Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Posted on

Kalian sering mendengarkan musik? Itu merupakan salah satu bentuk aktivitas yang melibatkan seluruh bagian otak. Kita bisa mendengarkan musik sambil beraktivias lain seperti olahraga, memasak, mengemudi, tidur, dan masih banyak lagi.

Mendengarkan alunan musik juga dapat menggerakan emosi kita. Karena mendengarkan musik kita dapat merasa senang,  sedih, bahagia, dan bahkan kita bisa menangis karena alunan musik dan lirik lagu yang membuat kita masuk dalam indahnya alunan lagu tersebut.

Tahukah kalian bahwa studi ilmiah membuktikan bahwa musik dapat mengubah suasana hati kita, dan bahkan dapat membantu kita untuk berkonsentrasi. Para ahli telah melihat efek kuat yang dapat dirasakan oleh orang yang mendengarkan musik, dan mungkin itu dapat membantu kita ketika kita sedang belajar, ujian, atau sedang mengalami stres.

Jadi apa manfaat mendengarkan musik bagi tubuh kita?

 Meningkatkan Mood atau suasana hati

Sebagian orang mendengarkan musik untuk membuat diri mereka bersemangat dalam menghadapi hari mereka yang berat. Ada juga yang mendengarkan musik agar mereka bisa menikmati perjalan mereka. Kegunaan musik bagi tiap orang mungkin berbeda, karena ada orang yang menyukai musik klasik, metal, dangdut dan lain-lain.

Penelitian tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan oleh Nature Neuoriscience membuktikan bahwa mendengarkan musik kesukaan kita dapat membantu kita mencairkan suasana hati yang sedang bersedih atau stres.

 Membantu Lebih Fokus

Musik mungkin dapat membantu anda berkonsentrasi

Dengan kita mendengarkan musik yang irama atau ketukannya berbeda beda itu bisa melatih kita akan berkonsentrasi pada lagu yang dinyanyikan. Jika kita menggunakannya dalam skala yang lebih cepat itu akan membantu kita lebih berkonsentrasi pada sebuah masalah atau pekerjaan.

 Membantu Kesehatan Mental

Dengan mendengarkan musik dengan irama yang lambat dapat membuat orang lebih tenag. Hal ini juga bisa menjadi stimulus untuk membangkitkan kenangan lama yang sudah terkubur atau dapat membangkitkan tanggapan emosional yang seharusnya memerlukan waktu berminggu-minggu.

 Melepaskan Stres

Kebanyakan orang mendengarkan musik agar mendapat dorongan suasana hati yan berhubungan dengan aktivitas mereka. jika kita sedang merasa pusing karena banyak pikiran biasanya kita membutuhknkan suatu pelampiasan dan mendengarkan musik menjadi solusinya. Musik bisa menjadi penyemangat kita, apalagi jika kita mendengarkan lagu-lagu favorit kita.

 Menyehatkan Otak dan Mencegah kepikunan

Dengan mendengarkan musik itu dapat membuat otak kita menjadi lebih tenang dan mengurangi beban pikiran kita. Mendengarkan musik juga dapat mencegah kepikunan karena jika kita sering mendengarkan lagu-lagu favorit kita, kita akan mengingat lirik nya,. mendengarkan musik bagi orang tua juga bermanfaat karena akan menghambaat penuaan pada otak.

Nah, demikianlah beberapa manfaat mendengarkan musik. Ternyata mendengarkan musik yang kita jadikan hobi bisa bermanfaat banyak bagi tubuh kita.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply