posisi pemakaian gadget ini ternyata salah
posisi pemakaian gadget ini ternyata salah

3 Posisi Salah Saat Pakai Gadget. Jangan Sampai Teknologi Merampas Kesehatanmu

Posted on

Penggunaan gadget menjadi satu kebutuhan yang tidak tergantikan, mengingat kemajuan teknologi yang kian menjamur di hampir seluruh aktivitas manusia. Coba bayangkan, apa jadinya kamu jika seharian tanpa ponsel? Bagi sebagian orang mungkin biasa saja, tapi bagi mereka yang segala aktivitasnya bergantung pada ketersediaan informasi up to date, akan terasa sulit untuk lepas dari dunia digital.

Dibalik segala kemudahan dan pembaruan yang ditawarkan teknologi tadi, pasti ada pula efek buruknya bagi tubuh. Selain radiasinya yang harus kita hindari, posisi tubuh saat menggunakannya juga perlu kita waspadai. Padahal, masing-masing dari kita punya pewe atau posisi nyamannya sendiri. Misalnya, chatting sambil tiduran atau duduk selonjor dengan laptop di pangkuan.

Kira-kira posisi bagaimana sih yang tanpa disadari ternyata keliru dan berbahaya, padahal dianggap paling nyaman? Simak rangkuman berikut ini.

1. Walau sebenarnya kurang tepat, tidak ada yang bisa mengalahkan posisi tidur tengkurap dengan separuh badan terangkat sambil mengutak-atik gadget

Posisi ini membuat tekanan darah menuju jari-jari tangan terhambat oleh posisi siku yang tertahan lantai. Semua berat badan tertumpu pada siku yang dapat memperburuk saraf ulnaris (saraf yang mengontrol otot-otot di tangan, lengan bawah, dan jari). Akibatnya, kamu akan cepat kesemutan, mati rasa, atau nyeri karena tekanan pada saraf tersebut. Lama-kelamaan, jarimu akan kehilangan tenaga untuk menggenggam ponsel.

2. Posisi berdiri dengan ponsel berada di area sejajar pusar sehingga kepalamu tertunduk. Ini keliru

 

posisi pemakaian gadget ini ternyata salah
posisi pemakaian gadget ini ternyata salah

Ketika kamu berada dalam posisi ini, maka akan mempercepat degenerasi tulang belakangmu juga membahayakan otot lehermu. Solusinya, kamu bisa memposisikan ponselmu lebih tinggi hingga sejajar dengan dada atau pastikan kamu tidak terlalu menunduk ke bawah.

3. Posisi kepala saat menonton layar televisi yang terlalu mengangkat kepala, serta jaraknya yang terlalu jauh atau terlalu dekat. Ini tidak baik

Posisi tubuh yang keliru tidak hanya saat kamu menggunakan laptop, ponsel, ataupun tablet. Posisi tubuh yang keliru juga kerap terjadi saat kamu menonton televisi dengan jarak kepala dan televisi terlalu jauh, terlalu dekat, atau menempatkan televisi terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Belum lagi jika pandangan saat menonton tidak lurus ke depan. Posisi ini akan membuat tugas sendi, otot, dan tulang lebih berat daripada biasanya. Akibatnya, kamu akan cepat lelah dan pegal-pegal.
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply