Kopi
Kopi

Jenis Jenis Kopi Manfaat dan Bahayanya Kopi Untuk Kesehatan

Posted on

Tidak asing lagi kopi banyak di gemari oleh pria dan wanita.Mungkin anda juga salah satu penggemar kopi?Minuman yang kononnya bisa mengurangi ras kantuk ini yang sangat umum terutamanya di masyarakat indonesia.Kopi pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1696 dari jenis Arabika.Kopi ini masuk melalui  Batavia atau sekarang disebut Jakarta yang dibawah oleh komanadan Pasukan dari Belanda Adrian Van Ommen dari Malabar di India, dan kemudian ditanam dan dikembangkan di tempat sekarang dikenalnya Pondok Kopi di Jakarta Timur.

Kopi apa yang anda suka?kopi arabika, luwak atau yang lain?Nih, Beberapa Jenis Kopi yang ada didunia :

  • Kopi Arabika.

Jenis kopi ini adalah salah satu jenis kopi yang paling banyak ditanam didunia.Dan Sekarang, Anda bisa menikmati olahan dari kopi Arabika yang sudah dikembangkan menjadi sajian kopi Italia seperti cappuccino, latte, dan espresso, mocca.

  • Kopi Luwak.

Kopi ini Kopi yang diduga-duga sebagai kopi yang paling enak.Kopi Luwak ini berasal dari hewan luwak, mengkonsumsi biji kopi yang mana kopi itu terbuang sendiri bersamaan  dengan ampas kotoran hewan luwak itu.Kopi ini terkenal dengan kualitasnya.

  • Kopi Robusta.

Kopi Robusta sama seperti  kopi Arabika, kopi yang paling banyak di produksi didunia.Kopi robusta dibandingkan dengan kopi arabika.Kopi robusta ini lebih mudah dibudidayakan , karena apa tanamanya kuat dan tahan terhadap penyakit dan hama-hama.

  • Kopi Liberika.

Rasa kopi liberika bisa dikatakan seperti perpaduan antara kopi Arabika dengan kopi Robusta , yang sering diolah menjadi latte, espresso, dan cappuccino.

  • Kopi Toraja.

Kenapa disebut kopi toraja, karena kopi jenis arabika tumbuh di dataran toraja di sulawesi selatan.Biasanya diolah menjadi kopi tubruk dan kopi susu.

  • Kopi Kolombia.

Kopi ini masih tergolong kopi arabika dan diperkenalkan pertama kali di kolombia pada tahun 1800an.Biasanya kopi ini disajikan menjadi kpoi hitam dan pemberi aroma pada cake kopi.

  • Kopi Lintong.

Kopi Lintong sama seperti kopi Kolombia, yang mana masih termasuk jenis kopi Arabika.Kopi ini juga dari negri kita yaitu dari daerah Mandailing di Sumatra Utara.Biasanya disajikan sebagai kopi hitam.

  • Kopi Kona.

Kopi Kona ini merupakan jenis kopi yang paling mahal harganya, dibandingkan dengan jenis kopi lain.Kopi ini paling banyak diproduksi di Hawaii dan memiliki kafein paling tinggi di bandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis Kopi apa yang paling sering anda Minum?

Kopi Indonesia
Kopi Indonesia

Manfaaat Kopi :

Kopi yang memiliki kafein yang rendah dapat berfungsi sebagai  bahan pembangkit stamina dan penghilang atau penghambat rasa sakit.Dlam ilmu Dokter, kafein digunakan sebagai perangsanag kerja jantung dan meningkatkan kerja urin dalam tubuh.

Yang mana kafein itu menimbulkan tubuh tidak lagi mengantuk, mucul perasaan segar, sedikit gembira, jantung berdetak lebih kencang, mata melebar lagi, tekanan darah naik, dan lainnya.

Bahayanya Kopi :

Kopi itu efek salah satunya bisa ketergantungan atau kecanduaan.Kopi ternyata bisa meningkatkan terjadinya stroke.Jika anda meninum 5 gelas kopi dalam sehari itu dapat meningkatkan resikonya terjadi dinding pembulu darah anda rusak.Kafein juga menyebabkan insomnia loh, mudah gugup, merasa tegang, sakit kepala, dan cepat marah, dan untuk ibu hamil disarankan tidak mengkonsumsi kopi, yang mana kafein bisa meningkatkan denyut jantung.Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk kedalam sirkulasi darah janian, dan dampak buruknya bisa kekuguran.

Minumlah kopi secukupnya, agar anda tetap bisa menikmati kopi setiap harinya.

“Kopi yang paling pahit, Kopilah dia dari pada aku”.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply