Gejala Kanker Otak

Ketahui Gejala Kanker Otak Sejak Dini!

Posted on

Kanker otak merupakan tumor otak ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke seluruh otak dan tulang belakang. Tapi tidak semua tumor otak dikategorikan ganas dan bisa dinyatakan sebagai kanker. Tumor otak ada yang tergolong jinak dan tidak mudah menyebar ke seluruh otak.

Tumor otak adalah pertumbuhan sel-sel otak yang melebihi batas dan tidak terkendali. Menurut asalnya, tumor otak terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang memang berasal dari otak dan menyebar ke seluruh otak, sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lain yang menjangkit ke otak. Di bawah ini saya akan menyebutkan beberapa gejala tumor otak yang perlu anda ketahui, jikalau anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, segera cek kesehatan anda dan pastikan anda terkena tumor otak atau tidak.

Beberapa Gejala Tumor Otak Adalah:

1.Sering Sakit Kepala

Sakit kepala adalah gejala kanker otak yang paling umum terjadi. Namun tidak semua sakit kepala menjadi gejala kanker otak. Sakit kepala yang menjadi gejala kanker otak adalah sakit kepala yang belum pernah atau jarang anda alami tapi akhir-akhir ini anda sering mengalaminya. Sakit kepala yang sangat parah dan biasanya diikuti dengan gejala-gejala lain seperti mual, muntah, dan pusing. Sakit kepala saat bangun pagi dan diikuti rasa mual, tapi membaik saat siang hari juga merupakan gejala kanker otak.

2.Muntah-Muntah

Muntah-muntah di pagi hari tanpa diawali rasa mual tapi diawali sakit kepala yang sangat parah juga merupakan salah satu gejala kanker otak. Muntah dan sakit kepala adalah dua penyakit yang sering ditemui. Sehingga sulit dibedakan antara gejala sakitt biasa atau tumor otak.

3.Perubahan Mental

Tumor menyebabkan otak tidak berfungsi dengan baik dan berdampak pada mental. Ciri-ciri perubahan mental sebagai gejala kanker otak adalah gangguan konsentrasi, memori mudah memudar, sulit untuk memahami sesuatu, perubahan tingkah laku, dan penigkatan intensitas tidur.

4.Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan disebabkan oleh tumor otak yang menjangkit ke syaraf penglihatan. Sebanyak 46% penderita kanker otak mengalami hal ini. Gangguan penglihatan yang dikategorikan sebagai gejala kanker otak adalah penglihatan mulai kabur, melihat lampu terang seperti melihat lampu berkedip, dan kehilangan teks ketika membaca bahkan kebutaan.

5.Kejang-Kejang

Kejang-kejang disebabkan karna aktifitas motorik pada otak tidak bekerja normal. Sebanyak 36% penderita kanker otak mengalami hal ini. Karakteristik kejang penderita kanker otak adalah: serangan terjadi tanpa ada tanda-tanda, kehilangan kesadaran pada tubuh dan kontraksi otot, fungsi tubuh tidak dapat terkontrol dengan baik, tidak bernafas dalam waktu yang singkat atau sekitar 30 detik, kejangnya tidak terlalu lama, setelah mengalami kejang, penderita mengalami kantuk, sakit kepala, sakit otot, kebingungan, kelemahan singkat atau mati rasa.

6.Kesulitan Saat Bergerak

Tumor pada otak akan membatasi fungsi otak normal manusia, maka dari itu 42% penderita kanker otak mengalami hal ini. Contoh dari kesulitan bergerak dikarenakan kanker otak adalah kehilangan keseimbangan, sulit berkoordinasi ketika bergerak, sering bersandaran di dinding atau tersandung saat berjalan.

7.Ketidaksadaran

Gejala ini adalah efek lanjut atau kronis dari tumor otak jika telah mencapai stadium lanjut. Ketidaksadaran dialami setidaknya 14% dari penderita kanker otak. Tumor yang bersarang di otak jika semakin lama semakin besar maka akan mengakibatkan penderita kehilangan kesadaran, mudah lupa, dan ketidaktahuan tentang lingkungan sekitar.

8.Demensia

Demensia (gejala-gejala sekelompok penyakit yang mempengaruhi otak) biasa dialami oleh 14% penderita kanker otak.

9.Gangguan Kesadaran

Gangguan kesadaran yang dimaksud adalah sering terkejut, sering lupa dengan apa yang telah dilakukan, dan sering bengong.

10.Demam

Penyakit umum ini memang tidak disangka sebagai tanda awal kanker otak ganas, ada sekitar 6% penderita kanker otak yang mengalami gejala ini. Saat anda demam, segera periksakanlah kondisi kesehatan anda.

11.Kehilangan Sensasi

Hilangnya sensasi ini dikaitkan oleh perkembangan fungsi otak yang terganggu oleh tumor. Otak tidak dapat berfungsi dengan baik dan menyebabkan pikiran tidak bisa berkembang. Sebanyak 4% penderita kanker otak mengalami gejala ini.

12.Anorexia/Kehilangan Nafsu Makan

Sekitar 4% penderita kanker otak mengalami anorexia, tapi saat ini belum banyak penelitian yang mengaitkan anorexia dengan gejala tumor otak.

13.Penurunan Berat Badan

Masih belum dapat dijelaskan secara mendetail kenapa berat badan yang terus menurun menjadi gejala kanker otak. Namun hal ini dikaitkan dengan salah satu gejala di atas yaitu anorexia, dan disinyalir karna kemampuan seseorang yang sudah tidak normal  dan berdampak pada metabolisme tubuh yang tidak normal lagi.

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply