20 Tempat Wisata Di Jawa Timur Yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Jawa timur merupakan provinsi yang paling luas di pulau jawa,dengan kondisi geografis yang sangat beragam seperti: gunung,laut hutan rimba pun masih ada di jawa timur.karena jawa timur masuk catatan penting dalam sejarah Indonesia,dan menjadikan jawa timur  memiliki wisata yang sangat beragam,jadi kita dapat memilih sesuai dengan selera hati.bagi anda yang suka denga wisata sejarah seperti situs trowulan masjid cheng ho serta beberapa museum yang ada di Surabaya dan malang yang anda bisa pilih.atau anda yang suka dengan wisata alam seperti air terjun hutan gunung di jawa timur adalah pilihan yang tepat untuk wisata alam.

Dan kota kota yang ada di jawa timur memiliki banyak tempat wisata seperti: Malang, Batu,  Bondowoso, Pulau Madura, Kediri, Madiun, Surabaya, Lamongan, dan masih banyak lagi tentunya.tidak wisatanya saja yang terkenal namun kuliner yang ada di jawa timur juga banyak yang di cari wisatawan dari berbagi provinsi.sebelum anda berkunjung kewisata yang ada di jawa timur,sebaiknya anda membuat anggaran yang harus di keluarkan lalu wisata mana saja yang harus di kunjungi,dan anda harus menginap bersama keluarga anda di mana.hal seperti itu kalau anda sudah rencanakan pasti liburan anda akan menyenangkan dan berjalan lancar.

Dan berikut tempat wisata yang ada di jawa timur yang wajib anda kunjungi, antara lain:

Wisata popular di jawa timur

  1. Wisata Gunung Bromo

Siapa yang belum kenal dengan gunung bromo? pastinya anda sudah tau. Gunung api yang masih aktif ini berada di empat wilayah sekaligus yaitu di kabupaten malang, pasuruan, lumajang dan probolingo. Gunung bromo ini juga bisa di katakana sebagi ikon kota malang,jika anda berwisata kegunung ini pasti anda akan di suguhi dengan terbitnya matahari yang sangat indah dari timur.dan banyak orang di pagi hari yang berkumpul di pagi hari hanya untuk melihat terbitnya matahari.suhu yang dingin saat pagi hari membuat wisatawan yang ingin melihat terbitnya matahari  harus memakai baju yang hangat.

gunung bromo
gunung bromo

Selain terbitnya matahari di pagi hari.di bawahnya terdapat gurun pasir yang tidak berujung kenapa di bilang tidak berujung karena sangat luas.di hari hari tertentu gunung ini juga di gunakan masarakat sekitar seperti ritual ritual.

  1. Jatim Park

Saat ini daerah daerah membangun wahana wahana air untuk melengkapi sector wisata didaerahnya.jika di lamongan ada wisata bahari lamongan yang cukup besar,kalau di kota batu yaitu jatim park.bagi anda dan keluarga mau berkunjung ke jawa timur jangan lupa untuk mengunjugi jatim park ini dulu.

jatim park
jatim park

Jatim park adalah tempat rekreasi  juga teman belajar yang di dalamnya ada banyak wahan airnya.ada 36  jenis permainan di dalamnya yang anda bisa coba,permainan tersebut adalah ikonyadari  provinsi jawa timur.

tempat wisata ini terletak di kota batu jawa timur,jika di tempuh dari kota malang kira kira 20 km.ayo buruan main ke jatim park.

  1. Telaga Sarangan

Telaga sarangan adalah wisata alam yang ada di  kaki gunung lawu,tempat wisata ini tidak kalah lo pengunjungya dengan wisata lain.kemurnian dan kalamian telaga sarangan yang menjadikan keunikan danau ini.

telaga sarangan
telaga sarangan

Bagi anda yang mengajak anakanya berwisata kesini agar di awasi dengan sunguh sunguh karena danau ini memiliki luas 30 hektar dan kedalaman 28 meter,jadi bagi orang tua yang menajak putra atau putrinya yang masih kecil terutama yang masihTK supaya di awasi dengan sunguh sunguh.Telaga sarangan berlokasi kurang lebih 16 KM dari kota magetan.

  1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Pantai pasir putih yang ada di Situbondo adalah tujuan wisatawan yang sedang berkunjung di jawa timur.di namakan pasir putih karena pasirnya bewarna putih bukan seperti pantai lain yang coklat atau pun hitam.

pantai pasir putih situbondo
pantai pasir putih situbondo

Koral dan aneka warna dan ikan yang sedang kesana kesini di terumbu karang,pemandangan ini yang sangat indag dan enak dilihat sambil bersantai santai,tidak itu saja pasir putih ini memiliki topografi yang lain dari yang lain,karena bentuk pantai sangat unik yaitu bentuk yang melengkung ke laut.

Pantai pasir putih berada di desa pasir putih, kecamatan bungatan, kabupaten situbondo.dan pantai ini berbatasan lansung dengan selat Madura di bagaian utaranya.

Barisan pohon cemara,kelapa dan pohon jati yang ada pada pingir pantai menambah nuansa sejuk pantai pasir putih ini,dan ada beberapa satwa yang tingal di sederet pepohonan tersebut yang meminta makanan dari pengunjung. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang mau berlibur ke jawa timur.

  1. Kawah Ijen

Banyuwangi memiliki destinasi wisata ungulan yaitu kawah ijen.karena kawah ijen mempunyai potensi wisata,dan pemerintah banyuwangi cukup cekatan dalam mempromosikan pariwisata yang ada di banyuwangi,fstifal yang dilakukan setiap tahun secara rutin.

kawah ijen
kawah ijen

Pemandangan unik dan sangat langka yaitu berupa blue fire dari cairan belerang yang membuat kawah ijen ini menjadi terkenal.pemandangan tersebut sngat indah jika di lihat waktu malam hari.kawah ijen ini terdapat pada gunung ijen

  1. Pantai Balekembang

Tanah lot nya malang orang orang menjuluki pantai balekambang ini.karena ada sebuah pulau karang yang kira kira bejarak 10 meter  yang di pulau tersebut ada pura yang masih aktif di buat sembhyang umat hindu.dari sekian pantai yang ada di malang pantai ini yang paling ramai di kunjungi dan pantai sendang biru karena kecoklatan pasir dan ombak yang cukup tinggi.

pantai balekambang
pantai balekambang
  1. Air Terjun Coban Rondo

Coban rondo adalah air terjun yang berada di Kecamatan pujon malang, yang kira kira jarak dari kota malang 25 KM.air terjun ini berada di ketinggian 1135 meter di atas permukaan laut,dan air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter.air terjun ini sangat ramai dikunjugi wisatawan Karena murah dan sangat indah pemandanganya.

air terjun coban rondo
air terjun coban rondo
  1. Pemandian Air Panas Cagar

Sekitar 20 KM jarak pemandian ini dari kota batu.terdapat beberapa kolam yang berbeda di pemandian ini yaitu kolam kecil,kolam besar dan pemandian khusus wanita.tempat ini cukup ramai di datangi wisatawan meskipun tidak fasilitas tidak mewah namun memenuhi kebutuhan.

pemandian air panas cagar
pemandian air panas cagar
  1. Wisata Bahari Lamongan

Selain jatim park wisata bahari lamongan juga wisata air yang unggulan jawa timur,wisata bahari lamongan memiliki wahana yang bertemakan hiburan lautan.wisata ini memiliki banyak wahana,

wisata bahari lamongan
wisata bahari lamongan

Wisata bahari lamongan banyak di kunjungi karena tempat wisata ini berada teepat di pinggir laut.

  1. Goa Maharani Lamongan

Selain wisata bahari lamongan.lamongan juga memiliki goa maharani yang berdepetan langsung dengan wisata bahari lamongan.goa ini berlokasi di kecamatan paciran,yang memiliki ukuran 2500 meter.goa ini menawarkan keindahan batu batuan unik, stlakmit dan stalakit.

goa maharani
goa maharani
  1. Musium Angkut

musium angkut
musium angkut

Museum angkut adalah tempat wisata yang sedang ramai ramainya di kunjungi anak muda.karena spot di museum ini yang instragamable membuat yang mereka suka eksis di sosmed tertarik kesini.musium ini terletak di kota batu,saat kita berkunjung ini kita bisa bersenang senang sekaligus belajar yang berkaitan dengan transportasi.

  1. Batu Night Spectaculer

batu night spectacular
batu night spectacular

Dan masih sama yaitu dari kota batu. Batu Night Spectaculer atau bias any sering di sebut BNS.tempat ini memang spectacular sesuai dengan namanya.tempat ini cocok untuk berlibur dengan keluarga karena tempat ini berada pada pegunungan menjadikan tempat ini berbda dengan yang lain. Bns ini juga memiliki banyak wahana dari yang buat anak kecil, yang biasa biasa saja sampai dengan yang menguji adrenalin.

  1. Situs Bersejarah Trowulan

situs bersejarah trowulan
situs bersejarah trowulan

karena Indonesia dulu sebuah kerajaan kerajaan,majapahit merupakan kerajaan yang pernah Berjaya di Indonesia dan berpusat di jawa timur.dan setelah runtuh banyak warisan warisan peningalan kerajaan majapahit yang masih tertingal contohnya situs Trowulan yang berada di Mojokerto.bagunan peninggalan ini berupa candi yang yang terbuat dari batu merah.jangan anggap remeh situs peninggalan ini perlu anda ketahui situs trowulan ini di masukan oleh UNESCO ke salah satu warisan dunia lo.

  1. Masjid Cheng Ho

masjid cheng ho
masjid cheng ho

Karena surabya ibukota dari jawa timur tentunya pemerintah berfikir supaya menjadi penjelajahan wisata di jawa timur.masjid cheng ho merupakan kerukunan umat islam.dan pembangunan masjid ini supaya menarik wisataan religi.dan di bangunya ini adalah merupakan bukti penghargaan untuk laksamana cheng ho yang dulu saudagar  dari cina yang pernah sukses di Indonesia  dan laksmana itu beragama islam yang di sukses pada abad 15.masjid ini di bangun pada tahun 2001. Selain di Surabaya masjid ini juga bisa di temui di Sumatra selatan, dan Palembang.

  1. Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna
pantai tiga warna

Jika anda ingin berkunjung ke pantai di jawa timur ang indah pantai Tiga warna ini bisa jadi pilihan anda.ombak yang tenang, degradasi yang menawan dan pantai putih bersihtentunya menjadikan pantai ini pantai terindah di kota malang.tetapi jika anda ingin berkunjung ke sini anda harus mengurus perijinan terlebih dahulu karena pantai ini masuk kawasan yang di lindungi.dan untuk menjaga kelestarian biokrasi pantai tiga warna ini.

  1. Goa Gong

goa gong
goa gong

Goa Gong ini terdapat di kabupaten pacitan.dan pacitan memiliki kota seribu goa karena di pacitan terdapat banyak goa.salah satunya adalah goa Gong.goa Gong ini memiliki pemandangan lebih indah daripada goa goa yang lainya karena terdapat ukiran ukiran alami di dalamnya beserta stalaktit dan stalakmit.goa gong ini memiliki panjang sekitar 300 meter.

  1. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah
pantai pulau merah

Pantai salah satu tempat wisata yang paling umum di banyuwangi.mungkin karena banyuwangi yang bersebelahan dengan bali yang menjadikan banyuwangi pantainya indah seperti bali.dan pantai pulau merah adalah pantai yang paling di kota banyuwangi.garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 3 km dan di hiasi deretan paying beserta kursi yang siap untunk anda yang mau besantai di pantai pulau merah.di depan bibir pantai terdapat pulau dan di tambah pasir yang putih kecoklatan yang mempercantik pantai ini.pantai ini berjarak 60 km dari kota banyuwangi.

  1. G-Land

g-land
g-land

Jika anda ingin surfing di jawa timur dengan dengan pantai yang bagus  G-Land adalah pilihan yang tepat.dengan plengkunganya atau juga sering di sebut G-Land  menjadikan pantai ini pantai terbaik untuk surfing di jawa timur.pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dan berlapis lapis. Tinggi ombak di pantai ini mencapai 6 meter.jika anada tertarik ingin kesini bisa di akses dari banyuwangi dan bali.

  1. Pulau Bawean

pulau bawean
pulau bawean

Pulau bawean terletak di sebelah utara pulau jawa,secara administrative pulau bawean masih masuk di kabupaten gresik.pulau ini berpebghuni dan memiliki potensi wisata yang cukup baik.namun pulau ini masih asing di telinga,namun di pulau ini ada daya tarik tersendiri berupa rusa yang hamper punah dan hanya masih ada di pulau bawean yang di sebut sura bawean.

  1. Eco Green Park

Kita kembali lagi ke kota batu. Eco green park ini merupakan peaduan wisata alam,seni,lingkungan dan kebudayaan. Tempat ini memiliki luas 5 hektar dan bersebelahan dengan jatim park 2. Di eco green park kita bisa bersenang senang dan belajar.

Eco green park
Eco green park

Berikut spot wisata wisata yang ada di jawa timur tergantung anda mau berlibur kemana.pilihlah wisata yang cocok dengan keluarga anda jika rekreasinya bersama keluarga.berikut informasi dari saya semoga bermanfaat.

 

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply