phobia
phobia

Mengatasi Berbagai Macam Phobia

Posted on
phobia
phobia

Phobia yaitu rasa ketakutan yang berlebih-lebihan terhadap benda atau situasi yang tidak berdasarkan kenyataan. Phobia merupakan suatu gangguan yang ditandai oleh ketakutan yang sangat tidak rasional terhadap suatu obyek atau situasi-situasi tertentu. 

Walaupun ada ratusan macam phobia tetapi phobia-phobia tersebut merupakan bagian dari 3 jenis phobia, ketiga jenis phobia itu adalah:

1. Phobia sederhana/spesifik yaitu phobia terhadap suatu obyek atau keadaan tertentu seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, dan lain lain.
2. Phobia sosial yaitu phobia terhadap pemaparan situasi situasi sosial seperti takut jadi pusat perhatian orang,  hal seperti ini senang menghindari tempat-tempat ramai.
3. Phobia kompleks yaitu phobia terhadap tempat atau situasi situasi ramai dan terbuka misalnya di kendaraan umum atau mall, orang seperti ini bisa saja takut keluar rumah.

1. Penyebab phobia

Phobia ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Umumnya phobia ini disebabkan karena pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu. Peristiwa trauma ini dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya phobia.
Martin Seligman di dalam teori-teorinyanya yang dikenal dengan istilah biological preparedness mengatakan bahwa ketakutan yang hebat tergantung dari orangnya, atau ketakutan tersebut disebabkan oleh faktor keturunan.
Pada kasus phobia, gejala anxiety neurosa menyertai penderita-penderita tersebut. Si penderita akan terus menerus dalam keadaan phobianya walaupun tidak ada rangsangan yang spesifik.
Perlu kita ketahui bahwa phobia itu sering disebabkan oleh faktor-faktor keturunan, lingkungan dan budaya. Perubahan yang terjadi diberbagai bidang sering tidak seiring dengan laju perubahan yang terjadi di berbagai  masyarakat. Seharusnya kualitas-kualitas perubahan anak melalui proses pertumbuhan dan perkembangannya harus diperhatikan sejak dini khususnya ketika masih kecil. Ini untuk memperoleh generasi-generasi yang berkualitas.
Berbagai ciri-ciri kepribadian atau karakterologis perlu mendapatkan perhatian khusus, bagaimana lingkungan hidup memungkinkan terjadinya proses pertumbuhan yang baik dan bagaimana lingkungan hidup dengan sumber rangsangannya memberikan yang terbaik bagi perkembangan anak.
Berbagai hal yang berhubungan dengan tugas, kewajiban, peranan orang tua, tokoh ibu dan ayah terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Sampai saat ini masih belum jelas mengenai ciri khusus mengasuh pada anak. Seperti umur berapakah seorang anak sebaiknya mulai diajarkan membaca, menulis, sesuai dengan kematangannya secara umum dan tidak oleh memaksakan. Tujuan mendidik, menumbuhkan dan memperkembangkan seorang anak adalah agar pada saat dewasa dapat menunjukkan adanya gambaran dan kualitas kepribadiannya yang sangat matang dan produktif baik bagi dirinya anak. Peranan dan tanggung jawab orang tua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak juga sangat penting.
2. Teknik Penyembuhan

Ada beberapa teknik untuk menyembuhkan berbagai macam phobia diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Hypnotheraphy yaitu Penderita phobia yang harus diberi sugesti-sugesti untuk menghilangkan phobia.
2. Flooding: Exposure Treatment yang ekstrim yaitu si penderita phobia yang takut pada anjing, penderita ini supaya dimasukkan ke dalam ruangan dengan beberapa ekor anjing yang jinak, sampai dia tidak ketakutan lagi.
3. Desentisisasi Sistematis yaitu si penderita phobia yang takut akan anjing, penderita ini disuruh rileks dan membayangkan berada ditempat cagar alam yang sangat indah dimana si penderita didatangi oleh anjing-anjing lucu dan jinak.
4. Abreaksi yaitu si penderita phobia yang takut pada anjing, penderita ini dibiasakan terlebih dahulu untuk melihat gambar atau film tentang anjing, bila sudah tenang, kemudian dilanjutkan dengan melihat objek yang sesungguhnya dari jauh dan semakin dekat perlahan-lahan. Bila tidak ada halangan maka dapat dilanjutkan dengan memegang anjing dan bila phobianya akan hilang, dan mereka akan dapat bermain-main dengan anjing.
5. Reframing yaitu Penderita phobia disuruh membayangkan kembali saat masa lampau, dimana permulaannya si penderita tersebut mengalami phobia, ditempat itulah dibentuk suatu manusia yang baru yang dan takut lagi pada phobianya.
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply