Kedewasaan
Kedewasaan

Sudahkah Anda Dewasa?

Posted on

 

Dewasa

Semua orang pasti akan tua, tapi apakah menurut kalian mereka sudah berpikiran secara dewasa? Dewasa itu bukan berarti tua, dan tua juga belum pasti dewasa. Kalau tua itu pasti, sedangkan dewasa itu adalah pilihan. Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan kedewasaan? Berikut penjelasannya!

Dewasa adalah melakukan sesuatu dengan cara berpikir sebelum bertindak dan mampu menempatkan segala sesuatunya pada tempatnya.

Dewasa itu  di antaranya, mau belajar, tidak egois, bertanggung jawab atas semua yang dilakukannya, berpikir matang, bisa mengerti lingkungan, bisa mengerti keadaan, dan bisa mengambil keputusan dengan baik dan bijak.

Dewasa itu tidak dapat didapatkan secara instan. Dewasa itu sesuatu yang membutuhkan proses dan waktu. Kedewasaan seseorang juga tidak dapat dinilai secara mudah, dan juga tidak mudah berkata kepada seseorang bahwa orang itu tidak dewasa.

Menjadi dewasa, adalah proses aksiomatik yang terjadi pada setiap diri manusia normal. Karena, bila proses itu tidak berjalan demikian, itu berarti ada yang tidak normal dalam diri manusia itu.

Menjadi dewasa, adalah juga suatu keputusan yang penuh tanggung jawab dan konsekuensi. Karena, setiap orang dewasa akan selalu bertanggung jawab penuh atas apa yang telah dia lakukan, dan mengerti bahwa setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya.

Menjadi dewasa, adalah juga suatu pilihan dalam menyikapi segala ujian kehidupan.

Ciri – ciri orang yang dewasa di antaranya :

1. Mau Menerima Nasehat yang Baik Untuknya

Salah satu ciri utama orang yang sudah berpikiran dewasa adalah mau menerima nasehat, apalagi jika nasehat itu baik untuknya. Jika salah mau diingatkan, karena dengan nasehat itu akan membuatnya lebih baik daripada sebelumnya. Tidak keras hati dan keras kepala ketika dinasehati, padahal sudah benar-benar kalau dia salah.

2. Bisa Menahan Diriya

Menahan diri adalah hal yang paling bagus yang bisa dilakukan oleh manusia. Kalian semua pasti pernah puasa kan? Apakah puasa itu hanya menahan lapar dan haus saja? Tentu saja tidak kan? Puasa itu juga menahan hawa nafsu, sedangkan pengertian dari hawa nafsu itu luas. Misalnya marah, seseorang akan menjadi marah kalau tidak bisa menahan emosi. Jika seseorang terus berlatih menahan diri dia sanggup menjadi “Master” untuk dirinya sendiri. Dengan kata lain bisa mengontrol dan mengendalikan dirinya sendiri. Akhirnya nanti akan muncul kemampuan untuk mengalahkan salah satu musuh besar manusia, yaitu egonya sendiri.

3. Bisa Memposisikan Diri dengan Baik

Mengetahui dirinya sedang ada di mana, bagaimana keadaannya, di mana batasan-batasannya. dan apa saja hak dan kewajibannya. Itu semua muncul karena dia sadar dengan dirinya sendiri, tidak diberi tahu atau harus dinasehati.

4. Punya Pemahaman Diri yang Baik

Hal ini mencakup dengan kelebihan, kekurangan, dan apa sisi kita yang harus di rubah menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada anda. Semoga menginspirasi.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply