Mau Tau Makanan Tradisional Indonesia?

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia?

Posted on

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia? Kalian orang asli Indonesia tahu tidak apa makanan tradisionalnya? Kalau belum tahu sekarang saya mau membahas tentang makanan tradisional Indonesia, makanan tradisional indonesia tidak kalah enak dengan makanan tradisional negara lain loh, makanan Indonesia perlu di coba.

Makanan tradisional Indonesia itu beraneka ragam, yuk simak lagi.

1. Gudeg

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia?

Tahu gudeg? gudeg merupakan makanan tradisional Indonesia, sejarahnya gudeg yaitu Pada saat jaman penjajahan Inggris ada warga negara Inggris yang menetap di yogyakarta dia mempunyai istri orang jawa.

Nah pada suatu hari istrinya memasak masakan turun temurun dari orang tuanya, dan masakan itu belum ada namanya. Suaminya pun memakannya dengan lahap dan suaminya berkata ” good dek “.

Dari situlah terkenal gudeg makanan khas yogyakarta, gudeg ini terbuat dari nangka muda atau biasa di sebut gori yang di rebus dengan suhu 100 derajat celcius selama kurang lebih 24 jam. Gudeg ini biasa di sajikan dengan menggunakan besek ( tempat dari anyaman bambu) atau kendil (guci dari tanah liat yang di bakar).

2. Rendang

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia?

Rendang merupakan makanan yang kaya akan rempah-rempah, rendang ini berbahan dasar daging, menggunakan karambia (santan kelapa), dan campuran bumbu-bumbu yang khas seperti : lengkuasa, kunyit, cabai, jahe, bawang dan bumbu-bumbu yang lainnya.

Rendang ini adalah masakan yang berasal dari sumatera barat yaitu Minangkabau, yang di temukan pada abad ke-19. Sejarah masakan padang ini bisa di temukan di catatan harian kolonel stuers.

Pada tahun 1827 banyak sekali implisit deskripsi kuliner yang mengarah pada rendang, rendang ini berasal dari kata “merandang”, yaitu memasak santan sampai kering secara perlahan.

3. Rawon

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia?

Bagi orang Jawa Timur tidak asing lagi dengan rawon, yaitu makanan berkuah yang berisi daging, kol, labu siam atau pepaya muda.

Rawon berkuah hitam itu karena kuahnya menggunakan bumbu yang khas yaitu bernama kluwek, meskipun di kenal masakan khas Jawa Timur di kenal juga dengan orang Jawa tengah (Surakarta).

Rawon di sajikan dengan nasi yang di lengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, daging sapi goreng (empal), kerupuk udang, sambal.

4. Nasi Liwet

Mau Tahu Makanan Tradisional Indonesia?

Nasi liwet atau di sebut juga sego liwet yaitu khas solo, nasi liwet ini menggunakan ayam dan telur kampung.

Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo, nasi liwet adalah nasi gurih yang yaitu dimasak dengan kelapa mirip dengan nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam maksudnya yaitu daging ayam dipotong kecil-kecil dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo biasanya memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan sampai dengan makan malam. Nasi liwet ini biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi).

Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabon yang hanya berjualan pada malam hari saja, siang hari tidak berjualan.

pedagang nasi liwet banyak sekali dijumpai di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Sudah tahu kan apa saja makanan tradisional Indonesia? sebenarnya masih banyak lagi tapi kita bahas kapan-kapan aja ya. Cobalah masakan tradisional dari Indonesia, kuliner Indonesia sangat menggoyangkan lidah kalian.

 

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply