Manfaat Bermain Catur, Permainan yang Paling Tua

Posted on

Permainan Catur memang dikenal sebagi permainan yang dapat melatih kemampuan otak. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa bermain catur dapat mempercepat perkembangan kemampuan otak. Dan kita ketahui sendiri bahwa otak adalah organ tubuh manusia yang mengotrol fungsi organ tubuh kita lainnya.

Sejarah singkat tentang catur

Nama catur berasal dari bahasa Jawa “catur” yang berarti empat. Karena di papan catur terdapat empat sudut pembatas yang dijaga oleh benteng yang melindungi sang raja. Berarti permainan ini sudah sangatlah tua sekali, terlihat dari bentuk mainannya seperti sebuah manivestasi dari sistem kerajaan. Permainan ini mulai dikenal dari India saat kekaisaran Gupta. Namun permainan ini mulai dipopulerkan oleh bangsa Eropa pada abad 19 . Dalam bahasa Inggris Permain ini diberi nama chess, yang diambil dari kata shah bahasa Persia.

1. Meningkatkan IQ

Kalau membahas tentang Intelectual question sepertinya sangatlah keren, jika dengan bermain catur bisa meningkatkan IQ kita. Tapi memang benar bermain catur dapat meningkatkan IQ kita. Dulle, Palm, dan Fergusa juga berpendapat serupa, bahwa mempelajari permaina catur secara sistematis sangatlah berperan dalam peningkatan kecerdasaan intelektual seseorang. Juga dapat memperkuat kemampuan menghitung, dan membaca suatu masalah.

2. Memperkuat Daya Fokus

Ketika kita bermain Fokus kita dituntut agar terus fokus pada permainan. Karena setiap kali hendak melangkah itu harus dipikirkan dengan matang. Satu kesalahan langkah saja dapat menghancurkan semua. Apalagi ketika musuh sudah mulai mengacak-ngacak formasi kita, kita harus berpikir keras bagaimana keluar dari masalah tersebut.

Membuat strategi dalam permainan catur tidaklah mudah. Membutuhkan konsentrasi penuh terhadap permainan. Banyak pemain yang tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar jika sudah berfokus pada caturnya. Itu sangatlah bagus untuk melatih konsentrasi kita. Fokus menciptakan jalan keluar untuk memecahkan masalah. Hal tersebutlah yang sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam mengerjakan pekerjaannya.

3. Meningkatnya Kemampuan Analisis

Seperti yang diungkapkan oleh pakar sebelumnya, bahwa dengan bermain catur dapat meningkatkan kemampuan menghitung kita. Karena dalam permainan catur kita harus pandai menghitung, tapi bukan menghitung angka melainkan menghitung perkiraan keuntungan atau kerugian yang akan kita dapat jika kita memindahkan bidak satu ke tempat lain. Kita harus berpikir realistis, mana yang menguntungkan dan yang merugikan.

Pikiran-pikiran itu akan terus bermunculan dalam otak kita, sehingga itu membutuhkan analisis yang mendalam. Jadi bagi kalian yang ingin pandai menghitung cobalah permainan ini.

4. Melatih Berpikir Logis

Setiap bidak memiliki pola gerak yang berbeda, dan setiap gerakan akan memberikan efek bagi permainan kita apakah semakin menguntungkan atau merugikan. Dan di sinilah kita harus berpikir logis, semua kemungkinan yang akan terjadi harus kita pikirkan, kita juga harus berfikir pergerakan lain dan resiko yang akan ditimbulkan dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Jadi dalam bermain Catur kita dituntut agar bisa berpikir logis untuk mendapatkan hasil yang sesua dengan apa yang sudah kita rencanakan.

5. Mencegah Penyakit Alzheimer

Dengan sering bermain catur kita akan terhindar dari penyakit Alzheimer atau pikun yang biasa menyerang pada orang yang sudah tua.

Mungkin itu cukup membuat anda yakin bahwa dengan bermain catur sangat berpengaruh dalam sistem kerja otak kita. Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat dari permainan tua ini mulai dari manfaat untuk kepercayaan diri, mental dll. Cukup sekian terima kasih.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply