Gunung di Indonesia yang Wajib Didaki oleh Pemula

Posted on

Indonesia adalah negara yang memiliki puluhan gunung berapi yang sampai sekarang masih aktif, namun itu semua membuat negara kita menjadi lebih indah. Dan kali ini kami akan membahas beberapa gunung yanga ada di Indonesia yang wajib kalian daki karena memiliki pemandangan yang sangat mempesona.

Meskipun ketika terjadi peristiwa alam gunung meletus sangat mengerikan, tapi jika kita bisa menjaga dan bersatu dengan alam, Gunung bisa menjadi suatu tempat yang bisa kita jelajahi.

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan kawasan pegunugan indah yang membatasi provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu memiliki ketinggian sekitar 3265 mdpl terletak di kabupaten Karang Anyar yang juga berbatasan dengan kabupaten Magelang di sisi timur. Gunung Lawu termasuk gunung berapi yang sudah tidak atif lagi karena gunung ini terakhir kali memuntahkan isinya pada tahun 1885. Meski sudah tidak aktif tapi di sekeling lereng gunung ini masih mengeluarkan belerang. Kawasan yang ada di gunung ini merupakan kawasan hutan tropis dan memiliki banyak mata air yang sangat menguntungkan bagi para pendaki agar tidak kehausan. Kawasan gunung Lawu kini dijadikan kawasan wisata oleh pemerintah setempat.

Gunung Lawu kini menjadi tujuan banyak pendaki yang ingin merasakan keindahannya. Ada tiga tempat yang menjadi titik awal para pendaki yaitu : Cemoro Sewu, Cemoro Kandung, dan Candi Cetho. Jika kalian sekedar ingin menikmati udara dingin di sana kalian bisa memulai mendaki dari Cemoro Kandung atau Cemoro Sewu, karena nantinya anda bisa menikmati beberapa tempat yang biasa menjadi tempat berwisata seperti kebun stroberi, Telaga Sarangan, dll

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di daerah Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 3142 mdpl. Gunung ini termasuk gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, namun gunung ini meninggalkan lima buah kawah yang sangat mempesona. Gunung ini terdari dari dua puncak yaitu puncak Syarif dengan ketinggian 3119 mdpl, dan Puncak tertingginya puncak Kentang Songo yang tingginya 3142 mdpl.

Ada beberapa jalur yang dilalui untuk sampai ke puncak Gunung Merbabu, biasanya para pendaki memulai pendakian dari kawasan Chuntel, Wekas, Selo, dan Thekelan. Namun kawasan yang paling dikenal orang adalah kawasan Selo yang terletak di Boyolali. Yang menambah keindahan di puncak Gunung Merbabu adalah deretan gunung yang lain seperti Gunung Merapi,, Gunung Unalan,Gunung Telomoyo seolah menyatu dengan Merbabu.

Namun sebagian orang masih mempercayai mitos yang beredar di Gunung Merbabu yang membuat mereka takut saat mendaki seperti adanya macan Merbabu yang tidak terlihat, watu gubuk ghoib yang biasa digunakan untuk berteduh ketika hujan, pasar setan,dll

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani gunung tertinggi ke-2 di Indonesia, terletak di daerah Nusa Tenggara Barat tepatnya di bagian Lombok. Gunung menjadi incaran wisatawan asing maupun Domestik karena termasuk tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi. Jalur Senaru merupakan jalur yang biasa digunakan oleh para pendaki asing maupun warga setempat untuk sampai ke puncak. Sambil mendaki anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah mulai dari hutan dan kawasan bebatuan yang indah.

4. Gunung Semeru

Merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur, Gunung yang diminati banyak pendaki ini terletak di kabupaten Lumajang Dan kabupaten Malang itu menjadi salah satu tempat wisata yang memikat hati. Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 mdpl yang puncaknya diberi nama ‘MAHAMERU’. Untuk memulai mendaki anda harus sampai ke desa Ranupane terlebih dahulu, setelah menyerahkan data atau istirahat sehari di desa tersebut kita bisa mulai pendakian.

Ada dua jalur yang bisa anda gunakan, namun yang paling sering dilalui para pendaki adalah jalur Ramu Pane karena terdapat petunjuk jalannya berbeda dengan jalur Via Ayek-Ayek yang biasa digunakan oleh orang asli Semeru, jalur ini tidak disarankan karena tidak ada penunjuk jalan, dan jalurnya yang terlalu berbahaya bagi para pendaki pendatang.

Itulah beberapa gunung yang wajib kalian coba, karena banyak sekali pendaki yang berminat untuk mendaki gunung-gunung tersebut.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply