Thin Client AGC 200L
Thin Client AGC 200L

Yuk Mari Kenali Jaringan Komputer Thin Client Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Kehidupan manusia selalu mengalami perkembangan di setiap langkahnya. Perkembangan ini berdasarkan atas sifat manusia yang sebagai makhluk dinamis. Tentunya perubahan ini dikarenakan manusia selalu ingin memperbaiki kehidupannya ke arah yang lebih baik. Nah di era abad ke 21 ini kita tentunya sangat paham bahwa apapun dilakukan dengan menggunakan sebuah teknologi, salah satunya yaitu Thin Client. Nah bagi orang awam mungkin istilah ini masih terasa asing bagi orang awam, maka dari itu dalam artikel ini nanti kita akan mencoba menjelaskan mengenai perangkat ini. Tidak hanya menjelaskan mengenai pengertiannya saja tetapi juga menjelaskan mengenai kelebihan serta kekurangan yang terdapat dalam perangkat yang satu ini.

Thin Client AGC 200L
Thin Client AGC 200L

Nah yang dinamakan Thin Client ini adalah sebuah jaringan komputer yang artinya memang digunakan untuk menghubungkan antar satu komputer dengan komputer lainnya. Kita tidak perlu munafik bahwa di era yang serba digital ini kita pasti menginginkan suatu gubrakan terbaru untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam hal apapun termasuk salah satunya jaringan komputer. Nah perangkat yang satu ini biasanya dijalankkan oleh orang IT atau orang jaringan. Mungkin juga Anda belum mengetahui mengenai perangkat yang satu ini bahkan saking tidak tahunya mungkin Anda pernah menggunakan perangkat yang satu ini tetapi tidak menyadarinya karena memang Anda belum paham mengenai kegunaaan dan manfaat dari perangkat ini.

Thin client sendiri merupakan penyebutan untuk komputer pusat. Sebagai contoh adalah pasti di sebuah sekolah entah itu SMP ataupun SMA terdapat sebuah ruangan komputer bagi para siswanya. Nah di dalamnya tersebut pastilah ada beberapa komputer. Seluruh komputer di ruangan itu terhubung dengan jaringan. Nah di depan ruangan pastilah terdapat sebuah komputer lengkap yang bertindak sebagai srver. Sisanya yang selain komputer yang ada di depan merupakan komputer client. Komputer client ini dapat berupa sebuah komputer yang dilengkapi dengan monitor, keyboard dan mouse saja. Sedangkan otak komputer seperti CPU, harddisk, RAM dan komponen komputer lainnya berada di komputer server. Jadi intinya jika Anda menjalankan sebuah software di komputer client maka Anda juga sama saja menjalankan software di komputer servernya. Nah ada alasan mengapa kita sebaiknya menggunakan perangkat penghubung komputer yang satu ini.

Beberapa alasan mengapa kita sebaiknya menggunakan perangkat yang satu ini adalah pertama, kita hanya perlu melakukan pengelolaan terhadap aplikasi yang lokasinya hanya ada di server, nah diterapkannya thin client di tempat kerja, sekolah ataupun perusahaan dapat menghemat biaya infrastruktur komputer karena komputer client ini tidak perlu lagi membeli CPU, RAM dan hard disk. Jadi biayanya jauh lebih hemat. Selain alasan itu ada juga beberapa kelebihan jika Anda menggunakan perangkat yang satu ini.

Keuntungan pertama adalah perawatan mudah,listrik murah, ukuran lebih kecil sehingga tidak membutuhkan tempat yang besar, management data jauh lebih mudah, management software juga lebih mudah, penggunaan aya jaub lebih kecil dan legalitas. Selain beberapa keuntungan, yang namanya barang buatan manusia juga pasti juga ada kekurangannya. Kekurangan dari perangkat yang bernama Thin Client ini adalah yang pertama adalah perangkat ini membutuhkan jaringan yang reliable agar dapat berjalan engan baik, perangkat ini juga membutuhkan spesifikasi server yang tinggi. Hal ini dikarenakan karena sebuah server akan diakses oleh banyak komputer client jadi komputer servernya harus memperhatikan RAM yang ada, RAM nya harus berkapasitas besar. Nah sekarang paham kan mengenai perangkat yang satu ini? maka dari itu tiak usah bingung lagi mengenai penggunaan jaringan komputer yang satu ini.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply