Apa Itu Demokrasi Liberal

Posted on

Demokrasi Liberal adalah sebuah sistem politik yang menganut sistem kebebasan individu. Sistem ini memberikan kebebasan penuh kepada tiap-tiap individu. Keputusan yang diambil dalam sistem ini adalah sepenuhnya dari mayoritas (dari perwakilan atau langsung), dan diberlakukan untuk sebagian besar bidang-bidang kebijakan pemerintahan yang tunduk pada batasan-batasan supaya hasil keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan hak dari individu yang telah tercantum dalam konstitusi.

Sistem Demokrasi ini banyak diterapkan di negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Britania Raya dan Kanada. Sistem Konstitusi yang ada dan biasa digunakan bisa dalam bentuk republik, sistem parlementer.

Sistem Demokrasi Liberal merupakan sistem lembaga dalam pemrintahan yang terdiri dari presien dan ditambah dengan DPR. Dalam sistem ini mereka memiliki kebebasan berpendapat dalam menentukan kebijakan publik tentunya juga untuk kepentingan publik dengan tanpa memperhatikan nilai-nilai atau norma budaya, moral dan agama secara modern.

Demokrasi Sistem Liberal sangatlah terkait dengan perkembangan kapitalisme. Menurut Macphrson sistem demokrasi seperti ini hanya akan tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat yang relatif tinggi mengenai perkembangan kapitalismenya. Sehingga bisa kita sketahui bahwa Demokrasi Liberal berhububungan dengan perkembangan kapitalisme.
Prinsip-prinsip Demokrasi Liberal, yaitu :

1. Prinsip Kebebasan Individual

Prinsip ini tentunya sangatlah enting karena merupakan hak setiap individu untuk menentukan sesuatu. Dengan adanya kebebasan individu mereka akan dapat menemukan jati dirinya sebagai seseorang yang kritis, kreatif, kaya akan inisiatif dan masih banyak lagi. dengan memiliki kebebasan individu seseorang btidak akan merasa terkekang atau takut berpendapat.

2. Kontrak Sosial

Michael Margolis mengatakan bahwa kontrak sosial merupakan sebuah pandangan politik yang sangat liberal. Kontrak sosial juga lebih mengutamakan hak-hak warga negara dan juga memberikan pembenaran politis untuk pembuatan lembaga yang dibentuk sekehendak rakyat seperti di Inggris,dan Amerika Serikat.

3. Demokrasi Libral Menganut Prinsip Masyarakat Pasar Bebas

Dalam sistem demokrasi ini segala yang dianggap berpengaruh bagi kehidupan individu atau rakyat banyak yang ditentukan spenuhnya oleh negosiasi, atau proses tawar menawar individu yang bersangkutan.

Indonesia juga pernah menerapkan sistem pemerintahan ini sekitar tahun 1950-1959, sesuai dengan konstitusi yang bberlaku pada waktu itu adalah Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Pada tahun itu juga terdapat dua partai politik yang paling kuat yaitu PNI dn Masyumi. Kedua partai tersebut secara bergantian trus memimpin kabinet dan hasilnya itu menimbulkan ketidakstabilan dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan juga bidang keamanan.

Ciri-ciri Demokrasi Liberal, yaitu :

1. Presiden dan wakil presiden tidak dapat diganggu gugat.
2. Mentri bertanggung jawab atas kebijakan pemeintah.
3. Presiden bisa dan berhak membubarkan DPR
4. Perdana menteri diangkat oleh presiden.

Keadaan Ekonomi Indonesia Masa Liberal

Karena ketidakstablan kabinet membuat perekonomian Indonesia juga tersendat.

Setelah mendapat pengakuan kemerdekaan dari Belanda, beban ekonomi menjadi tanggung jawab Indonesia, beban berupa hutang luar negri 1,5 triliun dan utang dalam negri 2,8 triliun. Politik keuangan yang digunakan oleh Indonesia merupakan rancangan Belanda sehingga Indonesia hanya melanjutkan. Banyaknya gerakan-gerakan pemberontakan. Sering bergonta-gantinya kabinet juga mengakibatkan program-program yang telah direncanakan selalu gagal karena setiap kabinet memiliki rencana masing-masing. Banyaknya aksi-aksi berbahaya yang dapat mengganggu keamanan membuat pemerintah harus terus mengeluarkan biaya untuk operasi-operasi keamanan.

Setelah beberapa kali mengalami pergantian sistem demokrasi akhirnya kini Indonesia menganut sistem pemerintahan Presidensial. Sistem pemerintahan yang beanti-ganti tersebut bertujuan untuk melakukan beberapa perubahan untuk menghilangkan kelemahan yang ada dalam sistem tatanan pemerintahan Indonesia.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai apa itu demokrasi liberal. Semoga bisa bermanfaat jika terdapat salah penjelasan mohon perbaikannya.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply