jenis sampah
jenis sampah

Pengertian, Jenis Sampah, Dampaknya Dan cara Mengolahnya

Posted on

Pengertian, Jenis Sampah, Dampaknya Dan cara Mengolahnya

Umumnya awal timbulnya sampah berasal dari sisa – sisa industri, sampah domestik (rumah tangga) atau juga sisa sayuran yang membusuk di pasar dan yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

sampah

Pengertian Sampah

Sampah adalah sisa atau bahan yang sudah tidak gunakan lagi yang berasal dari industry maupun sampah domestik (rumah tangga).

Jenis – jenis Sampah dibedakan menjadi 2, yaitu antara lain:

1).Sampah Organik

Sampah Organik adalah sampah yang dihasilkan dari alam yang pastinya mudah diuraikan oleh microorganisme dalam tanah. Sampah organic meliputi daun kering, sisa makanan, buah busuk dll.

2).Sampah Anorganik

Sampah Anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan non hayati misalnya logam, plastic, aluminium yang tentunya bahan – bahan tersebut sukar diuraikan oleh tanah.

Jadi, menurut semua iti ada beberapa dampak sampah bagi manusia dan lingkungan yaitu:

a).Dampak terhadap kesehatan:

Sampah yang tertumpuk cukup banyak dan busuk dapat menjadi sarang bakteri dan juga sebagai sarang bekembangbiaknya hewan – hewan kecil seperti lalat, nyamuk dan lain – lain. Biasanya lalat yang hinggap pada makanan akan juga meninggalkan kuman pada makanan yang di hinggapinya dan maka dari itu terkadang orang yang mengonsumsi makanan tersebut terkena penyakit seperti diare, tifus, kolera karena kuman yang berasal dari makanan yang dihinggapi lalat tersebut.

2.penyakit kulit seperti gatal – gatal dll.

3.penyakit cacing pita yang menyebar melalui rantai makanan

b).Dampak terhadap lingkungan

Seperti hal-nya pada usaha industry yang membuang limbah bekas industrinya ke sungai, hal itu dapat merusak atau mencemari ekosistem yang ada di sungai tersebut, misalnya air berubah menjadi keruh, baunya tak sedap.

Cara mengolah sampah dengan konsep 3 :

1).Reuse (menggunakan kembali) yaitu mengolah sampah menjadi barang yang berguna.

2).Reduce (mengurangi) mengurangi kegiatan yang dapat menimbulkan sampah atau bisa juga bisa memusnahkan sampah dengan cara di bakar.

3).Recycle (mendaur ulang) yaitu mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna setelah melalui proses pengolahan.

Mengurangi sampah berawal dari kesadaran diri sendiri yang mementingkan kebersihan, dan dengan salah satu cara diatas yaitu dengan menerapkan 3R.

Leave a Reply