Jembatan Baru yang Ada di Kota Surabaya

Posted on

Banyak orang mengira Jembatan Suroboyo ini adalah Jembatan Suramadu padahal yang sebenarnya Jembatan Suroboyo berbeda dengan Jembatan Suramadu. Jembatan Suroboyo adalah Jembatan baru yang berada di Surabaya. Jembatan ini baru diresmikan pada tanggal 9 Juli 2016 oleh Ibu Walikota yaitu ibu Tri Rismaharini.

Jembatan Suroboyo masuk dalam kategori 10 jembatan terbaik di dunia. Tidak hanya untuk lintasan tapi jembatan ini juga memiliki air mancur goyang yang berwarna-warni.

Jembatan Suroboyo ini menghubungkan Jembatan Suramadu sampai ke Bandara Juanda. Jembatan dirancang dengan menggunakn 150 tiang penyangga.

jembatan-suroboyo
Jembatan Yang Mempunyai Air Mancur Bergoyang

“Saya dengar akan ada perencanaan pembangunan Terminal 3 Bandara Juanda yang melewati jalan Lingkar Luar Timur. Maka jembatan ini memberikan akses jalan yang Lingkar Luar Timur Surabaya dari Jembatan Suramadu menuju Bandara Juanda dan sebaliknya,” kata Risma saat meresmikan Jembatan Suroboyo, Sabtu malam 9 Juli 2016.

Bu Risma mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan jembatan ini sebagai wisata yang baru di Surabaya. Nantinya ada kereta gantung yang menuju ke Jembatan Suramadu dan akan ada patung Surabaya yang paling tinggi dan paling besar.

Jembatan Suroboyo juga menjadi konser musik secara rutin. Selain adanya air mancur berwarna-warni pada sore hari, Pemerintah Kota Surabaya juga akan menambah taman yang terletak di Utara Jembatan Suroboyo.

“Kalau di pantai yang lain terkenal dengan matahari terbitnya, jika di Pantai Kenjeran terkenal dengan matahari terbenamnya dan sangat indah sekali jika kita melihat matahari terbenam di Jembatan Suroboyo,” ujar Risma.

Jembatan Suroboyo sekarang menjadi tempat trend bagi anak muda di Surabaya karna tempatnya yang indah dan juga bagus untuk berfoto. Tidak hanya anak muda para bapak-bapak dan ibu-ibu pun sering ke Jembatan Suroboyo bersama anak-anaknya.

Saat peresmian, ribuan warga Surabaya memenuhi Jembatan Suroboyo. Kepadatan pengunjung sudah dimulai sejak 500 meter sebelum jembatan. Orang-orang berebut masuk ke Jembatan untuk melihat keindahan air mancur bergoyang yang berwarna-warni dan kembang api yang berdurasi sangat lama.

Sedikit ada kendala sosial, lokasi jembatan di kawasan kampung nelayan dan petani ini sulit untuk diajak pindah ke daerah perkotaan. Jika pindah mereka akan kehilangan mata pencahariannya. Bu Risma berharap warga setempat yakin dampak positifnya dan mendukung pengoperasian Jembatan Suroboyo ini.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply