bahaya tidur setelah makan

Bahaya Tidur Setelah Makan

Posted on

Bahaya Tidur Setelah Makan

Banyak orang yang melakukan tidur setelah makan karena kekenyangan, padahal hal seperti ini dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh anda. Sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan seperti ini, agar anda tetap melakukan pola hidup sehat.

akibat tidur setelah makan

Inilah beberapa akibat tidur setelah makan:

1.Berat badan bertambah

Pada saat setelah makan organ kita memerlukan waktu untuk proses penghancuran makanan, jika setelah langsung langsung tidur maka organ yang bekerja mencerna makanan tidak bisa lancar untuk proses pengahancuran makanan. Dan untuk proses penghancuran itu sendiri organ kita memerlukan waktu sekitar 2 jam. Itu adalah salah satu akibat dari bertambahnya berat badan anda.

2.Nafas menjadi sesak

Setelah makan otomatis perut kita pasti akan penuh dengan makanan, itu akan menghambat asupan oksigen yang akan masuk ke paru – paru.

3.Dapat memicu serangan stroke

Pada saat kita tidur setelah makan itu akan menyebabkan aliran nafas menjadi tidak normal yang diakibatkan dari refluks asam, dan itu akan berpengaruh pada serangan stroke mendadak.

4.Meningkatkan kadar gula

Pada saat organ kita tidak dapat mencerna makanan dengan maksimal, hal itu akan menyebabkan menumpuknya kandungan glukosa dalam tubuh dan akan menyumbat pembuluh darah anda. Hal ini menyebar keseluruh tubuh dengan cepat jika pencernaannya tidak maksimal.

5.Perut berubah menjadi buncit

Melakukan hal buruk tidur setelah makan, juga dapat merubah perut anda menjadi buncit. Ini di akibatkan pengendapan lemak yang tidak bisa dicerna dengan normal oleh pencernaan.

6.Terganggunya sistem pencernaan

Enzim pencerna menjadi tidak normal dalam melakukan penghancuran makanan karena tidak bisa bekerja dengan baik dan proses pencernaan makanan menjadi gagal.

7.Cepat mengantuk

Dengan mengonsumsi makanan yang berlebihan otomatis perut kita akan menjadi penuh dan merasa kekenyangan. Hal itu akan menyebabkan menjadi lebih bosan, jenuh dan tidak ingin melakukan kegiatan apapun kecuali tidur.

8.Memicu penyakit Mag

Jika setelah makan kita langsung tidur karena terasa kekenyangan. Hal semacam itu membuat pencernaan menjadi tidak bebas dalam mencernanya, dan akibatnya asam lambung akan mengalami kenaikan dan oksigen yang masuk melalui paru – paru menjadi tidak lancar. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan lambung terasa perih.

9.Tubuh terasa pegal – pegal

Jika setelah makan kita langsung tidur otomatis seluruh tubuh kita istirahat dan tidak melakukan kegiatan sama sekali dan itu dapat menyebabkan tubuh kita menjadi terasa pegal – pegal ataupun linu.

Sebaiknya jangan tidur setelah makan karena anda sudah tau akibatnya sendiri, tunggulah minimal 2 – 3 jam agar organ anda dapat mencerna makanan dengan normal dan maksimal. Dan ini juga bisa mempertahankan kesehatan organ pencernaan anda.

Leave a Reply