Mencintai karena Allah
Mencintai karena Allah

Bagaimana Sih yang di Maksud Cinta Karena Allah?

Posted on

Cinta karena Allah

Kalian semua pasti pernah kan jatuh cinta? Kalian juga pasti pernah mendengar orang berkata “aku mencintaimu karena Allah”. Sebenarnya bagaimana sih penjelasan mencintai karena Allah itu? Simak yuk artikel ini :

Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada setiap makhluk-Nya. Untuk saling mencintai, menyayangi, saling memberi, saling perduli, saling pengertian. Cinta tidak akan pernah bisa dipaksakan. Cinta itu hanya bisa dijalani jika ke dua belah pihak saling ikhlas dalam menjalani hubungan. Cinta tidak akan pernah bisa bertahan jika mereka saling mementingkan egonya sendiri. Cinta itu butuh sikap kedewasaan.

Cinta itu timbul dari rasa kasih sayang. Setiap manusia pasti mempunyai rasa cinta dan kasih sayang. Pada zaman sekarang banyak orang yang salah mengartikan arti kata cinta, dan kebanyakan mereka mencintai hanya karena nafsu sementara.

Rasa cinta adalah fitrah yang dimiliki oleh setiap individu. Dalam islam, cinta adalah hal yang halal dan diridhoi, selagi cinta itu mengetahui batas-batas Allah dan Rasul. Cinta yang sejati adalah cinta kepada-Nya dan cinta karena-Nya. Sebenarnya cinta karena Allah itu gimana sih?

Tentu di saat kamu mencintainya karena Allah, pasti alasan kalian agar lebih dekat dengan Allah. Terus bagaimana jika kamu melanggar aturan Allah dengan cara berpacaran, tentu itu tidak akan bisa disebut mencintai karena Allah? Kenapa? Karena kamu telah melanggar peraturan Allah, karena istilah pacaran didalam Al-Qur’an dan Al-Khadist itu tidak ada.

Hal ini sama saja ketika kamu berkata mencintai seseorang karena Allah. Bukan berarti di saat kamu merasa bahwa orang itu adalah jodohmu,itu berarti kamu mencintainya karena Allah. Tidak seperti itu, Itu adalah nafsu dari hasutan syetan. Cinta yang seperti itu adalah cinta karena nafsu yang mengaku-ngaku karena Allah.

Cinta karena Allah adalah cinta yang kau berikan pada seseorang, karena seseorang itu juga mencintai Allah dan memilih Allah. Berarti dalam hal ini kamu memilih agama dan keimanannya. Rasulullah SAW pernah bersabda “Jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridho agama dan akhlaknya, maka menikahlah dengannya, jika kamu tidak menerimanya, niscaya akan menjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas.”(HR. Tirmidzi, hasan). Sehingga ketika orang itu tidak lagi mencintai Allah, maka cinta itu pun akan hilang. Itulah makna dari mencintai karena Allah.

Seseorang yang disebut jodoh adalah ketika orang tersebut sudah menjadi pasangan halalmu. Jadi, meskipun perilaku jodohmu itu tidak baik, kalau jodohmu itu tidak seperti yang kau inginkan, tapi, kamu tetap bertahan karena dia adalah jodohmu di dunia. Kamu tetap bertahan dan menyayanginya karena dia adalah kekasih halalmu. Allah lah yang telah menitipkannya padamu.

Alasan dari rasa cintamu bukanlah orang itu, tapi karena Allah yang memberi orang itu sebagai suami/istrimu. Mencintai karena Allah berarti menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya, diantaranya, tidak bersentuhan, tidak berdua-duaan, dan tidak berzina(mendekati zina saja jangan sampai).

Jadi, jika ada yang mengatakan “Aku mencintai-mu karena Allah” tapi dia malah mengajakmu melanggar aturan-aturan Allah, berarti itu bukan cinta karena Allah.

Incoming search terms:

  • makna mencintai karena allah
  • Mencintai karena Allah
  • quotes mencintai karena allah
  • tangan membentuk love
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply