wisata di jogjakarta
wisata di jogjakarta

20 Tempat Wisata Di Yogyakarta

Posted on

20 Tempat Wisata Di Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini, Jogja adalah kota yang penuh akan berbagai budaya, tradisi, maupun tempat wisatanya yang sering di kunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara. Selain itu Jogja adalah salah satu daerah yang kaya akan keunikannya yang sangat mempesona dan sangat menarik bagi wisatawan untuk berkunjung ataupun berlibur ke Jogja. Selain itu, kota Jogja yang memiliki seorang pemimpin yang di sebut Sultan. Untuk merasakan sensasi yang berbeda anda juga bisa berkunjung ke desa – desa wisata yang berada di sleman, kulonprogo, bantul, dan juga gunung kidul. Perlu anda ketahui bebrapa wisata yang ada di kota Jogja.

Beberapa Tempat Wisata Yang Ada Di Jogjakarta.

1.Candi Borobudur

candi borobudur
candi borobudur

Candi Borobudur adalah candi yang bisa di bilang menyimpan banyak sejarah yang memiliki nilai seni dan pesonan yang anti dan juga sangat menarik. Candi ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang sedang ber wisatan atau berkumjung ke kota Jogjakarta. Di Candi Borobudur anda bisa membaca relief atau tulisan dari masa prasejarah yang bentuknya sangat unik dan menarik, anda juga bisa melihat ukiran – ukuran dan bentuk candi yang di buat pada zaman dahulu kala. Maka dari itu banyak wisatawan yang berkumjung atau berwisata ke tempat ini, selain untuk tempat berlibur biasanya Candi Borobudur juga di gunakan sebagai tempat untuk berfoto pada saat senja maupun pada saat sunset tiba, karena pada saat inilah anda dapat mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Selain itu, anda juga bisa mengelilingi Candi Borobudur dengan menggunakan sepeda, menunggangi gajah, dan yang lainnya.

2.Malioboro

malioboro
malioboro

Sudah tidak asing tentunya mendengar kata Malioboro. Malioboro adalah pusat oleh – oleh khas dari kota Yogyakarta, setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung ke Malioboro yang ingin membeli oleh – oleh. Di saat anda berada di Malioboro anda akan melihat banyak pedagang yang berada di sepanjang jalan, yang menjual berbagai macam souvenir khas Jogja, seperti kaos, batik, blangkon, kerajinan tangan dan sampai jajanan khas Jogja yaitu Bakpia patok dan Yangko. Jika anda ingin mencoba kuliner khas Jogja, anda dapat menjumpainya di deretan pedagang kaki lima dengan sajian yang cukup sederhanan dan yang tentunya sangat nikmat. Dan jika anda menginginkan yang segar – segar, anda bisa untuk mencoba es dawet yang di padukan dengan gula merah yang di campur dengan gurihnya santan. Ataupun jika anda ingi berkeliling di Malioboro, anda dapat menggunakan Becak dan Delman yang akan anda temukan di sepanjang jalan Malioboro dan tentunya dengan harga yang terjagkau.

3.Pantai Parangtritis

pantai parangtritis
pantai parangtritis

pantai parangtritis adalah pantai yang memiliki gelombak ombak yang cukup besar, selain itu pantai parangtritis juga memiliki tebing bebatuan yang cukup tinggi, dan juga memiliki pasir pantainya yang terlihat indah jika terkena sinar matahari. Deburan suara ombak dan udara yang sejuk memiliki daya pikat bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai parangtritis ini. Selain itu pantai parangtritis terlihat begitu indah dan mempesona karena terdapat bukit – bukit yang memiliki rumput ataupun tanaman yang hijau dan terlihat sangat subur. Namun, jika anda berkunjung parangtritis di harapkan untuk tidak memakai pakaian yang berwarna hijau karena ini sudah menjadi aturan saat berada di daerah parangtritis.

4.Gembira loka zoo

gembira loka zoo
gembira loka zoo

Kebun binatang ini adalah kebun binatang yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan.selain itu kebun binatang ini juga terdapat beberapa atraksi yang disuguhkan kepada pengunjung, dan juga terdapat permainan seru seperti, arena tangkap ikan, tunggang gajah maupun unta, ATV, ataupun juga wahana permainan air.

5.Pantai baron

pantai baron
pantai baron

Pantai baron awalnya adalah sebuah teluk yang terhimpit oleh dua bukit yang di sisi kanan dan kirinya adalah sebuah pantai. Selain itu, di pantai baron anda tidak hanya dapat menikmati keindahannya saja. Bagi anda sangat menyukai kuliner yang ber bau dengan laut, anda wajib berkunjung ke pantai ini, karena di sini andai juga bisa mencicipi aneka sajian laut seperti: lobster, ikan kakap, hingga tongkol dan masih banyak lagi.

6.Taman pintar Yogyakarta

taman pintar yogyakarta
taman pintar jogjakarta

Taman berada di pusat kota Jogjakarta yang tentunya sangat dengan Malioboro ini, adalah sebuah laboratorium yang mengemas konsep rekreasi dan juga sangat di senangi oleh pelajar. Di taman pintar ini kita bisa ber rekreasi sambal belajar.

7.Kraton Yogyakarta

kraton yogyakarta
kraton yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah sebagai pusat kegiatan kesultanan. Selain itu kraton ini sangat di hormati dan di cintai oleh masyarakat Jogja. Salah satu yang menjadi daya tarik yang berada di kraton adalah bangsal kencono, bangunan ini mencerminkan ke anekaragaman agama dan budaya daerah.

8.Pantai sadranan

pantai sadran
pantai sadranan

Bagi anda pecinta snorkeling, anda wajib mengunjungi pantai yang satu ini karena memiliki keindahan bawah laut yang kaya akan aneka ragam ikan hias dan juga indahnya terumbu karang. Jika anda ini ber snorkeling di sini, anda tak perlu repot – repot untuk membawa peralatan snorkeling anda. Karena di sini terdapat persewaan peralatan snorkeling, selain itu juga ada pemandu yang akan mengajarkan teknik snorkeling yang baik. Selain keindahan bawah lautnya, pantai ini juga kaya akan keindahan alamnya.

9.Sendang sono

sendang sono
sendang sono

Di sendang sono ini anda akan merasakan suasana yang begitu sejuk dan anda bisa sangat rileks, karena sono ini berada di daerah perbukitan Menoreh dan tentunya tempat ini terbuka untuk publik. Di sendang sono ini juga terdapat bangunan – bangunan yang membuat anda menjadi lebih tenang karena melihat keindahan panorama pantai sendang sono.

10.Pantai pandansimo

pantai pandansimo
pantai pandansimo

Pantai ini terletak di daerah Bantul. Pantai pandansimo merupakan tempat wisata yang cukup terkenal. Di sana anda tidak hanya di suguhkan dengan keindahan alamnya, namun juga ada beberapa kios kuliner yang siap melayani anda. Selain terdapat kios kuliner, anda juga dapat bermain ATV untuk di sewa dan bisa anda gunakan untuk berkeliling menikmati keindahan pantai pandansimo.

11.Pantai wedi ombo

pantai wedi ombo
pantai wedi ombo

Pantai ini terletak di wilayah Gunung Kidul Yogyakarta. selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang di bilang cukup besar, selain itu pantai ini memiliki gugusan batu karang yang kokoh. Pantai ini cukup di sukai oleh wisatawan karena memiliki panorama dan keindahannya. Di sini anda juga dapat menikmati masakan khas Gunung Kidul.

12.Musium Gunung Merapi

museum gunung merapi

musium gunung merapi

Museum ini sering di gunakan sebagai tempat pengembangan ilmu tentang peristiwa alam. Selain itu, museum ini juga sudah menjadi sarana belajar, pengetahuan tentang gunung berapi, dan juga pengetahun tentang bencana alam. Di sini anda juga akan mendapat pengetahuan tentang gunung berapi.

13.Pantai kuwaru

pantai kawaru
pantai kawaru

Pantai ini memiliki ciri khas berupa pepohonan cemara yang menghiasinya. Pantai ini cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga, karena pantai ini memiliki keindahan yang menarik, seperti menikmati indahnya matahari terbit ataupun juga matahari terbenam dan juga bersantai sambal menikmati indahnya ombak.

14.Candi ratu boko

candi ratu boko
candi ratu boko

Bagi para pencinta fotografi wajib untuk berkunjung ke tempat ini, karena tempat ini memiliki keindahan panorama saat matahari tenggelam yang mempesona. Jika anda ingin melihat sunset, maka anda di anjurkan untuk dating sebelum jam 4 sore dan cuaca yang mendukug. Saat anda tiba disana segerahlah untuk berjalan menuju gerbang situs Ratu Boko untuk dapat melihat sunset dengan sempurna.

15.Desa Wisata di Kulonprogo

desa wisata di kulon progo
desa wisata di kulon progo

Wisata ini terletak di desa Nglinggo. Di sini anda dapat melihat pemandangan atau juga menikmati indahnya kebun teh yang bisa anda lihat dari ketinggian 900 – 1000 meter dari permukaan laut. Selain itu, anda juga dapat melakukan kegiatan outbound, seperti perkemahan, wisata air, dan kegiatan untuk melestarikan alam.

16.Pantai Ngerenehan

pantai ngenerehan
pantai ngenerehan

Pantai ini terletak di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Kelebihan dari pantai ini adalah, keindahan panorama bawah lautnya, memiliki hamparan pasir putih yang luas, dan juga susunan batu karang yang indah. Selain itu, di pantai ini suasanannya cukup tenang karena panta ngerenehen ini hanya memiliki sedikit ombak bahkan hamper tidak ada ombak sama sekali. Jadi anda juga dapat bermain dan berenang di tepi pantai yang pastinya aman. Anda juga bisa menikmati masakan seafood sambal melihat aktivitas nelayan.

17.Purawisata Jogja

purawisata jogja
purawisata jogja

Tempat ini tidak jauh dari Malioboro maupun Kraton Jogja dan jaraknya hanya sekitar 800 meter. Tempat wisata ini adalah salah satu pilihan rekreasi favorit bagi keluarga. Selain itu, tempat ini juga menyajikan pertunjukan sendratari. Di purawisata Jogja anda juga melakukan kegiatan secara outdoor 80 % dan selebihnya adalah kegiatan indoor. Jika anda merasa jenuh atau butuh waktu dan tempat untuk bersantai, anda dapat bersantai di Gazebo Restaurant, Calipso Cafe, Waroeng Jogja atau juga yang lainnya. Di sana anda juga akan di hibur dengan pertujukan seni tari jawa klasik maupun modern.

18. Kaliurang Jogja

kaliurang jogja
kaliurang jogja

Jika anda menginginkan suguhan pemandangan yang hijau dan memiliki udara yang amat sejuk anda bisa bisa datang ke tempat ini. Selain itu Kaliurang adalah tempat yang sangat cocok untuk melepas penat ataupun bersantai untuk kembali menyegarkan pikiran dan juga tubuh anda agar tetap frezz. Di tempat wisata Kaliurang ini anda juga bisa mencoba beberapa wisata yang menarik, seperti berenang, berjalan – jalan, dan juga bersantai. Untuk berenang anda bisa melakukannya di air terjun Telogo Muncar, dan jika anda ingin berkeliling atau berjalan – jalan anda bisa menyusuri setiap sisi dari keindahan Kaliurang.

19.Candi Prambanan

candi prambanan
candi prambanan

Popularitas Candi Prambanan membuat candi ini menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di wilayah Jogjakarta. Selain itu, Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tegara yang telah di nyatakan oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991. Candi ini sangat elok dan indah jika di lihat saat senja tiba, dan anda harus melihatnya dari dekat untuk menyaksikan arsitektur dan desain Candi Prambanan yang sangat indah. Dan letak Candi Prambanan ini jaraknya tidak cukup jauh dengan Candi Borobudur.

20.Desa Wisata Gunung Kidul

desa wisata gunung kidul
desa wisata gunung kidul

Ada beberapa desa di Gunung Kidul Yogyakarta yang memiliki romansa alam yang indah, menyejukkan, manabjukan, serta keunikan alamnya. Seperti desa Wisata Bejiharjo yang memiliki kenindahan pada Goa – goa yang ada di sana salah satunya adalah Goa Pindul. Dan jika anda ingin merasakan sensasi yang menyatu dengan alam, anda bisa pergi ke Desa Wisata Bleberan yang di sana terdapat air terjun Sri Gethuk.

Leave a Reply