Al Fatihah

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al Fatihah

Posted on
Surat Al Fatihah
Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al Qur’an yang mempunyai banyak keutamaan dan sering disebut sebagai Ummul Qur’an atau induknya seluruh Al Qur’an. Rasulullah SAW bersabda : ” Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah diturunkan di Taurat, Injil, Zabur dan dalam Al Qur’an seperti itu, sesungguhnya ia adalah 7 ayat (surat Al Fatihah) yang diulang – ulang dan Al Qur’an yang agung yang diberikan padaku”. (HR. Tirmidzi 2800, shahih). Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga pernah bersabda : “bahwa membaca surat Al Fatihah sama saja membaca sepertiga dari Al Qur’an”.

Surat Al Fatihah juga merupakan bacaan yang wajib dibaca saat melaksanakan sholat sebagai syarat sahnya sholat. Keutamaan dan manfaat surat Al Fatihah sangat banyak, bukan hanya dalam urusan akhirat saja, tapi juga urusan dunia. Inilah beberapa manfaat dan keutamaan dari surat Al Fatihah.

1. Lidahnya Akan Selamat dari Panasnya Api Neraka

Api Neraka
Api Neraka

Menghindari dosa dari lisan sangatlah sulit, entah itu dosa yang di sengaja atau tidak di sengaja. Sehingga memungkinkan kita untuk terkena siksa api neraka meskipun itu hanya lidah saja.

Tapi, jika seseorang mau membaca dan mengamalkan Al Fatihah maka lidahnya akan dijauhkan dari panasnya siksa api neraka. Maka manfaat membaca surat Al Fatihah ini harus benar – benar kita amalkan. Agar kita terselamatkan dari siksa Allah yang panas dan mengerikan.

2. Bebas dari Kefakiran dan Berlimah Kebaikan

 

Rumah yang dibacakan surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas tidak akan di timpa kefakiran dan akan mendapat banyak sekali kebaikan. Membaca surat Al Fatihah juga akan mendatangkan kelapangan rizki dan kebaikan yang tidak henti – hentinya diberikan oleh Allah.

Jadi, selain rumah kita dijadikan tempat berteduh, berlindung, dan mencari ketenangan, rumah juga harus dijadikan tempat ibadah. Membaca Al Qur’an, sholat sunnah, dzikir, atau amalan – amalan lainnya yang bisa mendatangkan pahala.

3. Mendapatkan Keamanan dari Allah

Membaca surat Al Fatihah sebelum tidur dapat membuat seseorang aman dari segala hal. Segala hal yang di maksud di sini adalah semua yang mengancam dan membahayakan. Baik itu dari perbuatan manusia atau setan yang terkutuk.

Namun segala hal itu tidak termasuk maut, karena mati itu adalah takdir yang tidak bisa diubah, jika sudah waktunya kita tidak akan bisa mengundurnya atau memajukannya.

4. Seolah – Olah Menyedekahkan Emas di Jalan Allah

Orang yang membaca surat Al Fatihah tidak hanya akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT, namun juga sama halnya dengan sedekah sebegitu banyak nilainya. Jadi, bagi siapa saja yang tidak mempunyai rezeki untuk bersedekah, maka perbanyak – banyaklah membaca surat Al Fatihah.

5. Terbebas dari Siksa Kubur dan Tertutup Satu Pintu Neraka Untuknya

Seseorang yang mau membaca surat Al Fatihah, maka dia akan dijauhkan dari siksa kubur dan tertutup satu pintu neraka untuknya.

Sehingga bagi siapa saja hendaknya mengamalkan surat Al Fatihah untuk mempermudah jalannya menuju surga Allah SWT.

6. Akan Mendapatkan Pahala Sebagaimana Telah Membaca Semua Kitab Suci

Jika seseorang membaca Al Fatihah, maka dirinya akan diberi pahala sebagaimana orang yang telah membaca kitab Injil, Zabur, Taurat, Al Qur’an, Suhuf Ibrahim, dan Suhuf Idris sebanyak 7 kali. Padahal, ketika kita membaca Al Qur’an saja, itu pahalanya sudah sangat besar, apalagi jika ditambah dengan kitab – kitab yang lain.

Jika kita sudah tahu betapa banyak manfaat membaca surat Al Fatihah, maka kita hendaknya mengamalkannya setiap saat. Entah itu ketika ibadah wajib, sunah, atau ketika beraktivitas sehari – hari.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply