Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Posted on
Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Banyak orang yang mengalami kejadian smartphone yang terkena air, selalu kebingungan kalau sudah hape terkena air karena takut rusak, takut tidak  bisa di gunakan lagi. Smartphone memang kok mahal jadi ya pastilah takut kalau smartphonenya tidak bisa di gunakan lagi, kalian jangan khawatir, jangan takut kalau hape kalian terkena air. Yuk lakukan langkah-langkah pertolongan pertama jika hape kalian terkena air.

  • Ambil dan Matikan Daya Smartphone

Jika kalian mengalami atau kedapatan hp kalian jatuh dia air ataupun kejadian apapun yang membuat hp kalian kemasukan air, hal yang pertama yang harus kalian lakukan adalah matikan daya smarphone / Hp agar tidak ada arus listrik yang membuat kortsleting pada Hp. Sebisa mungkin kalian jangan sampai panik karena kalau kalian tenang dalam melakukan pertolongan pertama terhadap hape yang terkena air maka hasilnyta akan maksimal.

  • Lepaskan Baterai Smarphone
Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Jika Hp kalian sudah mati maka hal yang harus di lakukan yaitu buka back cover Hp lalu lepaskan baterai Hp, jangan biarkan baterai lama-lama berada di dalam perangkat atau Smartphone kalian, agar tidak ada kortsleting yang tambah parah.

Kalau baterai sudah terlepas maka segera keringkan baterai, simpan di tempat yang hangat. Kalau memungkinkan jemur Hp di bawah terik sinar matahari selama kurang lebih 1 jam atau sampai baterai terlihat sudah benar-benar kering, setelah itu isi ulang baterai dengan menggunakan dekstop.

  • Lepas Sim Card dan Memori Eksternal
Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Tidak kalah penting juga ketika smartphone kalian terkena air segeralah melepaskan sim card dan memori eksternal yang masih terpasang, lalu keringkan sampai benar-benar kering agar tidak rusak dan tetap normal, kemudian bisa di pakai lagi.

  • Mengerikan Smartphone
Cara Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

Mengeringkan smartphone bisa dengan cara memasukannya ke dalam beras yang kering, karena beras itu bersifat menyerap air. Simpan smartphone ke dalam beras selama seharian / semalaman hingga kering, jika belum kering lakukan hal itu lagi sampai smarthone benar-benar kering.

  • Mengaktifkan Hp Kembali

Apabila Hp sudah di yakini benar-benar kering, maka pasangkan semua komponen-komponen yang sudah di lepas ke tempatnya masing-masing. Lalu nyalakan smartphone dan tetap dalam keadaan tersambung ke charging, ulangi beberapa kali jika belum menyala.

Jika Hp kalian menyala kembali maka Hp kalian terselamatkan dan bisa di pakai kembali, tetapi kalau belum menyala segera bawa ke service center.

Stop khawatir kalau Smartphone terkena air.

 

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply