Pesawat R80 Berbasis Turbo Mengejutkan Dunia

Posted on

Membangun sebuah pesawat industri bukan hal yang sangat mudah untuk dilakukan, Banyak sekali hal penting yang penting yang harus di perhatikan. Tetapi bagaimana pendapat kita jika Indonesia mau membuat pesawatnya sendiri? Hm…Mungkin kita mendengar ini yang kedua kalinya, memang membuat pesawat industri bukanlah hal pertamakli yang dilakukan oleh Indonesia. Sebelumnya Indonesia telah membuat pesawat N250, tapi sayangnya pesawat ini di hentikan oleh IMF pada 1998 dan semenjak itu industri pesawat Indonesia mulai menurun.

Tetapi pada 2015 angin segar berhembus di pesawat industri Indonesia, semua PT pesawat akan bekerjasama untuk membuat pesawat R80 berbasis turboprop, R80 merupakan pesawat komersil yang berbasis teknologi turboprop hasil dari perkembangan N250. Pesawat ini akan diperkpirakan terbang pada 2021. Engineer Indonesia yang tersebar dui seluruh Indonesia kabarnya juga terlibat dalam pembuatan pesawat ini, bahkan sampai rapat online-pun di lakukan guna mematangkan persiapan pembuatan pesawat R80 yang akan menjadi andalan utama Indonesia ini. Mungkin Kalian sudah tidak sabar dengan bagimana detail-detail dari pesawat ini, baik untuk lebih jelasnya mari kita lihat ulasan di bawah ini.

Hal ini bisa dikatakan cukup unik karena banyak produsen yang menginginkan pesawatnya itu berbasis Jet Engine, tapi berbeda dengan R80 mesinnya didesain dengan berbasis Turboprop Engine. Turboprop Engine adalah mesin turbin yang menggerkkan baling-baling pada pesawat, berbeda halnya dengan turbojet gas yang di dihasilkan oleh mesin tidak mengandung energi yang cukup untuk membuat suatu gerakan dorongan. Hal ini dikarenakan rata-rata semua kekuatan mesin di gunakan untuk menggerakan baling-baling pesawat.

Baling-baling ini dipasangkan dengan turbin yang melalui reduction gear yang mengubah output RPM tinggi dan torsi rendah menjadi RPM rendah dan torsi tinggi, bentuk yang sangat sederhana dari turboprop terdiri atas bagian compressor, combustor, turbine, dan propelling nozzle. Nantinya udara akan masuk kedalam intake kemudian ditekan dengan kompresor, setelah itu campuran udara dan bahan bakar dibakar dengan combustor. Kemudian gas panas akan mengembang melalui turbin.

Beberapa tenaga yang dihasilkan oleh turbin akan digunakan untuk menggerakan kompresor. Tenaga sisanya disalurkan melalui reduction gear untuk baling-baling, pengembangan dari dari gas lebih lanjut terjadi pada bagian baling-baling dan gas yang keluar akan menuju tekanan atmosfer. Mesin turboprop paling baik digunakan dengan kecepatan dibawah 725Km/h karena kecepatan jet dari baling-baling relatif rendah, tetapi keunggulan yang di miliki dari pesawat ini yaitu bisa melakukan take off dan landing dengan landasan yang lebih pendek sehingga kelebihan tersebut sangat bermanfaat bagi Indonesia karena banyak bandara Indonesia yang memiliki landasan yang minim.

Spesifikasi dan Kelebihan dari Pesawat R80

Speed

-Economical speed 290 Knots

-Maximum speed 330 Knots

Range

-Design range at 7600 kg payload 800 Nm

-Range at maximum payload 8,780 kg 400 Nm

Payload

-Design payload at 800 Nm 7600 Kg

-Maximum payload at 400 Nm 8780 Kg

Altitude

-Maximum cruis-ing aititude 25,000 Ft

-OEI altitude 17,500 Ft

Field Performance

-take off field length, ISA, SL 4,500 Ft

-Land-ing field length, ISA,SL 4,500Ft

Propultion

-Twin turboprops 4,600 shp

-Propeller diameter, 6 blades 13,5 Ft

Weight

-Maximum take off weight 27,500 Kg

-Operating Empty weight 16,900 Kg

Pesawat ini dirancang oleh sang Maestro pesawat yang berasal dari Indonesia yaitu B.J. Habibie dan anaknya ilham Habibpie, pesawat ini di perkirakan akan di jual sekitar US$ 20-25 juta. Dengan spesifrikasi yang sangat mantap dibanding dengan pesawat dqi kelasnya serta harga yang cukup ekonomis pesawat ini telah di pesan sekitar 125 buah meskipun ini masih dalam proses pembuatan dan baru akan di terbangkan pada 2021 . Tentu saja kita sebagai bangsa QIndonesia sangat bangga dengan adanya pesawat R80 karya anak bangsa ini.

 

 

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply