Ciri Ciri Calon Suami Sholeh

Ciri-Ciri Calon Suami Sholeh, Muslimah Wajib Baca!

Posted on

Sholeh

Pasti kita semua menginginkan Imam yang sholeh kan? Yang bisa membimbing kita untuk masuk ke dalam surga Allah. Kira-kira apa saja ya ciri-ciri calon suami yang sholeh itu? Baca yuk artikel di bawah ini :

1. Tanggung Jawab

Seorang suami yang sholeh pasti akan bertanggung jawab atas apa yang telah dia lakukan. Entah dia akan mencari nafkah untuk keluarganya, dan juga meramut dan menjaga keluarganya.

2. Kuat Amalan Agamanya

Dia akan selalu mentaati apa yang telah diwajibkan dan diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya. Diantaranya, menjaga sholat wajibnya untuk selalu tepat waktu dan mengerjakannya dengan cara berjama’ah bersama dengan keluarganya. Dan dia juga mengajak untul melaksanakan ibadah sunah lainnya.

3. Berakhlakul karimah

Dia tampak tegas, tetapi sebenarnya dirinya adalah seseorang yang lembut. Perkataannya juga sopan, melambangkan bahwa dia memiliki hati yang mulia.

4. Menjaga Pandangannya

Tidak hanya wanita saja yang harus menjaga pandangannya, lelaki yang baik pun juga harus menjaga pandangannya dari perbuatan maksiat, tidak melihat sesuatu yang belum halal, selalu menundukkan kepala, dan tidak menatap wanita bukan muhrimnya, apalagi sampai berbuat yang lebih dari itu. Tidak hanya mata, dia juga mampu menjaga tangan, hati, dan juga pikirannya dari hal-hal yang tidak dianjurkan oleh agama.

5. Sabar dan Ikhlas

Memiliki hati yang sabar dan ikhlas dalam menerima semua ujian dari Allah. Tidak merasa berputus asa, mendekatkan diri pada Allah, tawakal, dan selalu yakin bahwa pertolongan Allah selalu ada.

6. Bergaul dengan Orang-Orang yang Sholeh

Dirinya selalu berkumpul dengan orang yang mengajak di dalam kebaikan. Bagaimana bisa dia dikatakan sholeh, jika dia saja berkumpul dengan orang-orang yang melalaikan agama. Selalu berusaha menjauhi pergaulan bebas, seperti bergaul antara laki-laki dan perempuan tanpa batas yang bukan mahramnya.

7. Amanah

Laki-laki yang baik dan sholeh harus mempunyai sifat amanah yang berarti dapat dipercaya. Tidak meremehkan tugas yang telah diberikan padanya. Selalu berusaha mengerjakan tugasnya dengan baik untuk menjaga amanahnya.

8. Hemat

Dirinya mengeluarkan segala sesuatunya tidak secara berlebihan. Tidak salah menggunakan dan membelanjakan uangnya, tidak hanya uang dan materi. Dia melakukan semua dengan porsinya. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

9. Rendah Hati dan Pemaaf

Tidak sombong, selalu menjaga lisannya agar selalu berkata yang baik dan tidak menyakitkan hati. Dirinya selalu rendah hati pada siapapun, tidak membanggakan diri, dan selalu memaafkan.

Semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua. Terima kasih.

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply