kangen
kangen

Mengatasi Rasa Kangen yang Berlebihan

Posted on
kangen
kangen

Tak di sangka-sangka, manusia itu akan selalu bersentuhan dengan yang namanya cinta. Sementara kecintaan memberikan buah kerinduan yang sangat. Orang yang mencinta akan rindu kepada orang yang dicintainya tersebut.

Kerinduan kepada sang kekasih seringkali membekaskan duka. Karena sudah tau bahwa pacaran itu bukanlah jalan yang halal untuk ditempuh, maka nikahlah satu-satunya yang menjadi pilihan. Padahal si pria belum mampu memberikan nafkah lahir. Wanita pun masih muda dan dituntut oleh orang tua untuk menyelesaikan sekolah atau meraih gelar. Akhirnya, karena tidak kesampaian untuk menikah, maka pacaran terselubung sebagai jalan keluar karena tidak kuat menahan rasa rindu pada si dia.

Inilah yang dialami pemuda-pemuda masa kini. Mungkin juga ini yang dialami para aktivis dakwah. Agar dikira tidak melalui pacaran, maka sms dan chatting yang jadi pilihan. Seharusnya rasa rindu ini bisa dipendam dengan melakukan beberapa kiat.

1. Terapi dari Rasa Rindu dengan Segera Nikah

Maksudnya adalah harus punya kemampuan untuk memberikan nafkah. Sehingga inilah yang menjadi syarat seseorang pria untuk membina rumah tangga dengan kekasih pilihan, yaitu dia memiliki kemampuan untuk memberi nafkah keluarganya. Hal ini yang banyak disalahpahami sebagian pemuda. Mereka ingin sekali minta nikah pada orang tuanya. Padahal sesuap nasipun masih ngemis pada orang tuanya.

Barang siapa yang memiliki kemampuan untuk menikah, maka segeralah untuk menikah guna memadamkan rasa rindu yang ada. Menikah di sini tidak mesti dengan orang yang selalu dirindukan. Bisa jadi dengan orang lain. Karena nikah telah mencukupkan segala kebutuhan jiwa, di samping itu dalam nikah akan ditemui banyak keberkahan. Jika memungkinkan menikah dengan orang yang dirindukan, maka menikahlah dengannya. Ini merupakan terapi manjur.

2. Berusaha untuk Ikhlas dalam Beribadah

Ikhlas adalah obat manjur untuk penyakit rindu. Jika seseorang benar-benar ikhlas dalam menghadapkan diri pada Allah, maka Allah akan menolongnya dari penyakit rindu tersebut dengan cara yang tidak pernah terbetik di hati sebelumnya. Cinta pada Allah dan nikmat dalam beribadah akan mengalahkan cinta lainnya.

Hati yang tidak ikhlas akan selalu diombang-ambingkan hawa nafsu, keinginan, tuntutan serta cinta yang memabukkan. Keadaannya tidak beda dengan sepotong ranting yang meliuk ke sana kemari mengikuti arah angin.

3. Banyak Memohon pada Allah

Setiap do’a yang kita panjatkan pasti akan bermanfaat bagi kita. Bisa jadi do’a tersebut segera dikabulkan oleh Allah. Bisa jadi juga sebagai simpanan di akhirat. Dan dengan do’a kita tadi, Allah akan menghilangkan kejelekan-kejelekan kita.

4. Menjaga Pandangan

Pandangan yang berulang-ulang adalah pandangan terbesar yang menyalakan api hingga terbakarlah api kerinduan. Orang yang hanya memandang dengan sepintas saja jarang yang mendapatkan rasa kasmaran. Namun pandangan yang berulang-ulanglah yang merupakan biang kehancuran. Oleh karena itu kita menundukkan pandangan agar hati ini tetap terjaga.

5. Lebih Giat Menyibukkan Diri

Dalam situasi yang kosong kegiatan biasanya seseorang lebih mudah untuk berangan-angan memikirkan orang yang dia cintai. Dalam keadaan sibuk yang luar biasa berbagai pikiran tersebut mudah untuk lenyap begitu saja. Oleh karena itu, untuk memangkas kerinduan tersebut seseorang hendaknya menyibukkan dirinya dengan hal-hal yang bermanfaat baik untuk dunia atau akhirat. Hakikat dari rasa rindu tersebut adalah kesibukan hati yang kosong. Tanpa aktivitas muncullah bayangan sang kekasih, wajah, gerak-gerik, dan segala yang berkaitan dengannya. Seluruhnya hanya sekedar bayangan dan khayalan saja yang berakhir dengan kesedihan diri. Tidak ada manfaat sedikit pun bagi kehidupan kita.

6. Menghindari Nyanyian dan Film Percintaan

Nyanyian dan film-film percintaan itu memiliki andil yang sangat besar untuk mengobarkan kerinduan pada orang yang dicintainya tersebut. Apalagi jika nyanyian tersebut dikemas dengan mengharu, mendayu-dayu tentu akan menggetarkan hati seseorang yang sedang ditimpa kerinduan. Akibatnya rasa rindu kepadanya semakin memuncak.

7. Bayangkan Kekurangan Si Dia

Ingatlah orang yang kamu rindukan bukanlah pribadi yang sempurna. Dia sangat banyak kekurangannya, sehingga tidak layak untuk dipuja, disanjung atau dirindukan. Orang yang dirindukan sebenarnya tidak seperti yang dikhayalkan dalam lamuman.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply