Kenali Kanker Kulit yang Mirip Tahi Lalat

Posted on

Tahi lalat pada dasarnya itu tidak berbahaya, tetapi bisa berubah menjadi melanoma, bentuk kanker kulit harus di perhatikan karna jika itu kanker kulit maka akan cepat meluas jika tidak segera di tangani. Perhatikan tahi lalat yang ada di tubuh kita bisa jadi tahi lalat berubah menjadi kanker kulit, tahi lalat itu bersifat jinak namun dapat menjadi ganas jika sudah berubah menjadi melanoma  maligna.

Jenis kulit dan paparan ultra violet yang menjadi faktor penyebabnya tahi lalat menjadi melanoma maligna, tahi lalat adalah tumor yang paling jinak yang umum di jumpai di tubuh manusia. Ciri khas tumor jinak ini adalah berwarna gelap, mempunyai ukuran yang tetap, namun kadang ada yang ukurannya semakin membesar.

Orang yang berkulit putih biasanya lebih rentan terkena melanoma akibat terkena sinar matahari yang meningkatkan pigmen melanin.

Tanda awal kanker kulit

Tahi lalat yang datar umumnya bersifat jinak tapi bisa juga berubah menjadi ganas jika ukurannya berubah, untuk tahi lalat yang berupa benjolan, bisa digolongkan menjadi 3 jenis yaitu jinak, bakal kanker, ganas, tahi lalat yang semakin besar, terasa gatal dan akhirnya menjadi kanker kulit yang ganas. Tanda-tanda tahi lalat menjadi kanker yang ganas, yaitu bila muncul rasa gatal atau nyeri, membesar, perubahan bentuknya tidak teratur, mudah berdarah jika di garuk, menjadi luka dan koreng yang tidak sembuh-sembuh. Jika diameter tahi lalat lebih dari 6 milimeter itu akan menjadi bahaya dan tidak bisa jika di beri pengobatan tradisional tahi lalat harus segera di tangani sebelum mengalami metastatis atau penyebaran ke bagian tubuh lain. Melanoma dapat muncul di mana saja namun paling sering ditemukan di pantat,belakang telinga, leher kaki, kulit kepala.

Waspadai melanoma

Melanoma termasuk kanker kulit yang serius, melanoma dapat terjadi di mata, organ internal, dan pada pencernaan, penyebab pastinya melanoma belum di ketahui tapi apa salahnya jika kita tetap mewaspadainya, faktor lainnya adalah faktor ginetik.

Pencegahan

Segera kunjungi dokter jika anda menemukan tahi lalat yang mengarah pada melanoma. Bila terdapat kecurigaan maka dokter akan melakukan biopsi dan jika positif, terapi terbaik adalah jalan pengangkatan tahi lalat.

Satu hal tahi lalat berambut itu tidak mengarah ke kanker, tapi harus waspada pada tahi lalat yang berjumlah banyak.

 

 

 

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply