Gerakan Pungut Sampah
Gerakan Pungut Sampah

Ayo! Gerakkan Aksi GPS (Gerakan Pungut Sampah)

Posted on

Banyaknya sampah yang menumpuk di jalanan dan kurangnya kesadaraan manusiawi zaman sekarang akan kebersihan. Dan kurangnya tanggap pemerintah akan hal ini sehingga membuat lingkungan yang harusnya bersih tanpa polusi sampah menjadi penuh polusi. Saat ini di daerah tempat saya tinggal yaitu di Lamongan memang tidak terlihat sampah berserakan akan tetapi tidak adanya tempat pembuangan sampah sehingga warga sekitar membuangnya ke aliran sungai dan hal inilah yang membuat lingkungan bersih menjadi kotor. Bahkan bukan hanya di daerah saya tinggal ini banyak juga daerah lain yang kondisinya seperti ini bisa jadi lebih parah. Nah disini saya akan mengingatkan kembali akan kesadaran manusiawi di berbagai daerah, bukan hanya daerah Bandung saja yang memiliki aturan Gerakan Pungut Sampah, dalam diri kita sendiri juga harus tertanam aturan yang seprti itu.

Dalam kesehari-harian kita sering membeli barang yang instan dan bungkusnya langsung dibuang, hal inilah yang harus diperhatikan ketika kita membeli sesuatu dan bila barang itu tempatnya perlu dibuang maka tanpa harus disuruh dan ada paksaan orang lain harus tetap membuangnya pada tempat yang benar dan dipisahkan sesuai sampahnya yaitu organik atau an-organik.

Sampah adalah barang yang selalu ada di dalam kehidupan manusia karena pada hakikatnya manusia tidak bisa terlepas dari sampah. Oleh karena itu kita sebagai manusia mempunyai tuntutan untuk menemukan solusi bagi sampah itu sendiri.

Ada suatu daerah yang saya kenal dan saya pernah bertempat disana, dan ada peraturan yang dibuat di Desa itu yaitu GPS (Gerakan Pungut Sampah) disan setiap warga wajib membuang sampah pada tempatnya, dan apabila warga tersebut tidak membuang sampah pada tempatnya akan terkena denda, denda ini memang tidak terlalu berat bahkan juga mendapatkan pahala yaitu istighfar 10ox dan mengambil sampah disekitarnya 10 biji. Hal ini berjalan sangat lancar dan menjadikan desa tersebut terlihat bersih dan nyaman sehingga ketika ada pengunjung yang mendatangi desa tersebut mendapat kesan yang indah akan desa tersebut bukan hanya warga yang dihimbau untuk melakukan peraturan ini pengunjungpun juga harus menetapi peraturan ini.

Buang Sampah pada Tempatnya
Buang Sampah pada Tempatnya

Bukan hanya peraturan yang dibuat akan tetapi pelaksanaannya juga ada yaitu dengan adanya tong-tong sampah di setiap sudut desa dan tong sampahnya disediakan menjadi dua yaitu an-organik dan organik, di sanapun juga sudah banyak ditanami pohon-pohon agar selalu terasa sejuk. Dan alhamdilillah tempat itu semakin bersih dan terjaga karena warganya mentaati peraturan tersebut dan semakin banyak pendatang yang ingin melihat desa tersebut, pendatang yang datang bukan hanya dari dalam negeri saja akan tetapi juga dari mancanegara. Hebat bukan, oleh karena itu ayo kita semua mnyadarkan diri akan kebersihan sehingga daerah kita masing-masing terlihat bersih dan indah, dan jangan lupa untuk memilah sampah ya! Tempat yang saya sebutkan diatas terletak di daerah Kabupaten Jombang Kecamatan Perak Desa Gadingmangu di daerah itu mempunyai  5 menara yang sangat bagus maka dari itu banyak yang ingin berkunjung di sana.

Jika daerah teman-teman semua memiliki aturan yang sama hendaknya mentaatinya dan saling mengingatkan kepada teman yang membuang sampah sembarangan karena sampah yang kita buang itu akan sangat bahaya untuk lingkungan itu sendiri, meskipun anda berfikir “sampahnya cuman secuil kok nggak akan ngaruh” STOP! Berfikiran seperti itu karena ada pepatah yang mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” memang anda semua ingin daerahnya menjadi bukit sampah? Tentunya tidak kan. Sampah itu menimbulkan berbagai penyakit dan juga menimbulkan bencana yaitu banjir, mungkin teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan kata banjir karena sudah banyak sekli daerah-daerah yang ada di Indonesia terkena banjir, penyebab utamanya apa? Penyebab utamanya adalah sampah karena sampah itulah kita juga harus menjaga kesehatan diri kita. Jadi bisa diambil kesimpulan kalau sampah itu hal yang harus dibersihkan dalam hidup kita agar kita selalu terhindar dari bencana dan penyakit.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply