Mengenal Apa Itu Pramuka

Posted on

Kalian pernah mendengar atau bahkan kalian terdaftar dalam organisasi ini bukan? Kalian tau pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, arti dari kalimat tersebut adalah orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Organisasi ini merupakan gerakan kepanduan. Pramuka merupakan sebuah organisasi yang dijadikan wadah pendidikan di Indonesia. Oleh sebab itu di setiap sekolah pasti ada yang namanya organisasi pramuka baik di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sedangkan gerakan pramuka merupakan ajang para pramuka berkumpul untuk bermusyawarah atau berkumpul untuk menyelesaikan masalah dan lain-lain. Yang termasuk dalam gerakan pramuka seperti Gugus depan, Gerakan pramuka daerah dan sebagainya.

pramuka merupakan organisasi inernasional, namun di dunia internasional istilah pramuka disebut dengan “Kepanduan”[Boy Scout].  Dalam Pramuka ada beberapa tingkatan yang disesuaikan dengan golongan usianya dan perkembangan rohani dan jasmani seseorang, yaitu :

  •  Pramuka Siaga untuk usia 7-10 tahun, biasanya tingkatan ini akan diajarkan ketika anak masih berada di sekolah dasar.
  • Pramuka Penggalang untuk usia 11-15 tahun, akan diajarkan ketika anak sudah berada di sekolah menenah pertama.
  • Pramuka Penegak untuk usia 16-20 tahun.
  • Pramuka Pandega untuk usia 21-25 tahun.

Sejarah Pramuka

Gerakan Pramuka sudah ada di Indonesia sejak lama sekali sebelum Indonesia merdeka. Dan Gerakan Pramuka dimulai sejak 1923 dengan tdidirikannya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO). Lalu organisasi ini bergabung dengan dua organisasi buatan Belanda serupa di Bandung pada tahun 1926. Setelah dewan perwakilan rakyat mengesahkan tentang gerakan pramuka pada tahun 2010 organisasi-organisasi lain juga boleh mengadakan acara kepramukaan.

Setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya pada bulan oktober beberapa tokoh kepanduan berkumpul di Yogyakarta untuk membentuk Panitia Kesatuan Kepanduan Indonesia yang nantinya akan menjadi wadah kepanduan seluruh warga negara Indonesia. Setelah mengadakan kongres yang yang pertama pada bulan desember 1945, organisasi ini harus menghadapi pertentangan dari belanda.

Pada saat perayaan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1948 diadakan acara api unggun di halaman gedung Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta Belanda menrobos masuk dan membubarkan acara tersebut. Dan pada saat itu Soeprapto gugur sebagai seorang Pandu Indonesia.

Dan setelah pasukan Belanda ditarik mundur dari kota Yogyakarta pada tahun 1949 diadakan kongres yang kedua, tepatnya pada bulan januari 1950. Menghasilkan kesepakatan bahwa organisasi Pandu Rakyat Indonesia tidak lagi menjadi satu-satunya organisasi yang dapat mendirikan kepanduan di dalam organisasi mereka.

Setelah mengalami banyak pertimbangan akhirnya munculah yang namanya Pramuka, itu terjadi sekitar tahun 1960-an.

Cukup sekian info tentang pramuka, kapan dibuat. Semoga cukup membantu buat kalian yang senang atau sedang belajar mengenai Pramuka.

 

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply