Mengenal Macam-Macam Awan

Posted on

Jika kalian sering memperhatikan langit di tempat kalian pasti kalian akan menyadari bahwa awan memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda-beda. Terkadang kita melihat awan itu putih bersih sangat indah sekali, terkadang kita melihat awan itu besar dan gelap sangat mengerikan. Menurut kalian apakah semua awan itu sama saja?

Awan merupakan tetes-tetes air yang berkumpul dan mengkristal di atmosfer, itu terjadi karena pemadatan uap air yang sudah terlalu berada di udara.

Proses terbentuknya hujan :

Di udara terdapat uap air, jika uap air ini meluap maka akan menjadi titik-titik air lalu hujan akan terjadi.

  • Jika keadaan udara sedang panas, maka akan semakin banyak air yang menguap dan naik ke atas terbawa oleh angin yang kencang di atas. Setelah lama berada di udara uap ini akan menjadi awan setelah berada pada suhu yang lebih rendah dari sebelumnya. Awan merupakan titik air yang sangat banyak sekali jumlahnya.
  • Karena semakin lama akan semakin banyak titik air yang terkumpul, gumpalan awan tersebut akan semakin berat dan semakin turun tertarik oleh gaya gravitasi. Dan pada ketinggian tertentu awan akan mencair dan menjadi hujan.

Awan berdasarkan ketinggiannya

Ketinggian 6-12 km

  • Awan Sirus

Awan Sirus berwarna putih mengkilat jika pagi dan siang karena banyak sekali mengandung kristal es. pada sore hari awan ini akan nampak berwarna merah.

  • Awan sirkomulus

Awan ini berbentuk gumpalan-gumpalan, dibandingkan dengan awan yang lain, ini termasuk awan yang cukup kecil.

Ketinggian 2-6 km

  • Awan Altokumulus

Awan ini berbentuk seperti lempengan yang pipih. berwarna putih keabu-abuan, awan ini berada pada lapisan yang rendah.

  • Awan Altrostatus

Awan ini berlapis-lapis sehingga nampak seperti awan yang tebal.

Ketinggian 0,8-2 km

  • Awan Stratokumulus

Awan ini berbentuk gumpalan-gumpalan berwarna abu-abu. Awan ini mengandung uap air yang sedikit, sehigga hanya akan mengakibatkan hujan dalam intensitas kecil.

  • Awan Stratus

Awan ini sangatlah tipis jika terkena sinar matahari maka cahayanya akan dapat menembus awan tersebut.

  • Awan Nimbostratus

Awan ini berada pada lapisan yang sangat rendah, berwarna abu-abu gelap. Ketika cuaca buruk awan ini akan menyatu dengan awan-awan rendah lain dan dapat menimbulkan hujan.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply