Bingung Dengan Keluarnya Uban Padahal Umur Masih Muda, Ini Biang Keladinya

Posted on

Uban identik dengan  orang yang sudah tua, tetapi apabila helai-helai uban datang pada usia muda berarti itu ada yang tidak berjalan dengan normal pada tubuh, tidak hanya itu uban juga mengakibatkan tidak percaya diri, uban bisa muncul pada wanita ataupun pria, jika anda termasuk anak muda yang keluar uban maka harus tau penyebab-penyebabny adapun penyebabnya sebagai berikut.

Penyebab keluarnya uban pada usia muda

1.Stres

Stres penyebab utama keluarnya uban apa hubungannya ya? stres itu menyebabkan macetnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut.

Melanin ini di hasilkan oleh sel melanosit, dan rambut menjadi putih karena melanin dalam tubuh tidak memproduksi melanin dengan jumlah cukup, nah macetnya melanin itu karena stres biasanya stres itu hanya sementara, setelah faktor penyebab stres hilang maka maka memproduksi melanin kembali normal dan rambut hitam akan tumbuh di kepala.

2.Gizi buruk

Asupan makanan yang tidak seimbang menyebabkan kekurangan gizi dan mempengaruhi kesehatan rambut, selain itu gizi buruk juga mempengaruhi kesehatan tubuh pada umum, anak yang kekurangan gizi cenderung warna rambutnya berwarna kemerahan, kusut, dan tampak tidak sehat.

Meskipun gizi pada tubuh sudah cukup tapi menjadi tidak bermanfaat jika ada luka pada lambung yang akan membuang gizi dan mengganggu metabolisme tubuh. Secara tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan rambut.

3.Faktor gen

Catatan rambut putih ada pada kromosom tubuh yang di wariskan oleh orang tua kepada anaknya.Ini artinya jika orang tua memiliki masalah pada rambut putih pada usia muda bisa jadi menurun kepada anaknya atau cucunya.Beberapa penyakit pun cenderung mempengaruhi munculnya uban pada usia muda.

Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami

1.Lemon dan minyak kelapa

Kedua bahan ini dapat meningkatkan produksi melanin yang dapat mencegah tumbuhnya rambut putih

caranya:

a.Campurkan dua bahan itu di wadah kecil.

b.Aduk kedua bahan hingga rata, oleskan pada kulit kepala dan helai rambut pijat dengan lembut.

c.Diamkan selama 15-20 menit biarkan sampai meresap dan bilas dengan air bersih, untuk mendapat hasil yang memuaskan lakukan dengan rutin

2.Biji pepaya

Gunakan biji pepaya untuk menghilangkan uban dan sekaligus menghabat tumbuhnya uban.

caranya:

a.Cuci, rendam dan bersihkan dengan air.

b.Sangrai biji pepaya.

c.Tumbuk biji pepaya yang sudah di sangrai sampai halus.

d.Tuangkan minyak kelapa pada biji pepaya yang sudah halus.

e.Aduk sebentar dan oleskan pada kepala.

f.Balut rambut dengan shower cap.

g.Biarkan sampai mengering, kemudian di bilas dan lakukan secara rutin.

Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu dan rasakan hasilnya, jika ada efek samping dari perawatan di atas segera priksakan kedokter.

semoga bermanfaat dan dapatkan hasil yang memuaskan.

 

 

 

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply