mie instan dan nasi

Bahaya Makan Mie Instan Pakai Nasi

Posted on
mie instan dan nasi

Nasi adalah makan pokok orang indonesia. Jika tidak ada nasi maka penggantinya bukan kentang atau jagung, tapi makanan penggantinya adalah mie instan. Nasi dan mie instan menjadi makanan setiap hari bagi orang indonesia, jika tidak ada lauk, orang indonesia memakan mie instan, tapi kalau kurang kenyang biasanya ditambahkan nasi.

Dari sisi praktis, memasak mie instan sangatlah mudah dan murah, tanpa lauk yang lain miepun sudah enak. Jika ditambahkan nasi, sayangnya kebiasaan yang enak ini bisa membahayakan kesehatan anda. Pada dasarnya mie instan ditambah nasi sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang sangat tinggi.

Dalam satu porsi mie instan, sudah mengandung 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang lauk pauk. Jika satu porsi mie instan ditamban dengan nasi, maka anda bayangkan sendiri berapa kalori yang masuk dalam tubuh anda. Bisa mencapai 600-700 kalori setiap anda memakan mie instan dengan nasi, padahal rata-rata wanita dewasa hanya 1200-1500 kalori per hari.

Bisa menyebabkan kegemukan hingga naikan resiko diabetes.

Perpaduan karbohidrat nasi dan mie instan dapat menyebabkan kenaikan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah naik secar drastis. Inilah yang membuat resiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dengan mie instan dapat memenuhi gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.

Saran memakan mie instan dengan nasi

Daripada anda mencampur mie dengan nasi untuk menciptakan rasa kenyang. Akan lebih baiknya mengolah lebih lanjut. Misalnya mengolah bersama sayuran, potongan daging atau yang lainnya dan ditambah dengan telur ceplok. Selain penyeimbang kebutuhan nutrisi, sehingga kandungan jahat dalam mie tidak akan merusak tubuh.Bahkan bila perlu, tidak menggunakan bumbu-bumbu dari mie tersebut. Anda bisa menambahkan bumbu yang sudah anda racik sendiri, selain lebih aman, bumbu-bumbu dapur lebih bergizi daripada penyedap dan bahan kimia yang mengandung zat adiktif pada makanan.

Jika anda memang suka mie instan, sebaiknya batasi, setidaknya satu minngu sekali makan mie. Ketimbang mencampue dengan nasi.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply