photoshop

Apasih Manfaat Dan Kegunaan Dari Photoshop

Posted on
 hasil dari photoshop
hasil dari photoshop

MANFAAT DAN KEGUNAAN PHOTOSHOP

Adobe Photoshop adalah program aplikasi desain yang berguna untuk mendesain gambar apapun, mengolah foto digital, mengedit image grafis.

Perangkat lunak komputer ini mempunyai kelebihan-kelebihan pada kelengkapan fitur desain grafis dan mengolah fotonya. Toolbox yang dapat dipahami dan digunakan dengan cara mudah dan cepat oleh pengguna yang masih belum berpengalaman sekalipun. Penggunaan Layer untuk memisahkan antara komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya.

Untuk memperindah gambar anda, photoshop juga menyediakan fitur Filter yang bisa dipakai secara instan. Dan photoshop juga dapat di gunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti:

  1. Membuat tulisan dengan efek sesuka hati, kelebihan photoshop itu sendiri mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik yang anda inginkan, dan dapat mengubah bentuk-bentuk tulisan menjadi lebih kreatif, inovatif dan keren dengan tool effect yang sudah ada.
  2. Membuat tekstur dan material beragam yang anda inginkan dengan langkah-langkah tertentu. Misalnya, seorang desainer bisa membuat berbagai macam gambar. Contohnya daun, logam, air, dan lain-lain.
  3. Untuk membuat berbagai macam logo, aplikasi seni digital ini bisa menggunakan adobe ilustasion, karena dapat menghasilkan karya seni ilustrasi grafis yang bersih, tetapi tetap saja menyarankan menggunakan photoshop. Karena membutuhkan detail yang sangat baik, dan memanipulasi photo.
  4. Untuk pembuatan sketsa dan wirefram, sketsa dan wirefram ini biasanya menjadi landasan awal dari semua entitas desain.
  5. Photoshop juga bisa digunakan untuk keperluan-keperluan web, misalnya: memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery.
  6. Photoshop juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti: png, gif, jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas seperti:
    • PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar-gambar dalam bentuk layer. Kepopuleran photoshop ini membuat format file bisa digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak.
    • PSB adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb.
    • PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

    Adobe juga menyediakan filter reduce grain (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang kekurangan cahaya. Dalam beberapa tutorial photoshop ada juga yang di sebut dengan palet layer. Palet ini memang di anggap termasuk sesuatu yang utama dalam Photoshop. Karena palet ini berfungsi untuk mengorganisir layer (lapisan gambar) yang di edit.
    Mengorganisir itu maksudnya adalah untuk memilih, mengatur posisi, menggandakan, menghapus dan sebagainya.

    Photoshop juga memiliki sebuah kelemahan seperti: Kelemahan Adobe Photoshop dalam menciptakan gambar adalah Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk menciptakan gambar yang statis, dan dengan berkembangnya versi baru dari Photoshop sekarang ini spesifikasi Komputernya untuk menjalankan program Adobe Photoshop itu juga harus sudah tinggi dan akan diimbangi oleh harga yang tinggi juga.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply