Rumput Laut
Rumput Laut

Apa Saja Manfaat Rumput Laut

Posted on

Rumput laut, terdapat asupan manfaat sayuran untuk makan harian anda.Apa anda belum tau apa saja manfaat rumput laut itu?Nih manfaat rumput laut untuk kesehatan anda :

  • Pencegah pengroposan tulang.

Kalsium yang terdapat pada rumput laut lima kali lebih besar dibandingkan susu.Bagi perempuat yang diusia lanjut, mengkonsumsilah sayuran rumput laut ini untuk mencegah penyakit osteoporosis pada tulang.

  • Mencegah tumbuhnya kanker.

Tumbuhan rumput laut ini memiliki kandungan vitamin C terdapat antioksidan yang mencegah gejala kanker.Selain itu dapat untuk merawat kecantikan kulit anda juga.

  • Merununkan Berat Badan.

Dan rumut laut ini juga bisa sebagai menu atau alat diet untuk menurunkan berat anda loh.Rumput laut itu mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan anda.Mengkonsumsi dengan teratur itu akan memberikan efek diet yang sehat untuk anda dan tubuh anda pula.

  • Dapat Mengurangi Gejala Hipertensi.

Penggunaan garam untuk memasak bisa diganti dengan butiran-butiran ekstra rumput laut loh.Dengan mengurangi garam pada masakan itu bisa mengurai gejala hipertensi.Maka kurangilah penggunaan garam pada masakan jika anda penderita hipertensi.

Manfaat rumput laut juga untuk bahan makanan, biasanya untuk pembuatan agar-agar, peragian, algin, atau juga untuk iobat tradisional, kosmetik dan kecantikan.

Jenis-jenis rumput laut yang ada di indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya dengan keanekaragaman rumput laut dengan spesies mencapai ratusan.Tim Ekspedisi Laut Siboga mampu mengidentifikasi rumput laut sebanyak 555 jenis rumput laut yang tumbuh di perairan laut Indonesia.Sedangkan jenis rumput laut yang ada di seluruh dunia, berdasarkan data algaebase.org, kurang lebih 10.000 jenis rumput laut.

Berdasarkan warna pigmen yang dikandung rumput laut,rumput laut dapat dikelompokkan menjadi empat jenis rumput laut, yaitu : Chlorophyceae(ganggang berwarna hijau), Phaeopyceae(ganggang coklat), Rhodopyceae(ganggang merah), dan Cyanophyceae(ganggang kebiruan).Dan ini beberapa jenis rumput laut yang dikenal dan umumnya yang tumbuh di perairan wilayah indonesia antara laiin :

  • Eucheuma Spinosum
  • Eucheuma Muricatum
  • Eucheuma Cottonii
  • Gracilaria Spp
  • Gelidium Spp
  • Sargassum Spp

Dan masih banyak lagi jenis rumput laut, yang umumnya dibudayakan di indonesia adalah rumput laut dari genus Eucheuma dan Gracilaria.

Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply