kentang
kentang

Jangan Memasukkan Kentang ke Dalam Kulkas! Bahaya Bagi Kesehatan!

Posted on

Jangan Memasukkan Kentang ke Dalam Kulkas! Bahaya Bagi Kesehatan!

 

Bahaya-Kentang-Apabila-Dimasukan-Ke-Dalam-Kulkas

 

Apa anda seseorang yang menyukai kentang?

Siapa sih yang belum mengetahui bentuk dari kentang? Pasti nggak ada kan. Bahkan kentang juga menjadi makanan kesukaan sebagian orang. Karena selain rasanya yang enak, kentang juga menyimpan banyak manfaat.

Tapi, kentang jangan sampai disimpan di kulkas ya guys? Kenapa? Karena kentang mentah yang dimasukkan ke lemari pendingin akan berbahaya bagi kesehatan. Ingin tahu lebih lanjut? Simak yuk uraian berikut ini :

Kentang yang disimpan di lemari es saat masih mentah rentan meningkatkan kadar gula di dalam kentang tersebut. Ketika kentang itu dipanggang atau digoreng, gula ini bisa bercampur dengan asparagin asam amino dan menghasilkan akrilamida kimia, yang berbahaya untuk tubuh.

Apa kalian tahu akrilamida itu apa?

Akrilamida (atau amida akrilat)  adalah senyawa organik sederhana dengan rumus kimia C3H5NO, bahan kimia ini yang biasanya digunakan untuk proses industri, seperti produksi pewarna, plastik, dan kertas. Akrilamida juga merupakan senyawa kimia karsinogenik yang memiliki potensi kuat menimbulkan penyakit kanker. Bahaya akrilamida di antaranya, bisa menimbulkan tumor, merusak DNA atau materi genetika juga merusak sistem reproduksi, merusak saraf, mengganggu tingkat kesuburan, dan mengakibatkan keguguran. Jadi untuk ibu hamil yang terkontaminasi akrilamida bayinya berpotensi lahir cacat(teratogen).

Akrilamida ini berbentuk kristal putih, tidak berwarna, dan tidak berbau. Pada suhu ruang, akrilamida larut dalam air, etanol, eter, dan kloroform. Ia tidak kompatibel dengan asam, basa, agen pengoksidasi, dan besi(dan garamnya). Dalam keadaan normal akrilamida akan terdekomposisi menjadi amonia tanpa pemanasan, atau menjadi karbondioksida, karbon monoksida, dan oksida nitrogen dengan pemanasan.

Hadirnya senyawa akrilamida pada makanan gorengan di karenakan suhu yang tinggi, sekitar 190 derajat celcius(seperti umumnya suhu penggorengan). Akrilamida tidak terbentuk pada suhu di bawah 120 derajat celcius.

Bahaya akrilimida ini tidak bisa dirasakan dengan cepat. Jadi, hati-hati saja ya?

Mulai sekarang usahakan tidak menyimpan kentang di lemari pendingin ya guys? Kalau ingin kentangnya itu awet dan tahan lama, letakkan saja kentang itu di tanah yang kering dan bersih atau di kantong kertas.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply