Apa Dampak Sering Menggunakan Ponsel ?

Posted on

Pada zaman seperti ini sangat jarang sekali seseorang tidak memiliki ponsel baik itu anak-anak ataupun usia lanjut pasti memiliki ponsel. Karena ponsellah yang dapat membantu dan memudahkan seseorang berkomunikasi dengan teman ataupun kerabat yang jauh. Namun apakh anda tahu ponsel juga memiliki sisi negatif ketika anda membawanya ketika jalan-jalan, bekerja, bahkan ketika anda tidur pasti ponsel akan selalu di dekat anda.

radiasi-ponsel
radiasi-ponsel

Menurut data WHO radiasi yang dimiliki ponsel bersifat karsinogetik yang bisa mempengaruhi susunan saraf manusia dan bisa berujung pada kanker atau tumor. Karena  itulah ponsel memiliki pancaran radiasi yang tinggi yang tak mungkin bisa anda lihat. Sehingga anda tidak mengetahui bahayanya.

Ketika anda tidur anda harus menjauhkan ponsel anda dari diri anda karena ketika tidur adalah waktu anda untuk mengisi tenaga, jika anda masih menaruh ponsel di dekat anda maka yang terjadi hari-hari anda akan tidak maksimal. Oleh karena itu, jangan dekatkan ponsel ketika anda akan tidur. Berikut dampak negatif tidur dekat ponsel.

 

Dapat menyebabkan tumor otak

Radiasi yang dipancarkan oleh ponsel bisa mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Biasanya tumor otak sering menyerang pada orang dewasa ketika usia produktif, bukan hanya orang dewasa tumor otak juga bisa mengenai anak-anak. Oleh karena itu jangan sering-sering menggunakan ponsel.

Dapat menyebabkan kanker

Hal ini juga dapat mempengaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh yang penyebabnya adalah radiasi yang dipancarkan oleh ponsel. Sel-sel abnormal itu dapat menyerang jaringan yang terdekat yang secara rutin akan bersentuhan langsung dengan ponsel seperti kulit dan telinga. Bukan hanya kulit dan telinga perut juga dapat terkena radiasi ponsel sehingga mudah untuk terkena kanker, karena ketika tidur mungkin saja anda menindihinya.

radiasi ponsel ketika tidur
radiasi ponsel ketika tidur

Terbakar dan meledak

Sering kali diberitakan di surat kabar dan televisi banyak sekali masyarakat yang ponselnya meledak dan terbakar sehingga melukainya ketika sedang tidur. Kebanyakan hal ini terjadi ketika si pemilik ponsel mengisi ulang dayanya lalu tertidur di sampingnya dan ketika sudah terisi penuh lupa untuk mencabutnya sehingga ponsel memanas dan sampai terjadi korsleting dapat membuat ponselnya meledak lalu terbakar.

Menyebabkan sakit kepala

Ponsel juga dapat menyebabkan sakit kepala karena orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan tersebut bahkan si pemilik ponsel juga merasakan mual-mual hingga muntah

Menyebabkan tidak bisa tidur dengan nyenyak

Karena asyik dengan ponsel yang digunakan membuat si pemilik ponsel lupa bahwa saat tidur sehingga tidurnya terlalu malam dan tidurnya menjadi tidak nyenyak. Bukan hanya itu ponsel juga dapat mebuat pemiliknya merasa tegang, merasa was-was dan gelisah.

Memperparah alzheimer

Radiasi yang dipancarkan ponsel dapat mempercepat proses seseorang mengalami alzheimer karena si pemilik ponsel tidur sambil berdekatan dengan ponselnya.

Menyebabkan kelelahan

Meskipun anda tidur sesungguhnya anda masih tersadar karena radiasi yang dipancarkan oleh ponsel sehingga membuat kualitas tidur anda berkurang. Hal ini ditandai dengan anda masih mengingat beberapa hal yang terjadi ketika anda tertidur. Dan akhirnya anda kelelahan keesokan harinya.

Menghambat metabolisme tubuh

Ketika kita tertidur metabolisme tubuh sedang bekerja dengan aktif, apabila kita tidur dan dekat dengan ponsel maka tubuh kita terkena radiasinya sehingga tidur menjadi tidak nyenyak. Sehingga proses metabolisme tubuh terhambat, maka proses pencernaan makanan ataupun detosifikasi racun yang ada di dalam tubuh ikut terganggu.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply