan sitck es krim. Namun itu tak senikmat yang dulu menggunakan tusuk gigi dan bikin ketagihan itu. Jadi kangen dengan jajanan yang satu ini.

4. Lidi

Haha,, jajanan yang satu ini pasti kalian sudah nggak asing lagi dari anak SD sampai anak kuliahan pasti pernah makan makanan yang satu ini. Lidi-lidian kenapa namanya lidi karena bentuknya memang mirip dengan lidi dan juga cukup keras. Ada dua ras jajanan ini ada yang pedas dan ada juga yang asin.

Harganya cuman 500-an, dan karena bumbunya yang enak, saat lidinya sudah habis kalian pasti akan sedot itu bungkus sampai bumbunya abis, Pernah kan? Dan bahkan karena saking terkenalnya jaanan ini sekarang ada yang versi prasmanan lo, jadi kita bisa nentuin seberapa pedas atau asin lidi yang mau kita makan.

5. Telor Dadar bulet

Padahal goreng telor sendiri juga bisa, tapi nggak ada cetakan yang buat jadi bulet-bulet kayak jajanan ini. Dan waktu SD biasa sih bawa telor sendiri dari rumah terus minta gorengin selain dapet banyak hrganya juga lebih murah. Saking seringnya ngambil telor di rumah sampe-sampe ibu marah gara-gara telor di kulkas pada ilang semua.

Sekarang udah susah nemuin penjual telor ini, tapi kalo kalian pingin bernostalgia kalian bisa pergi ke warung takoyaki dan bilang ke penjualnya mas, mau goreng telor sebentar, mau nginget kenangan masa lalu.

Nah, demikianlah aneka jajanan anak SD yang mungkin hanya tinggal menjadi kenangan kita, yang pernah menemani kita saat masih SD dulu. Sebenarnya kami masih ingin berbagi banyak, tapi mungkin di lain waktu. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kalian inget masa-masa SD kalian yang bahagia.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply