Mengenal Pohon Kakao, Bahan Dasar Pembuat Coklat

Posted on

Bagi kalian yang suka makan coklat atau minum coklat panas, tau tidak dibuat dari apa makanan yang sangat digemari oleh banyak kalangan itu. Jika kalian penasaran cobalah simak pembahasan mengenai pohon yang menjadi bahan dasar pembuatan coklat.

Kalian pernah mendengar mengenai pohon Kakao (Theobroma Cacao L) adalah tanaman yang dibudidayakan di perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan. Namun sekarang tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah tropika. Dan asalkan kalian tau dari biji tanaman inilah dibuat produk olahan yang biasa dikenal dengan coklat.

Sedikit ulasan mengenai pohon kakao, itu merupakan tumbuhan tahunan (Perennial). berbentuk pohon, jika hidup di alam tanaman ini mampu mencapai ketinggian 10 m namun jika di perkebunan tanaman ini sengaja dibuat tingginya tidak lebih dari 5 m agar dapat mempermudah petani ketika hendak memanen tanaman ini.

Asalkan kalian tahu buah tanaman ini berada pada batang, dan untuk menanam pohon ini tidaklah sulit, malahan sangatlah mudah. Seperti menanam tanaman-tanaman pada umumnya.

Kandungan Zat Pada Tanaman Kakao

Kakao bubuk coklat mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor. Kakao padat juga mengandung 230 mg kafein, da 2057 mg theobromine per 100 gram.

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Coklat

Jika kalian ketahui tanaman kakao mengandung banyak sekali antioksidan yang kita yang mungkin memberikan sifat anti penuaan. Cocoa juga kaya akan flavonoid khususnya epicatechin yang memiliki efek sangat menguntungkan bagi kesehatan jantung anda.

Hasil penelitian pada orang yang sering mengkonsumsi coklat diketahui 20% lebih rendah resiko terkena serangan jantung. Hal ini diyakini bahwa setelah mengkonsumsi kakoi peredaran darah membaik.

  •  Tanaman ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolestrol yang tinggi. Kandungan flavonoid yang kaya akan oksidan akan membunuh bakteri yang ada di pencernaan.
  • Mengkonsumsi kakao dalam jumlah sedang juga dapat menurunkan diabetes. Karena kandungan dari kakao yang dapat meningkatkan proses penyerapan gula darah sehingga dapat mengurangi resiko terkena diabetes.
  • Kakao juga dapat mencegah terjadinya kanker karena kandungan flavonoid yang ada dari buah kakao.
  • Kakao juga dapat meredakan batuk yang sedang kita alami.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari tanaman kakao atau tanaman coklat ini. Bagi kalian yang sering mengkonsumsi coklat bisa mencoba buah kakao ini.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply