Minuman Isotonic
Minuman Isotonic

Dampak Minuman Isotonic bagi Tubuh

Posted on

Di zaman sekarang banyak berbagai merk minuman yang menyegarkan lagi menyehatkan, seperti air putih yang baik akan kesehatan ginjal dan memperlancar aliran darah, tapi masih ada air yang menyehatkan yaitu air yang mengandung isotonic, air isotonik ini mudah di dapatkan di toko-toko, supermarket, mol-mol dan bebagai merk yang menjual minuman isotoni. Menurut penelitian minuman isotonic ini cukup baik untuk orang yang gemar berolahraga, karena orang yang berolahraga dari 1 jam lebih banyak kehilangan ion-ion aktiv dan orang yang gemar berolahraga juga  membutuhkan energy yang banyak, orang yang berolahraga sangat membutuhkan banyak asupan karbohidrat dan asupan protein. Karena karbohidrat dan protein mengandung energy yang banyak.

Pada tahun 1998, BSN menjelaskan bahwa minuman isotonic merupakan produk minuman yang ringana akan karbonasi dan nonkarbonasi untuk meningkatkan kebugaran tubuh yang mana mengandung mineral, asam sitrat dan mengandung gula. Isotonic ini digunakan untuk minuman yang memiliki nilai osmolaritas  yang mirip dengan cairan dalam tubuh ( darah ) yaitu sekitar 280 kg air. Isotonic berasal dari kata iso yang artinya sama dan tonik yang maksudnya tekanan, dengan kata lain minuman isotonic adalah minuman yang memiliki tekanan yang sama dengan cairan tubuh ( darah ), peran minuman isotonic ini sama dengan peran air dalam tubuh.

Minuman isotonic memiliki banyak minenal, mineral ini berguan untuk tubuh agar jauh dari penyakit, di dalam mineral mengandung natrium, kalsium, magnesium, kalium, kalsium dan karbohidrat. Manfaat utama dari minuman isotonic ini yaitu cepat mengganti ion-ion atau elektrolit tubuh yang hilang karena berolahraga atau hal yang lainya.

Aktivitas yang berat seperti senam atau berolahraga lainya, olahraga banyak membutuhkan energy yang banyak dan olahraga juga menghilangkan energy, energy itu di keluarkan melalui keringat, dari keringat itu membuat tubuh panas dan membuat tubuh cepat kehilangan energy, maka untuk mengembalikan energy yang hilang yaitu dengan meminum minuman yang mengandung isotonic.

Setiap makanan pasti mengandung hal-hal yang baik, tapi harus di konsumsi denagn jumlah yang benar dan tifdak berlebihan dalam mengkonsumsinya, hal itu sama dengan minuman isotonic, minuman isotonic tidak di anjurkan untuk anak di bawah umur, orang yang sudah lanjut usia dan orang yang mempunyai penyakit hipertensi. Karena pada minuman isotonic mengandung natrium yang cukup tinggi, jika usia lanjut mengkonsumsi minuman isotonic mudah terserang penyakit hipertensi.

demikian informasi yang dapat saya bagi dengan anda, semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply